PENGGUNAAN METODE ABJAD JARI DAN BAHASA TUBUH SERTA MEDIA PEMBELAJARAN DALAM PEMBELAJARAN PAI BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS TUNARUNGU DI SLB NEGERI MUSI RAWAS

Yuliansyah Yuliansyah

Abstract


This research  aims to describe  the use of methods of the alphabet thumb  and  body  language in learning  islamic religious education on child tunarugu, and a utilization media learning in learning islamic religious education on child tunarugu and  to know factors factor inhibitors and  the utilization of media  supporters learning in learning islamic religious education on child tunarugu. The research  is descriptive  research  qualitative  and  is field research  (field research). But technique data  col- lection uses the observation, interview,  and  documentation. To analyse  data  using reduction data,  presentation of data  and the withdrawal  of conclusion,  checking  the validity of data  using triangulation. The result showed  1) use the alphabet fingers and  body  language in learning  islamic education had  gone  well, because this method suitable for children  with special needs disabled  athletes  tunarugu and  students  got the this method, 2) the use of media  learning used in learning religious education in using media  focus, media  pictures outboard (posters), reading  books and exercise pictures letters hijaiyah.  And media  letters hijaiyah  card,  3) supporting factors media  uses learning  that education teachers  who are willing to make  media  learning,  the interest  and  the motivation to study students  because medium  used  will attract  learning,  and  the other  facilities support. But factors that does not support  is limited of education facilities and  infrastructure, the absence of special teachers  islamic educa- tion, students  who have  limited so it takes the old process  in learning,  lack of the guidance and  motivation learn from parents or guardian students  to his son.

Keywords


A Method Of The Alphabet Thumb (The Finger Spelling);Body Language;Media Learning;Islamic Education;Children With Special Needs Disabled Athletes Tunarugu

Full Text:

PDF

References


Al-Qur’an Tajwid dan Terjemahan. Jakarta: CV. Maghfirah, 2006.

Ardianto, Elvinaro. Metodologi Penelitian untuk Pub- lic Relations: Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Simbiosa Rekatama Media, 2010.

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu

Pendekatan Praktik. Jakarta: Rieneka Cipta,2006.

Arsyad, Azhar. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja GrafindoPersada, 2008.

Bungin, Burhan. Metodologi Penelitian Kuantitatif: Komunikasi, Ekonomi, dan Kebijakan Publik Serta Ilmu-ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana Pre- nada Media Group, 2005.

Daradjat, Zakiah. Ilmu Pendidikan Islam.Jakarta: PT.Bumi Aksara, 1992.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. Strategi Be- lajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta: 2010.

Emzir. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT.RajaGrafindo Persada, 2011.

Faturrohman, Pupuh dan M. Sobry Sutikno. Strategi Belajar Mengajar: Strategi Mewujudkan Pembe- lajaran Bermakna Melalui Penanaman Konsep Umum & Islami. Bandung: PT. Refika Aditama,2007.

Ghony, M. Djunaidi dan Fauzan Almansur, Metodolo- gi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media,2012.

Halim, Abdul. Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Bagi Anak Tunagrahita Pada Sekolah Menengah Atas Luar Biasa (SMALB) Dharmawanita Provinsi Kalimantan Selatan dan Sekolah Menengah Atas Luar Biasa (SMALB) YPLB Banjarmasin. Banjar- masin: IAIN Antasari, 2008.

Hernawan, Asep H. Media dan Proses Pembelajaran.

Jakarta: Universitas Terbuka, 1998.

Irwansa, Kompetensi Dasar PAI Tingkat SMA, MA, SMALB, SMK Dan MAK,” Artikel diakses pada 25

Januari 2017 dari http://irwansahaja.blogspot.co. id/2014/12/standar-kompetensi-dan-kompetensi- dasar.htm1

Jauhar, Muhammad. Implementasi PAIKEM dari Be- havioristik sampai Konstruktif: Sebuah Pengem- bangan Pembelajaran Berbasis CTL. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher, 2011.

Kemendiknas. Merangkul Perbedaan: Perangkat un- tuk Mengembangkan Lingkungan Inklusif Ramah terhadap Pembelajaran. Buku Khusus 3: Mengajar Anak-Anak dengan Disabilitas dalam Seting Ink- lusif. Jakarta: Kemendiknas, IDPN Indonesia, dan Handicap Internasional, 2009.

Mangunsong, Frieda. Psikologi dan Pendidikan Anak

Berkebutuhan Khusus. Depok: LPSP3 UI, 2009. Mais, Asrorul. Media Pembelajaran Anak Berkebutu-

han Khusus: Buku Referensi untuk Guru, Maha- siswa dan Umum. Jember: CV. Pustaka Abadi,2014.

Moleong¸ Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. PT.Remaja Rosda Karya, Bandung. 2005.

Ramayulis. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia, 2008.

Ramayulis dan Samsul Nizar. Filsafat Pendidikan Is- lam: Telaah Sistem dan Pemikiran Para Tokohnya. Jakarta: Kalam Mulia, 2011.

Rohmah, Mamah Siti. Pendidikan Agama Islam Da- lam Setting Pendidikan Inklusif. Jakarta: Fakultas Tarbiyah, Universitas Islam Negeri Jakarta, 2015.

Santoso, Hargio. Cara Memahami dan Mendidik Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: Gosyen Pub- lishing, 2012.

Sitriah Salim Utina, “Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus”, Jurnal Ilmiah TABDIR, IAIN Sultan Amai Gorontalo Volume 2 Nomor 1 tahun 2014 (Jur- nal Manajemen Pendidikan Islam) diakses pada

Januari 2017 dari htpp://Journal.iaingorontalo. ac.id.pdf.

Soeratno dan Lincolin Arsyad. Metodologi Penelitian Untuk Ekonomi dan Bisnis. Yogyakarta: STMI YKPN, 2008.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfa- beta, 2012.

Tim Penyusun. Pedoman Penulisan Tesis dan Makalah Pascasarjana IAIN Bengkulu. Bengkulu: Program Pasca Sarjana IAIN Bengkulu, 2015.

Tohirin. Psikologi Pembelajaran Agama Islam Berba- sis Integrasi dan Kompetensi. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 2008.

Umar, Bukhari. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: AMZAH, 2010.

Undang-Undang SISDIKNAS: Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: PT. Sinar Grafika, 2003.

Uno, Hamzah B. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2008.

Wardani, I.G.A.K. dkk, Pengantar Anak Berkebutuhan

Khusus. Jakarta: Universitas Terbuka, 2016. Wawancara pribadi dengan Kepala Sekolah Luar

Biasa Negeri Tugumulyo, Bapak Dwi Tugiantoro, Musi Rawas 2017.

Wawancara pribadi dengan Ibu Diana Sartika, Musi

Rawas 2017




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/btu.v3i1.1294

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by :

   Garuda

 

free web stats al-bahtsu Visitors