IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH SMAN 1 BENGKULU TENGAH

Dwi Praja Utama

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif, dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi serta menganalisa data dengan Redukdi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang disimpulkan sebagai berikut : 1) Perencanaaan pembelajaran oleh guru SMAN 1 Bengkulu Tengah berdasarkan standar kompetensi yang akan dicapai memuat tujuan pembelajaran, materi, metode mengajar sumber belajar dan hasil belajar. Perencanaan dibuat degan mempertimbangkan tujuan yang hendak dicapai, alat apa yang digunakan, materi apa yang diajarkan dengan cara mengevaluasi dan perencanaan pembelajaran, 2) Implementasi kurikulum 2013 pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Bengkul Tengahyakni kegiatan pembelajaran menggunakan metode pembelajaran disesuaikan dengan kondisi siswa, 3) Evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dilakukan dengan menggunakan teknik tes dan non tes. Tes yang berupa a) (pre-test) tes awal, tes ini merupakan tes yang diberikan sebelum pengajaran dimulai. b) tes tengah kegiatan yakni tes yang dilaksanakan di sela-sela atau pada waktu-waktu tertentu selama proses pembelajaran berlangsung. c) Post-test yaitu test yang diberikan setelah proses pembelajaran berakhir, d) tes formatif tes ulangan harian, tengah semester dan f) tes sumatif berupa ulangan semester. Evaluasi terencana yang dilakuakkn oleh guru terakomodir dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran sehingga pelaksanaanya berjalan seuai dengan kebutuhan yang diajarkan.

Keywords


Kurikulum 2013. Pendidikan Agama Islam

Full Text:

PDF

References


Abdullah Idi,2011Pengembangan Kurikulum Teori & Praktik,Jogjakarta:Ar-Ruzz Media,

Abdullah,Saleh Abdurrahman,1982 Educational Theory Qur’anic Out Look, Mekkah: Ummul Qura University

Abu Daud Sulaiman bin Asy‟ad al-Sijistani,1990 Sunan Abu Daud, Beirut: Darul Fikr,

Amin , Muhammad Maswardi,2011 Pendidikan arakter bangsa, Jakarta: Baduose Media,

Anas Sudijono,2013 Evaluasi Pendidikan,Jakarta: Raja Grafindo Persada,

Arikunto, Suharsimi,1998 Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta,

Asmani, Ma’mur Jamal,2011Tuntunan legkap Metodologi Praktis Penelitian pendidikan, Jogjakarta: Diva Press,

Dirjen Pendidikan Agama islam . Pengembangan Model Pembelajaran PAI Media Ajar Berbasis Teknologi Informatika Dan Komunikasi

Dirman, cicih juarsih, 2014Pengembangan Kurikulum Dalam Rangka Implementasi Standar Proses Pendidikan Siswa, Jakarta: Rinerka Cipta,

Djaramarah, Bahri Syaiful,2005,Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif , Bandung: Rinerka Cipta

Fahrudin, Hasan Asri,Siti Fatimah”2000. Jurnal Implementasi Kurikulum 2013 Pendidikan Agama Islam Dan Budipekerti Dalam Menanamkan Akhlakul Karimah Siswa. Volume 1 NO. 4 Pasca Sarjana UIN Sumatera Utara 2017

Hadi , Sutrisno,2009Metode Riset ,Jakarta : Gaung Pers ,

Hamalik, Oemar ,2008Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum . Bandung: Remaja Rosadakarya.

Hamalik, Oemar,2006 Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi, Jakarta: Bumi Aksara,

Hamid , Hasan , 2009Evaluasi Kurikulum Bandung : remadja rosadakarya

Herdananto, Bagus. 2009Menjadi Guru Bermoral Dan Profesional. Yogyakarta: kreasi Wacana

Hunkins, Fancis. P. And Ornstein, Allan.2004C. Curriculum : Foundation, Principles, and Issues. New York : Pearson Education, Inc

Idi, Abdullah.2007 Pengembangan Kurikulum Teori Dan Praktek, (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media,

Imron, Arifin,1994 Penelitian Kualitatif Dalam Bidang Ilmu-ilmu Sosial dan Keagamaan, Malang: Kalimasada,

Khuslan Aludi Abdulrohman Sahid”2008 Integrasi Budipekerti Dalam Pendidikan Agama Islam”Solo: Tiga Serangkai

Marlina, Eva, 2013 Jurnal . Kurikulum 2013 Yang Berkarakter, Volume 5 Nomor 2, Desember

Muhaimin, 1996., Strategi Belajar Mengajar, Surabaya: Citra Media,

Munir,2009 Kurikulim Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi, Bandung: Alfabeta

