MANAJEMEN PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN FIQH MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 MANNA KABUPATEN BENGKULU SELATAN

Gustini Gustini

Abstract


Abstract: The results showed that: 1) Planning learning Fiqh in MTsN 1 Manna South Bengkulu consists of: The annual program, the semester program, Syllabus and Learning Implementation Plan (RPP). 2) Implementation of the learning Fiqh in MTsN 1 Manna South Bengkulu consists of initial activities, core activities, and closing activity. The method used is lectures, question and answer, discussion, assignments, modeling, and habituation. The medium used is a whiteboard, markers and pieces of paper. Source of learning comes from the book Fiqh packages class VIII. 3) Evaluation of learning Fiqh in MTsN 1 Manna South Bengkulu include cognitive aspects which consisted of daily tests, midterm replay, replay the end of the semester, and replicates grade. Rate affective aspects done by observing the behavior of students in class directly. Psychomotor assessment done by providing practical assignments.

Keywords


Management Planning, Implementation, Evaluation

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Islam Sebagai Paradigma Ilmu Pendidikan, Kota Bengkulu: Aditya Media. 2004.

Ahmadi, Khoiru dkk, Strategi Pembelajaran Sekolah Terpadu, Jakarta: Prestasi Pustakaraya, 2011.

Ahmad Widodo¸fungsi dan tujuan-pendidikan agama Islam, html /diakses pukul 17.00 tanggal 01 januari 2014.

Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Prakyek, Jakarta: Rineka Cipta, 2002.

Budinigsih, Asri, Belajar dan pembelajaran, Yogyakarta: Rineka Cipta, 2004.

Derektorat Jenderal Pembinaan Kelembagaan Islam, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: 1983.

Departemen Pendidikan Nasional, Undang-Undang

Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang

Sistem Pendidikan Nasional, 2003.

Fattah, Nanang, Landasan Manajemen Pemndidikan,

Bandung: Rodakarya Offset, 2007

Ganjar Eka Subakti, Implementasi fiqih di SD Islam Terpadu, 28 Jurnal tarbawi, ...............

diakses Kamis, 13 Maret 2014, jam 21.00.

Hadiyanto, Mencari Sosok Desentralisasi Manajemen Pendidikan Di Indonesia, Jakarta: Rineka Cipta, 2004.

Ismanita,Sekolah-Islam-Terpadu-Sebagai-Penerapan-dari/ diakses pukul 4.00 tanggal 12 Maret 2014.

Langgulung, Hasan, Asas-Asas Pendidikan Islam, Jakarta: Radar Jaya Offset, 1998.

Kartono, Kartini, Tinjauan Politik Mengenai Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Pradnya Paramita, 1997.

Majid, Abdul, Perencanaan Pembelajaran, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2007.

Majid, Abdul, Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004.

Mahzum Ahmad, Pengelolaan Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences MTs , Surakarta: Cipta Satya, 2010.

Ma’mur Jamal Asmani, Manajemen Pengelolaan Dan Kepemimpinan Profesional, Jogjakarta: Diva Press, 2009.

Ma’mur Jamal Asmani, Tips Supervisi Pendidikan

Sekolah, jogjakarta: Diva Press, 2012.

Maimun, Agus dkk, Madrasah Unggulan Lembaga Pendidikan Alternatif Di Era Kompetitif, Malang: UIN Maliki Press, 2010.

Mils dan Huberman, Analisis Data Kualitatif, Jakarta: UI Press, 1984

Muthe, Barmawi , Desain Pembelajaran, Yogyakarta:

Pustaka Insan Madani, 2009.

Muhaimin dkk, Pemikiran Pendidikan Islam, Bandung: Tri Ganda karya,1993.

Muhaimin, Paradigma Pendidikan Islam: Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2001.

Mulyasa, Kurikulum Berbasis Kompetensi, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2002.

Moh Nasir, Metode Penelitian,Yogyakarta: Galalia

Indonesia, 1999.

Moh yamin, Manajemen Mutu Kurikulum Pendidikan,Jogjakarta: Diva Press, 2010.

Moleong J Lexy, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004.

Nashar, Peranan Motivasi dan Kemampuan awal dalam Kegiatan Pembelajaran, Jakarta: Delia Pres, 2004, 49.

Umi Farida.blogspot.com, Manajemen Pembelajaran Pendidika Agama. html. Selasa pukul 10.00 tanggal 15 April 2014.

Pidarta, Made, Manajemen Pendidikan Indonesia, Jakarta: Melton Putra, 1988.

R. Ibrahim, Nana Syaodih, Perencanaan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta, 1995

Saroni, Muhammad, Manajemen Sekolah, Jogjakarta:

Arr-Ruzz, 2006.

Syamsuddin Abin Makmun, Perencanaan Pendidikan Suatu Pendekatan Komprehensif, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006.

Thoha, Chabib dkk, Metodologi Pembelajaran Agama,Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2004.

Putra Haidar Daulay, Dinamika Pendidikan Islam Di Asia Tenggara,Jakarta, AMTsN 1 Mahasatya, 2009.

Purwanto, Ngalim, Administrasi dan Supervise Pendidikan, Bandung, Ramajda Karya, 1988.

James A.F Stoner dkk, Manajemen., PT Buana Ilmu Populer, 1996, 7.

Reksohadiprodjo, Sukamto, Dasar-Dasar Manajemen, Yogyakarta: BPFE, 1996.

Rusman, Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme guru, Bandung: Rajawali Pers, 2011.

Rusman, Model-Model Pembelajaran, Jakarta: Rajagrafindo Persada, 2011.

Rusmono, Strategi Pembelajaran Dengan Problem Based Learning, Bogor: Ghalia Indonesia, 2012.

Sulistyorini, Manajemen Pendidikan Islam (konsep, strategi dan aplikasi), Yogyakarta: Sukses Offset, 2009.

Terry,G.R, Principles Of Management,United State Of Amerika: 1977.

Tilaar, Membenahi Pendidikan Nasional, Jakarta: Rineka Cipta, 2001.

Tilaar, Manajemen Pendidikan Nasional, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2001.

Usman, Husaini, Manajemen Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 2006.

Veithzal Rivai dan Sylviana Murni, Education Management Analisis Teori dan Praktik,Jakarta: Raja wali Pers,2008.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/btu.v2i1.310

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by :

   Garuda

 

free web stats al-bahtsu Visitors