TTJKSI

Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for Tsaqofah dan Tarikh: Jurnal Kebudayaan dan Sejarah Islam?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

Pedoman Penulis

TTJKSI, yang diterbitkan dua kali setahun sejak 2016, adalah jurnal bilingual (Indonesia dan Inggris), peer-reviewed, dan mengkhususkan diri dalam studi kebudayaan dan sejarah Islam Indonesia khususnya dan studi Islam di dunia pada umumnya. Tujuannya adalah untuk memberikan pembaca pemahaman yang lebih baik kebudayaan islam dan sejarah islam serta perkembangan terkini melalui publikasi artikel, laporan penelitian dan ulasan buku.

Jurnal ini mengundang para cendekiawan dan para ahli yang bekerja di semua disiplin ilmu dalam ilmu sosial dan kemanusiaan yang berkaitan dengan sejarah Islam atau masyarakat Muslim. Artikel harus asli, berbasis penelitian, tidak dipublikasikan dan tidak sedang ditinjau untuk kemungkinan publikasi dalam jurnal lain. Semua makalah yang diserahkan tunduk pada tinjauan editor, dewan editorial, dan pengulas buta. Kiriman yang melanggar pedoman kami tentang pemformatan atau panjang akan ditolak tanpa ulasan.

 

Artikel harus ditulis dalam Bahasa Inggris Amerika antara sekitar 10.000-15.000 kata termasuk teks, semua tabel dan gambar, catatan, referensi, dan lampiran yang ditujukan untuk publikasi. Semua pengajuan harus menyertakan 150 kata abstrak dan 5 kata kunci. Kutipan, bagian, dan kata-kata dalam bahasa lokal atau asing harus diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris. Studia Islamika hanya menerima kiriman elektronik. Oleh karena itu, penulis harus masuk sebelum mengirimkan artikel mereka. Silakan klik di sini untuk masuk.

Semua catatan harus muncul dalam teks sebagai kutipan. Kutipan biasanya hanya membutuhkan nama belakang penulis (s), tahun publikasi, dan (kadang-kadang) nomor halaman. Misalnya: (Hefner, 2009a: 45; Geertz, 1966: 114). Catatan kaki eksplanasi mungkin dimasukkan tetapi tidak boleh digunakan untuk kutipan sederhana. Semua karya yang dikutip harus muncul dalam daftar referensi di bagian akhir artikel. Dalam hal gaya bibliografi, Studia Islamika mengikuti gaya panduan ilmu politik Amerika (APSA), seperti di bawah ini:

  1. Hefner, Robert, 2009a. “Introduction: The Political Cultures of Islamic Education in Southeast Asia,” in Making Modern Muslims: The Politics of Islamic Education in Southeast Asia, ed. Robert Hefner, Honolulu: University of Hawai’i Press.
  2. Booth, Anne. 1988. “Living Standards and the Distribution of Income in Colonial Indonesia: A Review of the Evidence.” Journal of Southeast Asian Studies 19(2): 310–34.
  3. Feener, Michael R., and Mark E. Cammack, eds. 2007. Islamic Law in Contemporary Indonesia: Ideas and Institutions. Cambridge: Islamic Legal Studies Program.
  4. Wahid, Din, 2014. Nurturing Salafi Manhaj: A Study of Salafi Pesantrens in Contemporary Indonesia. PhD dissertation. Utrecht University.
  5. Utriza, Ayang, 2008. “Mencari Model Kerukunan Antaragama.” Kompas. March 19: 59.
  6. Ms. Undhang-Undhang Banten, L.Or.5598, Leiden University.
  7. Interview with K.H. Sahal Mahfudz, Kajen, Pati, June 11th, 2007.
 
 

Publication ethics

Pernyataan Etika dan Malapraktik Publikasi

TTJKSI adalah jurnal internasional peer-reviewed, tersedia dalam bentuk cetak dan online dan diterbitkan tiga kali setahun. Pernyataan ini menjelaskan perilaku etis dari semua pihak yang terlibat dalam tindakan menerbitkan artikel dalam jurnal ini, termasuk penulis, pemimpin redaksi, Dewan Editorial, peer-reviewer dan penerbit. Pernyataan ini berdasarkan pada Pedoman Praktik Terbaik untuk Editor Jurnal COPE.

