RESPON JAMAAH TABLIGH TERHADAP FATWA MAJELIS ULAMA INDONESIA TENTANG COVID-19

Mohammad Dahlan

Abstract


Abstrak
Ulama sebagai panutan masyarakat telah mengambil peran yang penting ketika terjadi penyebaran covid-19. Hal itu ditandai dengan keluarnya fatwa MUI tentang covid-19. Dengan menggunakan pendekaan sosiologi Ibnu Khaldun dan teknik analisis isi, kajian ini menunjukkan: Pertama, respons Jamaah Tabligh yang selama ini diasosiakan kurang terhadap fatwa MUI dan physcal distancing tidak sepenuhanya benar. Gerakan dakwah Jamaah Tabligh yang berpusat di Masjid juga memerlukan evolusi dalam melakukan perubahan sebelum kemudian memutuskan untuk melakukan physcal distancing dan melaksanakan ibadah di rumah untuk mencegah covid-19. Kedua, kurangnya respons Jamaah Tabligh itu terjadi karena adanya dominasi teks syariat Islam yang banyak mendorong untuk hadir ke Masjid, sehingga walaupun jamaah mereka umumnya berasal dari masyarakat hadarah, tetapi pemikiran keislaman mereka berada dalam masyarakat badawah yang tetap memprioritaskan spiritualitas dan ikatan solidaritas jamaahnya. Ketiga, gerakan Jamaah Tabligh yang memiliki ciri evolutif berpotensi menimbulkan penyebaran covid-19 ketika berada dalam zona merah.


Keywords


Kata: Jamaah Tabligh, MUI, physcal distancing, dan covid-19

Full Text:

PDF

References


مصادر البحث

Abdillah, M. Z. (2018). Pengaruh Dakwah Jamaah Tabligh Terhadap Pembangunan Masyarakat Muslim di Lombok Sejak Tahun 2011-2016. Al-I’lam: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam. https://doi.org/10.31764/jail.v1i2.227

Aksa, A. (2017). GERAKAN ISLAM TRANSNASIONAL: SEBUAH NOMENKLATUR, SEJARAH DAN PENGARUHNYA DI INDONESIA. Yupa: Historical Studies Journal. https://doi.org/10.26523/yupa.v1i1.6

Al-Jabiri, M. A. (1991). Bunyah al-’Aql al-’Arabi. al-Markaz al-Tsaqafi al-’Arabi.

alodokter.com. (2020). Virus Corona. Alodokter.Com.

Amin, K. (2018). Badawah & Hadarah: Konsep Sosiologi Ibn Khaldun. Jurnal Sosiologi Agama.

Aziz, A. (2004). The Jamaah Tabligh

| Qiyas, Vol. 5, No. 1, April 2020

Movement in Indonesia: Peaceful Fundamentalist. Studia Islamika. https://doi.org/10.15408/sdi.v11i3.596

Bukhari, B. (2015). PENERIMAAN DAN PENOLAKAN PESAN DAKWAH DALAM INTERAKSI SIMBOLIK DA’I DAN MAD’U PADA JAMAAH TABLIGH DI KOTA PADANG. MIQOT: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman. https://doi.org/10.30821/miqot.v39i2.3

Damanhuri, D., Bahrudin, F. A., Legiani, W. H., & Rahman, I. N. (2016). IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PANCASILA SEBAGAI UPAYA PEMBANGUNAN KARAKTER BANGSA. Untirta Civic Education Journal. https://doi.org/10.30870/ucej.v1i2.1890

Detikcom, T. (2020). Malaysia Lockdown, Ribuan TKI Pulang ke Indonesia Lewat Batam. Https://News.Detik.Com/. https://news.detik.com/berita/d-4957389/malaysia-lockdown-ribuan-tki-pulang-ke-indonesia-lewat-batam

Eko Putro, Z. A., & Kosasih, K. (2018). MEMBUKA KERAN KEMAJUAN DAN JARINGAN: GERAKAN DAKWAH LINTAS NEGARA (RI-PNG). Harmoni. https://doi.org/10.32488/harmoni.v17i1.221

