PROBLEMATIKA KEDISIPLINAN BERIBADAH DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 2 KOTA BENGKULU

Ono Sutra

Abstract


Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui Apa Problematika Kedisiplinan beribadah siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Kota Bengkulu, Bagaimana Upaya Guru Agama Islam Dalam Meningkatkan kedisiplinan Beribadah,  Serta faktor pendukung dan penghambat dalam Menjalankan solusi Problematika Kedisiplinan Beribadah siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan metode kualitatif, dengan pendekatan deskriptif yaitu memaparkan secara mendalam dengan apa adanya secara obyektif sesuai dengan data yang dikumpulkan. Metode kualitatif sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data-data deskriptif yang berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati.Hasil penelitian menunjukan bahwaproblematika mendasar yang dihadapi guru dalam pelaksanaan disiplin beribadah  yaitu kesadaran diri yang masih rendah, adanya kesulitansiswa dalam memahami materi. Kemudian masih ada beberapa siswa yang belum bisa membaca Al-qur’an.Upaya yang diterapkan oleh guru untuk meningkatkan kedisiplinanshalat siswa, yaitu: (1). Membuat jadwal shalat dhuhur berjamaahsecara bergantian. (2). Membuat jadwal khusus untuk guru terkaitshalat berjamaah termasuk guru yang bertugas mengecek di kelas-kelas. (3). Kerjasama antara guru PAI maupun dengan guru lain dalammendisiplinkan siswa (4). Membuat tata tertib dan disiplin Siswa. (5) Merubah mindset siswa melalui BK, (6). Menggunakan berbagai metode, seperti metode nasehat, keteladanan,pembiasaan, memberi perhatian dan hukuman.Faktor yang mendukung strategi peningkatan kedisiplinan beribadah siswa di SMK Negeri 2 Kota Bengkulu: (1) Tersedianya fasilitas ibadah seperti masjid sekolah yang sudahcukup bagus, tempat wudhu yang sudah mencukupi, Masjid sudah bagus, Al-Qur’ansudah tersedia, dampar Al-Qur’an sudah tersedia. Faktor yang menghambat peningkatan kedisiplinan beribadah siswadi SMK Negeri 2 Kota Bengkulu adalah kurangnya kesadaran, keimanan, ketidaktahuan siswa dalam beribadah. Sedangkan solusi yang diterapkan untuk mengatasi kendala dalam peningkatan kedisiplinan beribadah siswa di SMK Negeri 2 Kota Bengkulu Untuk anak yang bandel dan kurang disiplin, diadakan pembinaan khusus yang dilakukan oleh wali kelas.

Keywords


Problematika, Kedisiplinan beribadah

Full Text:

PDF

References


Abdul Aziz Ahyadi.2005. Psikologi Agama Kepribadian Muslim Indonesia. Bandung: PT sinar baru Algesindo.

Abudin Nata,2015. Strategi Peningkatan Mutu Guru Pendidikan Agama Islam,Makalah disampakan pada acara Seminar Nasional FITK. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.

Abdurrahman An Nahlawi. 2004. Pendidikan Islam di Rumah, Sekolah dan Masyarakat. Jakarta: Gema Insani.

Ahmad Bangun Nasution. 2013. Akhlak Tasawuf. Jakarta: Rajawali Press.

Amin, Alfauzan, Teori Potensi Pencarian Jati Diri Sebagai Daya Serap Dalam Proses Pendidikan Karakter Anak Didik., diakses tanggal 1 Januari 2019, Bengkulu, Vol.15, N0.1 2016), https://sholar.co,id, journal At-ta’lim IAIN Bengkulu.

Alwi, Hasan. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia, edisi ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.

Anoraga, Pandji. 2006. Pengantar Pasar Modal. Jakarta: Rineka Cipta.

Anshori. 2010. Transformasi Pendidikan Islam. Jakarta: Gaung PersadaPress.

Conny Semiawan.2002.Pendidikan Keluarga Dalam Era Global. Jakarta: PT Prenhallindo.

Danakarya. 2004. Al-Qur’an dan Terjemahnya. Surabaya : Mekar Suarabaya,

Debdikbud.2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia.Jakarta : Bulan Bintang,.

Departemen Agama RI. 2002. Al-Qur’an dan Terjemahannya. Surabaya: Duta Ilmu.

Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.2007. Direktorat Pembinaan Tenaga Kependidikan dan Kebudayaan Perguruan Tinggi.

Donald Boyd, Daniel Goldhaber, Hamilton Lankford, and James Wyckoff.The Effect of Certification and Preparation on Teacher Quality, VOL. 17 /NO. 1 /SPRING2007145

E, Mulyasa.2012. Manager pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.

E. Muliyasa. 2009. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

E. Mulyasa.2005. Menjadi Guru Profesional: Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Rosdakarya.

Husain Usman.Manajemen. 2009. Teori, Praktik dan Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

H. Ramayulis. 2015, Dasar – dasar kependidikan.jakarta : KALAM MULIA.

http://en.wikipedia.org/wiki/Learning_theory_%28education%29, Kamis,15/03/2018.

Iagin Sondang P.2004. Manajemen Sumber daya Manusia.Jakarta :Bumi aksara.

Ismail,SM. 2008.Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis PAIKEM.Semarang: Rasail Media Group.

Indrafachrudi.2000. Metode Penilaian Kinerja Serta Faktor yang Mempengaruhinya.Bandung: Galia Indah.

Jalaluddin. 2001. Teologi Pendidikan. Jakarta ; PT. Raja Grafindo Persada.

Jogiyanto, Hartono. 2003. TeoriPortofolio dan Analisis Investasi. Edisi 2.Yogyakarta: BPFE.

Kun Muryati -Juju Suryawati. 2007. Sosiologi Untuk SMA dan MA Kelas X . Jakarta: Erlangga.

Lexy J. Moleong. 2004. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/btu.v4i2.2684

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by :

   Garuda

 

free web stats al-bahtsu Visitors