PENGARUH PENDEKATAN RASIONAL EMOTIF GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PENURUNAN KENAKALAN SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 BENGKULU TENGAH

Uci Saputri

Abstract


Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah terdapat pengaruh pendekatan rasional emotif terhadap penurunan kenakalan siswa di SMAN 1 Bengkulu Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan mengggunakan jenis pre eksperimen desain one group pre test-posttes design. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian disimpulkan bahwa disimpulkan bahwa pendekatan rasional emotif  berpengaruh terhadap penurunan kenakalan siswa di SMAN 1 Bengkulu Tengah.Berdasarkan perhitungan uji t diperoleh hasil berdasarkan perolehan hasil uji t terlihat bahwa mean sebesar -3,466 dengan standar deviasi sebesar 8,671. Nilai t hitung sebesar -21,897. Sedangkan nilai Sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak, sehingga Ha yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh pendekatan rasional emotif terhadap penurunan kenakalan siswa di SMA 1 Bengkulu Tengah. Berdasarkan perhitungan dan interpretasi tersebut dapat disimpulkan terlihat bahwa pendekatan rasional emotif dapat menurunkan kenakalan siswa SMAN 1 Bengkulu Tengah.

Keywords


Pendekatan Rasional Emotif, Pendidikan Agama Islam, Kenakalan Siswa

Full Text:

PDF

References


Alhamda. 2006. Buku Ajar MetlitdanStatistik. Yogyakarta: Deepublish.

Arikunto, Suharsimi. 2006. ProsedurPenelitianSuatuPendekatanPaktik. Jakarta: RinekaCipta.

Atabik Ali Ahmad ZuhdiMuhdhor. 2003. KamusBahasa Arab Kontemporer. Yogyakarta: Multi KaryaGrafika.

Basri, Hasan. 2006. RemajaBerkualitas. Yogyakarta: PustakaPelajar.

Corey, Gerald. 2005. TeoridanPraktekKonselingdanPsikoterapi. Bandung: PT. RefikaAditama.

Daradjat, Zakiyah. 2015. IlmuPendidikan Islam. Jakarta: BumiAksara.

Departemen Agama RI . 2005. Al-Qur’an danTerjemahannya. Bandung: Diponegoro.

DimyatidanMudjiono. 2015. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: PT RinekaCipta.

Djamarah, SyaifulBahri. 2015. Guru danAnakDidikdalamInteraksiEdukatif. Jakarta: PT RinekaCipta.

Gunarsa, Singgih D. 2000.m KonselingdanPsikoterapi. Jakarta: GunungMulia.

Iskandar. 2009. PsikologiPendidikan. Jakarta: GaungPersada Pres.

Jahja,Yudrik. 2015. PsikologiPerkembangan. Jakarta: Prenada Media Group.

Latipun. 2008. PsikologiKonseling. Malang: UniversitasMuhammadiyah Malang Press.

Mardalis. 2007. MetodePenelitianSuatuPendekatanProposal.Jakarta: BumiAksara.

Muhaimin. 2016. PemikirandanAktualisasiPengembanganPendidikan Islam. Jakarta: Rajawali Press.

Muhammad Ali danAsrori. 2006. Mohammad, PsikologiRemaja. Jakarta: BumiAksara.

Mulyasa. 2017. Menjadi Guru Profesional. Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Musbikin, Imam. 2013. MengatasiKenakalanSiswaRemaja. Pekanbaru: Zanafa Publishing.

Ramayulis. 2018. IlmuPendidikan Islam. Jakarta: KalamMulia.

Roestiyah NK. 2015. MasalahPengajaransebagaiSuatuSistem. Jakarta: RinekaCipta.

Sardiman. 2015. InteraksidanMotivasiBelajarMengajar. Jakarta: PT Raja GravindoPersada.

Sarwono, Sarlito W. 2010. PsikologiRemaja. Jakarta: Rajawalipers.

Sukardi, DewaKetutSukardi.; 2008.Pengantar Pelaksanaan Program BimbingandanKonseling di Sekolah. Jakarta: PT RInekaCipta.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2008. MetodePenelitian. Bandung: RemajaRosdakarya.

Surya, Moh. 1975. BimbingandanPenyuluhan Di sekolah (Guidance and Counseling). Bandung: Ilmu Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/btu.v4i2.2680

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by :

   Garuda

 

free web stats al-bahtsu Visitors