Faisol, M. (2010). Struktur Nalar Arab-Islam Menurut Abid al-Jabiri. TSAQAFAH. https://doi.org/10.21111/tsaqafah.v6i2.124

Fikriawan, S., Syariah, F., Sunan, I. A. I., & Ponorogo, G. (2017). DOMINASI SIMBOLIK MAJLIS ULAMA INDONESIA ( MUI ) DALAM KONSTELASI SERTIFIKASI HALAL. FSH UNSIQ PROCEEDING SERIES: On Islamic Studies, Sharia and Law Vol. 1, Desember 2017: 81-104; e-ISSN: 2614-2821.

Fuad, F. (2012). Islam dan Ideologi Pancasila, Sebuah Dialektika. Lex Jurnalica.

Guo, Y.-R., Cao, Q.-D., Hong, Z.-S., Tan, Y.-Y., Chen, S.-D., Jin, H.-J., Tan, K.-S., Wang, D.-Y., & Yan, Y. (2020). The origin, transmission and clinical therapies on coronavirus disease 2019 (COVID-19) outbreak – an update on the status. Military Medical Research. https://doi.org/10.1186/s40779-020-00240-0

Haris Mubarak, & Razak, A. (2015). PANDANGAN JAMAAH TABLIGH DAN SALAFI TERHADAP KHILAFAH, DEMOKRASI DAN MONARKI (SATU TINJAUAN. Al-Risalah.

Hasanah, U. (2014). Keberadaan Kelompok Jamaah Tabligh dan Reaksi Masyarakat (Perspektif Teori Penyebaran Informasi dan Pengaruh) Umdatul. Indo-Islamika.

Hermastuti, M. D., Windiani, R., & Wahyudi, F. E. (2015). RESPON ORGANISASI ISLAM TRANSNASIONAL DI INDONESIA TERHADAP PROGRAM DERADIKALISASI BADAN NASIONAL PENANGGULANGAN TERORISME (BNPT). Diponegoro Journal of International Relations.

Jiao, J. (2020). Under the epidemic situation of COVID-19, should special attention to pregnant women be given? Journal of Medical Virology. https://doi.org/10.1002/jmv.25771

Kasdi, A. (2014). Pemikiran Ibnu Khaldun Dalam Perspektif Sosiologi Dan Filsafat Sejarah. Fikrah.

Kasmana, K. (2010). JAMAAH TABLIGH DAN HOMOLOGI. VISUALITA. https://doi.org/10.33375/vslt.v2i2.1115

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2020). Pedoman Kesiapsiagaan Menghadapi Coronavirus Disease (COVID-19). Direkorat Jenderal Pencegahan Dan Pengendalian Penyakit.

Lukman Yasin, R. C. (2009). THE FATWA OF THE COUNCIL OF INDONESIAN ULAMA ON INTER-RELIGIOUS MARRIAGE. Journal de Jure. https://doi.org/10.18860/j-fsh.v1i1.326

m.muhammadiyah.or.id. (2020). Hindari Penggunaan Hadis Dha’if dalam

Moh. Dahlan, dkk: Respons Jama’ah Tabligh Terhadap … | 68

Mencegah Penyebaran Virus Corona. M.Muhammadiyah.or.Id. http://m.muhammadiyah.or.id/id/news-18651-detail-hindari-penggunaan-hadis-dhaif-dalam-mencegah-penyebaran-virus-corona.html

Mubarak, H., & Razak, A. (2018). Pandangan Jamaah Tabligh dan Salafi Terhadap Khilafah, Demokrasi dan Monarki (Satu Tinjauan di Jambi). Al-Risalah. https://doi.org/10.30631/al-risalah.v15i02.364

Mudzhar, M. A. (1990). “Fatwa’s” of the Council of Indonesian Ulama: A study of Islamic legal thought in Indonesia, 1975-1988. In ProQuest Dissertations and Theses.