Mutaqin,2016 Implementasi Supervisi Pembelajaran Pada Matapelajaran Pendidikan Agama Islam(PAI) Dan Budi Pekerti Kelas Vii Kurikulum 2013 di SMPN 1 Plaosan Magetan Jawa Timur. IAIN Surakarta

Muthoharoh,2017Problem Dan Solusi Implementasi Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Mi Kota Semarang Studi Kasus di MI Darul Ulum Wates Ngaliyan dan MIN Sumurrejo, Gunungpati ,UIN Walisongo Semarang

Nana Syaodih Sukmadinata,2001 Pengembangan Kurikulum Teori dan PraktekBandung: Remaja Rosdakarya,

Nazir, Moch2003, Metode Penelitian, Jakarta: Salemba Empat

Nugraheni, Sri Aninditya,2017 Pengajaran Bahasa Indonesia Berbasis Karakter Yogyakarta: Mentari Pustaka

Nuraini. 2016 “Jurnal Implementasi Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sd Muhammadiyah Terpadu Ponorogo. Volume 1, Nomor 2, Januari-Juni. Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Nurul Azm , Novianti Muspiroh, Suci Rakhmawati, ,. Jurnal Analisis Pelaksanaan Kurikulum 2013 Ditinjau Dari Standar Proses Dalampembelajaran Biologi Kelas X Di Sma Negeri 1. jurusan Tadris IPA Biologi,Insitut Agama Islam Negeri Syekh Nurjati CirebonVolume.5, No.2,Desember 2016

Nusa Putra dan Santi Lisnawati,2012 Penelitian Kualitatif Pendidikan Agama Islam, Bandung: PT.Remaja Rosda Karya

Poerwati, Endah L. & Amri, Sofan. 2013. Panduan Memahami Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pustakaraya

Purwanto Ngalim, 2012Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran Bandung:Remaja Rosadakarya

Raharjo, Rahmat.2012 Pengembangan & Inovasi Kurikulum, Yogyakarta: Baituna Publishing,

Rois Mahfud,2011. AL-ISLAM Pendidikan Agama Islam,Jakarta: Erlangga,

S .Nasution,2003 .Pengembangan Kurikulum, Bandung: PT Citra Aditya Bakti,

S. Nasution, 1982.Metode Penelitian Naturalistik, Bandung: Jammars

Santoso, 2004Lh. Kamus Modern Bahasa Indonesia. Surabaya: Pustaka Agung Harapan

Saylor, J.1957 Galen dan William Alexander, Curriculum Planing for Better Teaching and Learning, (New York: RinehartCompany,.

Sibelman L. Melvin,2009 Actif Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif, Bandung: Nusa Media

Sugilawarti, Dwi. 2015Implementasi Kurikulum 2013 Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Bengkulu Selatan. IAIN Bengkulu

Sugiyono,2011Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta,

Sukmadinata, Syaodih Nana. 2009Pengembangan kurikulum, Bandung: Rosadakarya

Sukmadinata, Syaodih Nana.2010 Penelitian Pendidikan, Bandung: Rosadakarya

Surahma, Winarno, 2005 Pengantar Penelitian Dasar, Metode Dan Teknik, Bandung:Tarsito

Suyadi,2008 Menerapkan Pendidikan Berkarakter Di Sekolah., Mentari Pustaka:Jogjakarta

Suyadi,2008 Menerapkan Pendidikan Karakter di Sekolah ,Yogyakarta: Mentari Pustaka

Syaiful Bahri Djamarah, Aswan Zain, 1996 Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta,

Tirtaraharja, Umar dan La Sula 1999. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta,

Undang-undang Nomor 20 tahun 2013, Sistem Pendidikan Nasional. Pasal 1, ayat (1)

UU Sisdiknas No. 20 Tahun 2003, (Bandung: Fokus Media, 2006)

Webster, Noah. 1980Webster New Twententh Centery Dicteonery, Unabridge: Willian Collins Publisher,

Widoyoko Putro Eko Widoyoko, 2011 Evaluasi Program Pembelajaran, Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Wina Sanjaya, 2006 Strategi Pembelajaran, Jakarta: Kencana

Wina Sanjaya, 2009 Kurikulum dan Pembelajaran, Teori dan Praktek Pengembangan Krikulum Tingkat satuan Pendidikan (KTSP),Jakarta: Kencana Prenada,

Zaini,Herman Jurnal Karakteristik Kurikulum 2013 dan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (Ktsp) Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Fatah, Vol. 1, No. 1, Juni,15-31.

Zakiyah Daradjad, 2006 Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta : PT Bumi Aksara




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/btu.v4i2.2685

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by :

   Garuda

 

free web stats al-bahtsu Visitors