PENDIDIKAN MUHAMMADIYAH ANTARA CITA DAN FAKTA DI SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH I KOTA BENGKULU

lety febriana

Abstract


Penelitian ini dilatar balakangi adanya pendapat bahwa Pendidikan merupakan proses dan tata laku seseorang atau sekelompok orang dalam usaha mendewasakan melalui pengajaran. Pendidikan Muhammadiyah juga dilibatkan dalam mempersiapkan generasi baru untuk hidup dimasa yang akan datang yang sesuai menurut ajaran agama Islam. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keselarasan antara fakta Pendidikan Muhammadiyah di Sekolah Dasar Muhammadiyah I Kota Bengkulu.

Kemudian dari tinjauan pustaka dijelaskan juga tentang Pendidikan Muhammadiyah berlandaskan kepada Al-Qur’an surat Al-imran ayat 104 yang menjelaskan bahwa golongan yang mengajak pada kebaikan dan mencegah dari kemungkaran. K.H.Ahmad Dahlan berpedoman kepada ayat diatas sehingga Muhammadiyah digerakkan dan berkembang sampai saat ini, sekarang ini Pendidikan Muhmmadiyah semakin terpuruk dan tertinggal dari Pendidikan swasta lainnya.

Metode Penelitian ini adalah Deskriptif Kualitatif, yaitu jenis penelitian yang menggambarkan suatu keadaan atau fenomena-fenomena tentang Pendidikan Muhammadiyah antara cita dan fakta di SD M I Kota Bengkulu. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa Di SD M I sudah diterapkan masalah ibadah sebatas shalat lima waktu. Ini tentunya masih sangat dangkal sekali untuk mencapai cita-cita Muhammadiyah dan pemahaman siswa dalam hal ini masih jauh untuk dikerjakan tanpa paksaan, metodenya berupa meteri dan langsung praktek dalam shalat lima waktu.

Sebagai subjek penelitian ini adalah kepala sekolah serta guru kemuhammadiyahan. Kesimpulan penelitian ini adalah fakta mengatakan bahwa keserasian antara fakta dan cita-cita Muhammadiyah belum ditemukan di SD M I dalam artian bahwa pendidikan Muhammadiyah di SD ini sangat tertinggal baik dari segi siswa, guru dan kepemimpinannya masih memerlukan bimbingan dan perhatian dari organisasi Muhammadiyah.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.29300/btu.v5i1.2923

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by :

   Garuda

 

free web stats al-bahtsu Visitors