Muhtadi, B. (2009). The quest for hizbut tahrir in Indonesia. Asian Journal of Social Science. https://doi.org/10.1163/156853109X460219

MUI. (n.d.). Sejarah MUI. Mui.or.Id. https://mui.or.id/sejarah-mui/

Munir, A. (2017). Akar Teologis Etos Kerja Jamaah Tabligh Studi Kasus Komunitas Jamaah Tabligh Desa Temboro Kecamatan Karas Magetan. Kodifikasia. https://doi.org/10.21154/kodifikasia.v11i1.1137

Mustain, A. (2020). Hadis Dhaif Kerap Dipakai jadi Seruan ke Masjid Saat Wabah Korona. Mediaindonesia.Com. https://mediaindonesia.com/read/detail/297983-hadis-dhaif-kerap-dipakai-jadi-seruan-ke-masjid-saat-wabah-korona

Noor, I. (2016). ISLAM TRANSNASIONAL DAN MASA DEPAN NKRI: Suatu Perspektif Filsafat Politik. Jurnal Ilmiah Ilmu Ushuluddin. https://doi.org/10.18592/jiu.v10i1.742

Novel Coronavirus Pneumonia Emergency Response Epidemiology Team. (2020). [The epidemiological characteristics of an outbreak of 2019 novel coronavirus diseases (COVID-19) in China]. Zhonghua Liu Xing Bing Xue Za Zhi = Zhonghua Liuxingbingxue Zazhi. https://doi.org/10.3760/cma.j.issn.0254-6450.2020.02.003

Nuha, M. U. (2014). Genealogi dan ideologi gerakan radikal islam kontemporer di indonesia. Intelegensia.

Rahman, L. O. A. (2020). OPINI; Corona dari Tinjauan Teologi Islam. Http://Www.Iainpare.Ac.Id/. http://www.iainpare.ac.id/opini-corona-dari-tinjauan-teologi-islam/

Ricklefs, M. C. (2008). Sejarah Indonesia Modern 1200-2008. PT Serambi.

Rofiqoh, L. (2015). the Fatwas of Majelis Ulama Indonesia on the Ahmadiyah Doctrines. Asia-Pasific Journal on Religion and Society.

Siregar, H. (2020). 73 Jamaah Tabligh Masjid Jami Kebon Jeruk Positif Covid-19. Beritasatu.Com. https://www.beritasatu.com/aktualitas/617825/73-jamaah-tabligh-masjid-jami-kebon-jeruk-positif-covid19, diakses 8 April 2020

Sun, P., Lu, X., Xu, C., Sun, W., & Pan, B. (2020). Understanding of COVID-19 based on current evidence. In Journal of Medical Virology. https://doi.org/10.1002/jmv.25722

Wahanaputra, B. M. (2020). Kronologi 3 Jemaah Masjid Jami Kebon Jeruk Positif Covid-19, Ratusan Lainnya Jadi ODP. Megapolitan.Kompas.Com. https://megapolitan.kompas.com/read/2020/03/30/16554001/kronologi-3-jemaah-masjid-jami-kebon-jeruk-positif-covid-19-ratusan, diakses 10 April 2020

Wahid, A. (2011). Islamku, Islam Anda dan Islam Kita: Agama Masyarakat Negara Demokrasi. Yayasan Abad Demokrasi.

Yusuf, M. (2017). Prinsip Ikrâm al-Muslim Gerakan Dakwah Jamaah Tabligh dalam Membangun Masyarakat Religius di

| Qiyas, Vol. 5, No. 1, April 2020

Temboro Magetan. ISLAMICA: Jurnal Studi Keislaman. https://doi.org/10.15642/islamica.2016.10.2.299-324

Zahrah, M. A. (1997). Ushul Fiqih (M. Ashari (ed.); 4th ed.). Pustaka Firdaus.

Zuhdi, M. H. (2017). FUNDAMENTALISME DAN UPAYA DERADIKALISASI PEMAHAMAN AL-QUR’AN DAN HADIS. RELIGIA. https://doi.org/10.28918/religia.v13i1.176

مصدر خاص البيانات . 2

Saifuddin, Anggota Jamaah Tabligh Bengkulu




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/qys.v5i1.3232

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing oleh :
 

  

   free web stats Qiyas Visitors