HUKUM PENYALURAN ZAKAT FITRAH BAGI APARATUR DESA PERSPEKTIF MAZHAB SYAFI’I (STUDI KASUS DI DESA SUKA MAJU KECAMATAN SULTAN DAULAT KOTA SUBULUSSALAM)

Ihsan Ihsan, Muhammad Syukri Albani Nasution

Abstract


Hukum penyaluran zakat fitrah bagi aparatur Desa perspektif Mazhab Syafi’i (Studi Kasus Di Desa Suka Maju  Kecamatan Sultan Daulat Kota Subulussalam). Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), dengan pendekatan sosiologi (sociology oppro ouch) yaitu mengamati gejala dan fakta yang terjadi dilapangan. Lokasi penelitian di Desa Suka Maju dengan teknik Purposiv Sampling yaitu penentuan tempat penelitian berdasarkan pertimbangan-pertimbangan tertentu. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apa yang menjadi alasan aparatur Desa Suka Maju mendapatkan bagian Zakat Fitrah, tata cara masyarakat Desa Suka Maju mengeluarkan zakat fitrah, hukum mengenai penyaluran zakat fitrah bagi Aparatur Desa di Suka Maju Kecamatan Sultan Daulat Kota Subulussalam ditinjau dari persfektif Imam Syafi’i. Dari penelitian ini diketahui  alasan aparatur Desa Suka Maju mendapatkan bagian Zakat Fitrah karena mereka merasa berperan aktif ditengah masyarakat dan mengannggap bahwa mereka dalam golongan fisabilillah, penyaluran zakat Desa Suka Maju dilaksanakan satu hari sebelum hari raya idul Fitri dimana panitia zakat fitrah sudah menyiapkan nama-nama yang berhak menerima zakat, dan hukum penyaluran zakat fitrah bagi Aparatur Desa di Suka Maju ditinjau dari persfektif Imam Syafi’i menyebutkan bahwa  penyaluran zakat baik zakat fitrah maupun zakat mall selain golongan delapan tidak boleh, makna fisabilillah adalah orang yang berangkat jihad, sementara mereka tidak mendapat gaji tetap dari negara atau baitul mall.

Keywords


zakat, zakat fitrah, aparatur

Full Text:

PDF

References


Abdad, M. Zaidi. 2003. Lembaga Perekonomian Umat di Dunia Islam. Bandung: Angkasa.

Az-Zuhaily Wahbah. Al-Fiqh Al-Islami Adilatuh, di-terjemahkan oleh Agus Efendi dan Bahruddin Fannany dengan judul Zakat Kajian dari Berbagai Mazhab, Cetakan Ke I.

Dede Rosyada, Hukum Islam dan Pranata Sosial

Departemen Agama RI, Al-Qur‟an dan Terjemahan-nya, Bandung : J-Art, 2004 Al-Munjid, Al-Munjid fii al-Lughah wa al-„Alaam, Beirut- Libanon: Daar el-Machreq Sarl Publishers, 1986.

Ibn Hajar al-Asqalani, Bulughul Maram, Jakarta: Akbar Media Eka Sarana, 2009.

Ibnu Manzur, Lisan al-Arab, Jilid II, Beirut-Libanon: Dar Sader, 1990

Imam Muhammad bin Ali bin Muhammad al-Syaukani, Nail al-Authar, jilid II Beirut, Libanon: Dar Kitab al-‘Arabi.

Mohammad Daud Ali, Sistem Ekonomi Islam dan Wakaf, Jakarta : UI Pres, 1988.

Nuruddin Muhammad Ali, Zakat Sebagai Instrumen dalam Kebijakan Fiskal, Jakarta: Raja Gra-findo Persada 2006

Qardawi Yusuf, 2006. Hukum Zakat. Terjemahan Salman Harun dkk, Jakarta: PT. Pustaka Litera Antar Nusa.

Totok Jumantoro, Kamus Usul Fiqh, Jakarta : Sinar Grafika,2005.

Wael. B. Hallaq, Sejarah Teori Islam, Jakarta : Raja-Grafindo Persada, 2001.

Yusuf Qardawi, Hukum Zakat, Bogor : Pustaka Litera AntarNusa, 2004.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/qys.v5i1.3021

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing oleh :
 

  

   free web stats Qiyas Visitors