UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMAN 2 KOTA BENGKULU MELALUI EKSTRAKULIKULER RISMA AL-ASHR

Nur Layli Hidayah

Abstract


The purpose of this study is to determine the activities and achievements of learning contained in RISMA AL ASHR, what  are the supporting and  inhibiting  factors and  know the efforts to improve  student  achievement through  extracurricular RISMA AL ASHR. This type of research  uses qualitative  descriptive  qualitative  research  method (qualitative  research). Infor- mants  of this study are 10 RISMA AL ASHR Board,  5 PAI Teachers  and  2 Pementors. This research  takes time during  March s.d June  2017.  The data  collection procedure of researcher use observation, interview and  documentation. Data analysis that researchers do is through  the stages of data  collection,  data  reduction, display data  and  conclusions.  From  the results of the research  so far it can  be concluded that  the activities of RISMA has  run entirely,  except  for 1 rabbana activities that  did not happen. What  is interesting  is that  RISMA managers and  builders  always  carry out  an  evaluation of the  implementation  of RISMA activities, this is very much related to forming students  who excel as outputs.  So that output  is a proof of the number of outstanding students  in RISMA. The prominent learning achievement in this RISMA student  in the form of academic achieve- ment and nonakademik

Keywords


RISMA Extracurricular And Learning Achievement

Full Text:

PDF

References


Ainur Rohim Faqih, Bimbingan dan Konseling dalamIslam, Yogyakarta: UII Press,2001.

Anas Sujiono, Pengantar Evaluasi Pendidikan, Jakar- ta: Rajawali Press. 2011.

Anas Sidijono, Pengantar Statistik Pendidikan, Jakar- ta: Rajawali Pers, 1996.

Azwar, Pengantar Psikologi Intelegensi, Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 1996.

Burhanuddin Salam, Cara Belajar yang Sukses di Per- guruan Tinggi, Jakarta: Rineka Cipta, 2004.

Departemen Agama Republik Indonesia, Mushaf Al- Qur’an terjemah, Jakarta: Al-Huda, 2002.

Departemen Agama RI, Kegiatan Ekstrakurikuler Pen- didikan Agama Islam pada Sekolah Umum dan Madrasah; Panduan Untuk Guru dan Siswa, Ja- karta: Depag RI, 2004.

Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Ba- hasa Indonesia edisi ke 4. jakarta : Gramedia Pus- taka Utama, 2009

Hartati Yuni.. Efektifitas Kegiatan Rohis dalam mena- namkan nilai-nilai karakter islam siswa di sma neg- eri 2 dan sma negri 4 kabupaten kaur. Bengkulu: IAIN Bengkulu, 2016.

Handani Bajtan Adz-Dzaky, Konseling dan Psikoterapi

Islam, Yogyakarta: Fajar Pustaka Baru, 2002. Hawadi R. Akselerasi A-Z Informasi program percepa-

tan belajar dan anak berbakat intelektual. Jakarta. Gramedia. Pustaka Utama. 2009.

Lestari Handayani, Perbedaan Prestasi Akademik dan dan non Akademik kelas XI Program Reguler dan Akselerasi di SMA Negeri 4 Malang, Fakultas Ilmu pendidikan UM. 2010, Skripsi tt.

Manfred Oepen dan Walfgang Karcher, Dinamika Pe- santren, Dampak Pesantren Dalam Pendidikan, Jakarta: P3M, 1987.

M. Abduh, Tafsir Al-Manar, juz III (Beirut: DarulMa’arif, t.t)

M. Uzer dan Setiawati Lilis, Upaya Optimalisasi Keg- iatan Belajar Mengajar, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2000.

M. Munir, Wahyu Ilahi, Manajemen Dakwah, Jakarta: Pranada Media, 2006.

Miftah Thoha, Ilmu Administrasi Publik Kontemporer, Jakarta: Kencana Prenada Media, 2008.

Muhammad Fathurrohman dan Sulistyorini,. Belajar dan Pembelajaran: Meningkatkan Mutu Pembela- jaran Sesuai Standar Nasional Yogyakarta:Teras,2012.

Muhibbin Syah. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.1997.

Moh. Nazir, Metode Penelitian, (cetakan. 3), Jakarta : PT. Ghalia Indonesia, 1988.

Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Bandung: Rosdakarya,2008.

Nana Syaodih Sukmadinata, Landasan Psikologi Proses Pendidikan, Bandung: PT Remaja Ros- dakarya, 2011.

Ngalim Purwanto,. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evalu- asi Pengajaran, Bandung: Remaja Rosdakarya,2002.

Oemar Hamalik,. Proses Belajar mengajar, Jakarta : Bumi Aksara. 2012.

Pidate Made, Supervisi Pendidikan,Jakarta: Rineka Cipta, 2009

Sugiono, Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Al- fabeta, 2009.

Slameto, Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengar- uhinya,Jakarta: Rineka Cipta. 2010.

Suharsimi Arikunto, Dasar-Dasar Evaluasi Pendidi- kan, Jakarta: Bumi Aksara, 2011.

Suryosubroto. Proses Belajar Mengajar Di Sekolah.Jakarta : Rineka Cipta. 1997.

Syaiful Bahri Djamarah.. Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta. 2002.

Tohirin, Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama

Islam, Jakarta: Raja Grafindo Persada 2005. Tirtonegoro. Anak Supernormal dan program pen-

didikannya (Jakarta : Bumi Aksara, 2001.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Ta- hun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Zakiyah Darajat, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta:Bumi Aksara, 1996




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/btu.v2i2.1305

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by :

   Garuda

 

free web stats al-bahtsu Visitors