 

Pedoman Etis untuk Publikasi Jurnal

Publikasi artikel di peer-review TTJKSI adalah blok bangunan penting dalam pengembangan jaringan pengetahuan yang koheren dan dihormati. Ini merupakan cerminan langsung dari kualitas kerja para penulis dan lembaga-lembaga yang mendukung mereka. Artikel-artikel yang ditinjau ulang mendukung dan mewujudkan metode ilmiah. Oleh karena itu penting untuk menyetujui standar perilaku etika yang diharapkan untuk semua pihak yang terlibat dalam tindakan penerbitan: penulis, editor jurnal, peer reviewer, penerbit dan masyarakat.

Jurusan Adab IAIN Bengkulu sebagai penerbit TTJKSI mengambil tugasnya perwalian atas semua tahap penerbitan secara serius dan kami mengakui tanggung jawab etis dan lainnya. Kami berkomitmen untuk memastikan bahwa iklan, cetak ulang, atau pendapatan komersial lainnya tidak memiliki dampak atau pengaruh terhadap keputusan editorial.

Keputusan publikasi

Editor dari TTJKSI bertanggung jawab untuk memutuskan artikel mana yang diserahkan ke jurnal yang harus diterbitkan. Validasi karya yang dipertanyakan dan kepentingannya bagi para peneliti dan pembaca harus selalu mendorong keputusan semacam itu. Para editor dapat dipandu oleh kebijakan dari dewan editor jurnal dan dibatasi oleh persyaratan hukum seperti yang berlaku saat ini terkait dengan pencemaran nama baik, pelanggaran hak cipta dan plagiarisme. Para editor dapat berunding dengan editor atau pengulas lain dalam membuat keputusan ini.

Permainan adil

Editor setiap saat mengevaluasi manuskrip untuk konten intelektual mereka tanpa memperhatikan ras, jenis kelamin, orientasi seksual, keyakinan agama, asal etnis, kewarganegaraan, atau filsafat politik penulis.

Kerahasiaan

Editor dan staf editorial tidak boleh mengungkapkan informasi apa pun tentang naskah yang dikirimkan kepada siapa pun selain dari penulis, peninjau, peninjau potensial, penasihat editorial lain, dan penerbit yang sesuai, sebagaimana mestinya.

Pengungkapan dan konflik kepentingan

Materi yang tidak dipublikasikan yang diungkapkan dalam manuskrip yang dikirimkan tidak boleh digunakan dalam penelitian editor sendiri tanpa persetujuan tertulis dari penulis.

Tugas Peninjau

Kontribusi untuk Keputusan Editorial

Ulasan rekan membantu editor dalam membuat keputusan editorial dan melalui komunikasi editorial dengan penulis juga dapat membantu penulis dalam meningkatkan makalah.

Kecepatan

Setiap wasit terpilih yang merasa tidak memenuhi syarat untuk meninjau penelitian yang dilaporkan dalam naskah atau mengetahui bahwa tinjauan cepatnya tidak mungkin harus memberitahu editor dan memaafkan dirinya sendiri dari proses peninjauan.

Kerahasiaan

Manuskrip yang diterima untuk ditinjau harus diperlakukan sebagai dokumen rahasia. Mereka tidak boleh ditunjukkan atau didiskusikan dengan orang lain kecuali sebagaimana diizinkan oleh editor.

Standar Objektivitas

Tinjauan harus dilakukan secara obyektif. Kritik pribadi dari penulis tidak tepat. Wasit harus mengungkapkan pandangan mereka dengan jelas dengan argumen pendukung.

Pengakuan Sumber

Reviewer harus mengidentifikasi karya yang diterbitkan relevan yang belum dikutip oleh penulis. Setiap pernyataan bahwa observasi, derivasi, atau argumen telah dilaporkan sebelumnya harus disertai dengan kutipan yang relevan. Peninjau juga harus meminta perhatian editor jika ada kemiripan substansial atau tumpang tindih antara naskah yang sedang dipertimbangkan dan makalah lain yang diterbitkan yang memiliki pengetahuan pribadi.

