PENGARUH METODE REWARD DAN PUNISHMENT TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TAHFIDZ DI SDIT AL-QALAM BENGKULU SELATAN

Apriza Permata Sari

Abstract


Rumusan penelitian ini adalah : 1) Apakah ada pengaruh reward terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran tahfidz Di SDIT Al-Qalam Bengkulu Selatan? 2) Apakah ada pengaruh punishment terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran tahfidz Di SDIT Al-Qalam Bengkulu Selatan? 3) Apakahada pengaruh reward dan punishment secara bersama-sama terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran tahfidz Di SDIT Al-Qalam Bengkulu Selatan. Jenis penelitian adalah penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, angket, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini menggunakan analisis Regresi Linier Berganda. Hasil pegujian Nilai β sebesar 0.405 dan uji “t” pada hipotesis I sebesar 4,392 ini berarti t hitung > t tabel (4,392 >2,024) dan signifikansi (0.000< 0.05) maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Reward (X1) terhadap Motivasi Belajar Siswa (Y), hipotesis II pengujian Nilai B sebesar 0.306 pengujian uji “t” 5,499>2,024 dan signifikansi (0.000< 0.05) maka terdapat pengaruh Punishment (X2) terhadap Motivasi Belajar Siswa (Y), dan hipotesis III hasil uji R adjusted Squaresebesar 0,556 menunjukkan bahwa terdapat pengaruh secara bersama-sama Reward (X1)  dan Punishment (X2) terhadap Motivasi Belajar Siswa (Y) SDIT Al-Qalam Bengkulu Selatan dengan presentasi 55 % sedangkan 45 % dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini.

Keywords


Reward, Punishment, danMotivasi Belajar

Full Text:

PDF

References


Departemen Agama RI. 2009.Al-Qur’an dan Terjemahannya.Bandung: Sygma

Darmawan, Deni. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Djiwandono, Sri Esti Wuryani. 2009.Psikologi Pendidikan.Jakarta: Gramedia

Dokumen Sekolah SDIT Al-Qalam Bengkulu Selatan. 2018

Dokumen tata usahaSDIT Al-Qalam Bengkulu Selatan.2019

Hamalik, Oemar. 2010. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Indrakusuma, Amir Daien. Pengantar Ilmu Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional

Latan, Henky dan Temalagi, Selva. 2013. Analisis Multivariate Menggunakan Program IMB SPSS 16.0. Bandung: Alfabeta

Margono, S. 2009.Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Mushaf Mufassir Al-Qur’an.2009. Terjemah, Tafsir, Tajwid. Bandung: Penerbit Jabal

Ningrum, Epon. 2013.Pengembangan Strategi Pembelajaran. Bandung: CV Putra Setia

Noor, Juliansyah. 2011. Metodologi Penelitian Skripsi, Tesis, Disertasi Dan Karya Ilmiah. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Priyatno, Duwi. 2016.Belajar Alat Analisis Data, Olah Data dan Penyelesaian Kasus-kasus Dengan SPSS. Yogyakarta: Media Kom

Purnomo, Halim dan Khotimal, Husnul. 2013. Model Reward dan Punishment. Yogyakarta: CV Budi Utama

Rifa’i, Ahmad Dan Anni, Catharina Tri. Psikologi Pendidikan. Semarang: Unnes Press

Saleh, Abdul Rachman. 2009.Pendidikan Agama dan Keagamaan. Jakarta: PT Gemawindu Pancaperkasa

Sardiman. 2011. Interaksi Dan Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers

Sujiantari, Ni Kadek. 2016. Pengaruh Reward Dan Punishment Terhadap Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS (Studi Pada SMP Negeri 1 Singaraja Kelas VIII Tahun Ajaran 2015/2016), Jurnal Jurusan Pendidikan Ekonomi (JJPE) Vol: 7 Nomor: 2

Uno,Hamzah B. 2012. Teori Motivasi dan Pengukurannya.Jakarta: PT Bumi Aksara

Wulandari,Ika Suci. 2014.Pengaruh Pemberian Reward And Punishment Terhadap Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Passing Bawah Bolavoli (Studi Pada Siswa Kelas Viii Smp Negeri 1 Yosowilangun Lumajang), jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan Volume 02 Nomor 03, 599 – 604.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/btu.v4i2.2681

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by :

   Garuda

 

free web stats al-bahtsu Visitors