PENGARUH POLA KOMUNIKASI DAN MOTIVASI GURU TERHADAP PEMAHAMAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN FIQIH DI MTSN 2 BENGKULU SELATAN

Jusna Hartati

Abstract


Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh pola komunikasi guru terhadap pemahaman siswa dalam pembelajaran fiqih di MTsN 2 Bengkulu Selatan; Untuk mengetahui pengaruh motivasi guru terhadap pemahaman siswa dalam pembelajaran fiqih di MTsN 2 Bengkulu Selatan; Untuk mengetahui pengaruh antara pola komunikasi dan motivasi guru terhadap pemahaman siswa dalam pembelajaran fiqih di MTsN 2 Bengkulu Selatan. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pola komunikasi guru terhadap pemahaman siswa dalam pembelajaran fiqih di MTsN 2 Bengkulu Selatan. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis diperoleh bahwa t-hitung > dari t-tabel, yaitu t-hitung sebesar 5,262 sedangkan t-tabel sebesar 2,000. Hal ini berarti pemahaman siswa pada materi pelajaran dapat ditentukan oleh pola komunikasi yang dilakukan oleh guru dalam proses pembelajaran. Terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi guru dengan pemahaman siswa pada pembelajaran fiqih.Hal ini dibuktkan dari hasil analisis diperoleh t-hitung> t-tabel, yaitu t-hitung sebesar 5,583 dan t-tabel sebesar 2,000.Terdapat pengaruh yang signifikan antara pola komunikasi guru dan motivasi guru terhadap pemahaman siswa pada pembelajaran fiqih. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis diperoleh F-hitung sebesar 42,937 dengan f-tabel sebesar 3,11. Artinya F-hitung> f-tabel (42,937 > 3,11).

Keywords


Pola Komunikasi, Motivasi Guru, dan Pemahaman Siswa

Full Text:

PDF

References


Ali, Mohammad. Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru, 2008

Annurrahman.Belajar dan Pembelajaran.Bandung: Alfabeta, 2012

Arikunto, Suharsini. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi). Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2016

Asnawi dan Usman, Basyiruddin.Media Pembelajaran.Jakarta: Ciputat press, 2012

Cangra, Hafid. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2014

Daryanto.Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta, 2017

Davies, Ivor K. Pengelolahan Belajar. Surakarta: PT. Rineka Cipta, 2016

Departemen Agama. Al-Qur’an Al-Karim dan Terjemahnya.Jakarta: Readboy Indonesia, 2010

Desmita.Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2011

Djali.Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Askara, 2009

Djamarah dan Zaini, Aswan.Strategi Belajar Mengajar.Jakarta : Rineka Cipta, 2016

Dryden, Gordon dan Dr. Jeannette Vos.Revolusi Cara Belajar (the Learning revolution): Belajar akan efektif kalau anda dalam keadaan “Fun”. Bandung: Kaifa, 2012

Ginnis, Paul. Trik dan Taktik Mengajar, Strategi Meningkatkan Pencapaian Pengajaran di Kelas, terj. Wasi Dewanto. Jakarta: MacananJaya Cemerlang, 2008

Gunawan, Adi W..Genius Learning Strategy: Petunjuk Praktis untuk Menerapkan Accelarated Learning. Jakarta: Gramedia PustakaUtama, 2013

Hamalik, Oemar. Psikologi Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2012

J. J Hasibuan. Proses Belajar Mengajar.Bandung:: Remaja Rosdakarya, 2015

Koentjaraningrat.Metode-metode Penelitian Masyarakat.Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 2009

Mulyono.Strategi Pembelajaran. Malang: UIN-Maliki Press, 2012

Nasution.Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar.Jakarta: Bumi Aksara, 2009

Onong, Uchjana Effendi. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktik.Bandung : Remaja Rosda Karya, 2012

Porter, Bobbi De dan Hernacki, Mike.Quantum Learning: Unleashing the Genius in You, terj. Alwiyah Abdurrahman. Bandung:Kaifa, 2013

Porter, Bobbi De. Quantum Learning: Unleashing the Genius in You. New York: Dell Publishing, 1992

Priansa, Donni Juni. Kinerja dan Profesionalisme Guru.Bandung: Alfabeta, 2014

Samples, Bob. Revolusi Belajar untuk Anak: Panduan Belajar sambil Bermain untuk Membuka Pikiran Anak-anak Anda, terj. RahmaniAstuti.Bandung: Kaifa, 2012

Skinner, Charles E..Educational Psychology.New York: Prentice-hall, 2008

Slameto.Belajar dan Faktor-faktor yang Memengaruhinya.Jakarta: Rineka Cipta, 2011

Subini, Nini. Mengatasi Kesulitan Belajar Pada Anak. Jogjakarta: Javalitera, 2012

Sudaryono, dkk.Pengembangan Instrumen Penelitian Pendidikan.Yogyakarta: Graha Ilmu, 2013

Sugiyono.Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta, 2014

Sumartono.Menjalin Komunikasi Otak dan Rasa.Jakarta: Elek Media, 2014

Sunaryo K, Wowo. Taksonomi Kognitif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2012

Sutikno, M. Sobry. Menggagas Pembelajaran Efekktif dan Bermakna.Mataram: NTB Pers, 2011

Thoha, M.Chabib. Teknik Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada,2011

Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa.Kamus Besar Bahasa Indonesia.Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2008

Tohirin.Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2016

Undang-undang RI No. 20 tahun 2003.Sistem pendidikan Nasional.Yogyakarta : Pustaka Pelajar, 2009

Widjaja, H.A.W..Komunikasi dan Hubungan Masyarakat.Jakarta: Bumi Askara, 2010




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/btu.v4i2.2683

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by :

   Garuda

 

free web stats al-bahtsu Visitors