Pengungkapan dan Konflik Kepentingan

Informasi atau ide istimewa yang diperoleh melalui peer review harus dijaga kerahasiaannya dan tidak digunakan untuk keuntungan pribadi. Reviewer tidak boleh mempertimbangkan manuskrip di mana mereka memiliki konflik kepentingan yang dihasilkan dari persaingan, kolaboratif, atau hubungan atau hubungan lain dengan salah satu penulis, perusahaan, atau lembaga yang terhubung ke kertas.

Tugas Penulis Standar pelaporan Penulis laporan penelitian asli harus menyajikan laporan akurat tentang pekerjaan yang dilakukan serta diskusi obyektif dari signifikansinya. Data yang mendasari harus diwakili secara akurat di koran. Sebuah makalah harus memuat detail dan referensi yang cukup untuk memungkinkan orang lain mereplikasi pekerjaan. Pernyataan yang curang atau dengan sengaja tidak akurat merupakan perilaku yang tidak etis dan tidak dapat diterima. Orisinalitas dan Plagiarisme Para penulis harus memastikan bahwa mereka telah menulis karya yang sepenuhnya asli, dan jika penulis telah menggunakan karya dan / atau kata-kata orang lain yang telah dikutip atau dikutip dengan tepat. Publikasi Ganda, Berlebihan, atau Bersamaan Seorang penulis seharusnya tidak secara umum menerbitkan naskah yang menjelaskan pada dasarnya penelitian yang sama di lebih dari satu jurnal atau publikasi utama. Mengirimkan naskah yang sama ke lebih dari satu jurnal secara bersamaan merupakan perilaku penerbitan yang tidak etis dan tidak dapat diterima. Pengakuan Sumber Pengakuan yang tepat atas karya orang lain harus selalu diberikan. Penulis harus mengutip publikasi yang telah berpengaruh dalam menentukan sifat pekerjaan yang dilaporkan. Karangan Kertas Karangan harus dibatasi bagi mereka yang telah memberikan kontribusi signifikan pada konsepsi, desain, pelaksanaan, atau interpretasi dari penelitian yang dilaporkan. Semua orang yang telah membuat kontribusi signifikan harus terdaftar sebagai rekan penulis. Di mana ada orang lain yang telah berpartisipasi dalam aspek substantif tertentu dari proyek penelitian, mereka harus diakui atau terdaftar sebagai kontributor. Penulis yang sesuai harus memastikan bahwa semua rekan penulis yang tepat dan tidak ada rekan penulis yang tidak pantas dimasukkan di atas kertas, dan bahwa semua rekan penulis telah melihat dan menyetujui versi akhir makalah ini dan telah menyetujui pengajuannya untuk publikasi. Pengungkapan dan Konflik Kepentingan Semua penulis harus mengungkapkan dalam naskah mereka setiap konflik keuangan atau konflik substantif lainnya yang mungkin ditafsirkan untuk mempengaruhi hasil atau interpretasi naskah mereka. Semua sumber dukungan keuangan untuk proyek harus diungkapkan. Kesalahan mendasar dalam karya yang diterbitkan Ketika seorang penulis menemukan kesalahan atau ketidaktepatan yang signifikan dalam karyanya yang diterbitkan, adalah kewajiban penulis untuk segera memberi tahu editor jurnal atau penerbit dan bekerja sama dengan editor untuk menarik kembali atau memperbaiki kertas tersebut.

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  2. The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, RTF, or WordPerfect document file format.
  3. Where available, URLs for the references have been provided.
  4. The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  5. The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
  6. If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.
 

Copyright Notice

Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:

 

Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan hak jurnal atas publikasi pertama dengan karya yang secara serentak dilisensikan di bawah Lisensi Pengaitan Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas karya penulis dan publikasi awal dalam jurnal ini.

Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi karya jurnal yang diterbitkan (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau mempublikasikannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya di jurnal ini.

Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, di repositori institusi atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat mengarah pada pertukaran produktif, serta kutipan pekerjaan yang dipublikasikan sebelumnya dan lebih besar.

 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.