PELAKSANAAN KEGIATAN EKSTRAKULIKULER DALAM UPAYA MENGEMBANGKAN LINGKUNGAN PENDIDIKAN YANG RELIGIUS DI SMP N 13 KOTA BENGKULU

Yul Kamara

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk pelaksanaan kegiatan ekstrakulikuler kegamaan di SMP N 13 Kota Bengkulu dan upaya mengembangkan lingkungan pendidikan yang religius melalui pelaksanaan kegiatan ekstrakulikuler di SMP N 13 kota Bengkulu. Jenis penelitian ini ialah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriftif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Bentuk pelaksanaan kegiatan keagamaan ialah pembiasaan akhlak mulia yang  merupakan suatu upaya yang dilakukan oleh sekolah secara rutin dan berkelanjutan dalam membangun karakter keagamaan serta akhlak mulia peserta didik sebagai proses internalisasi nilai-nilai keagamaan dan meningkatkan kesadaran beriabadah dengan tujuan peserta didik dapat terbiasa berbicara, bersikap, dan berprilaku terpuji dalam kehidupan sehari-hari. Melalui kegiatan pembiasaan akhlak mulia, peserta didik diharapkan memilki karakter dan perilaku terpuji baik dalam kominitas kehidupan di sekolah, di keluarga ataupun di masyarakat. Adapun upaya mengembangkan lingkungan pendidikan yang religius melalui pelaksanaan ekstrakurikuler keagamaan di SMP N 13Kota Bengkulu ialah: (a) Guru senantiasa memberikan respon secara aktif kepada siswa yang bertanya (b) Ekstrakurikuler keagamaan memberikan dampak positif kepada peserta didik. (c) Ekstrakurikuler keagaaman tidak mengganggu pelajaran di kelas, justru menambah motivasi dan semangat untuk belajar (d) Ekstrakurikuler keagamaan menitikberatkan praktik daripada teori (e) Ekstrakurikuler keagamaan meningkatkan prestasi siswa (f) Siswa setuju untuk diadakannya ekstrakurikuler keagamaan di SMP N 13 Kota Bengkulu

Keywords


Kegiatan Ekstrakulikuler, Lingkungan Pendidikan Religius

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Abu dan Nur Uhbaiti, 2001, Ilmu Pendidikan, Jakarta: Rineke Cipta

Al-Jumbulati, Ali Abdul Futuh At-Tuwaanisi, 2002, Perbandingan Pendidikan Islam. Jakarta: Rineka Cipta

An–Nahlawi, Abdurrahman, 1996. Prinsip – Prinsip Dan Metode Pendidikan Islam, (Bandung: cet ke-3, CV DIPONEGORO

Anshari, Endang Saifudin, 1985, Kuliah Al-Islam Pendidikan Agama Islam di Pergurua Tinggi (Jakarta: CV, Rajawali

AR, Muhammad, tt Pendidikan Di Alaf Baru: Rekonstruksi Atas Moralitas Pendidikan

Ardy, Novan, 2012, Pendidikan Karakter Berbasis Iman dan Taqwa. Yogyakarta: Teras

Arifin. Bambang Syamsul, 2008, Psikologi Agama,Bandung: Pustaka Setia

Arikunto, Suharismi, 2006, Prosedur Peneliian Suatu Pendekatan Praktek.. Jakarta: Rineke Cipta

Asmani, Jamal Ma’mur, 2012 Kiat Mengembangkan Bakat Anak di Sekolah. Yogyakarta: Divapers

Basuki & Miftahul Ulum. 2007. Pengantar ilmu Pendidikan Islam. Ponorogo: STAIN Po Press

Beni S, Ambarjaya, 2013, Psikologi Pendidikan & Penganjaran Teori & Praktek, Bandung, Caps Publisher

Budi Harto, Menciptakan Lingkungan Religious Pada Lembaga Pendidikan Islam, Jurnal Ta’dib, Volume 14, No. 2 (Desember 2011)

Daien, Amir, 1988, Evaluasi Pendidikan (Penilain hasil-hasil belajar), Malang: IKIP Malang

Depag, 2004, Kegiatan Ekstrakulikuler PAI Pada Sekolah Umum dan Madrasah

Departemen Agama RI, 2005, Panduan Kegiatan Ekstrakulikuler Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam

Gunawan, Ary H., 2000, Sosiologi Pendidikan: Suatu Analisis Sosiologi Tentang Pelbagai Problem Pendiidkan, Jakarta: Pt Rineka Cipta

Gunawan, Heri 2012, Kurikulum Dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bandung: Alfabeta

Gustian, Indra, 2005, Metode Pendidikan Agama, Kalam Mulia, Jakarta

Hamalik, Oemar 1992, Administrasi dan Supervisi Pengembangan Kurikulum. Bandung: Mandar Maju

Hasbullah, 2012, Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Hawi, Akmal, 2008. Dasar-Dasar Pendidikan Islam, (Raden Fatah Palembang Pers, Palembang

http: //jurnal-online.um.ac.id oleh Eri Hendro Kusuma

Iriyanto, Agus, 2011, Pendidikan Sebagai Investasi Dalam Pembangunan Suatu Bangsa, Jakarta: cet ke-1,kencana

Latif, Abdullah, 2009, Pendidikan Berbasis Nilai Kemasyarakatan, Bandung: Refika Adinata

Lubis, Mawardi dan Zubaedi, 2011, Evaluasi Pendidikan Nilai, Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Mahdiansyah,tt, Pendidikan Membangun Karakkter Bangsa (Peran Sekolah dan Daerah Dalam Membangun Karakter Bangsa Pada Peserta Didik), Jakarta Timur: Bestari Buana Murni

Margono, 2009, Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta, Rineke Cipta

Meloeng, Lexy J. 2013 Metodelogi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Jakarta: PT Rosda Karya

Muliawan, Jasa Ungguh, 2005, Pendidikan Islam Integratif, Yogyakarta: Pustaka Belajar

Mulyana, Rohmat, 2004 Mengartikulasikan Pendidikan Nilai, Bandung: CV ALFABETA

Mustofa.,A. 2010, Akhlak Tasawuf, Bandung: ,PT Pustaka Setia

Nata, abuddin, 2003. Manajemen Pendidikan, Jakarta:Kencana

Nata, Abuddin, 2005 ,Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Gaya Media Pratama

Ramayulis, 2008, Ilmupendidikan Islam,Jakarta:KalamMulia

Sopiatin, Popi. 2010. Manajemen Belajar Berbasis Kepuasan Siswa. Bogor: Ghia Indonesia

sudijono, Anas, 2008, Pengantar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Rajagarfindo

Sugiyono, 2010, Metodologi Penelitian Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta

Suprayogo, Imam dan Tobroni, 2003, Metodologi Penelitian Sosil-Agama, Bandung ; PT Remaja Rosdakarya

Suryo, Subroto. 2002. Proses Belajar Mengajar Di Sekolah. Jakarta : Rineke Cipta UUD Sisdiknas

Syadullah, Uyoh, 2008, Pengantar Filsafat Pendidikan, Bandung: Alfabeta

Syaiful, Djamarah Bahri, 2000, Psikologi Belajar, Jakarta: Rineke Cipta




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/btu.v4i2.2675

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by :

   Garuda

 

free web stats al-bahtsu Visitors