PENERAPAN MODEL GNT GUIDE NOTE TAKING (GNT) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWAGANEGARAAN DI MIN TALANG EMPAT KABUPATEN BENGKULU TENGAH

Desy Aprianti

Abstract


Abstract: The results of this study concluded that after the teacher using the model application of the GNT, the learning outcomes of students of class V MIN Talang Four Central Bengkulu Regency, increased well, it can be seen from the test prior knowledge, the first cycle, the second cycle, with the average value of the test capability initial = 54.66, cycle I = 59.5, the second cycle = 78, while the percentage ketuntasannya initial capability test is = 30%, the first cycle that = 43.33%, the second cycle = 90%. Thus GNT models can improve student learning achievement SKI discussion events recognize the end of life of the Prophet, the students MIN Talang Four Central Bengkulu district, this is because students are directly involved in learning activities. During this time students only listen but with a model GNT students can more quickly understand what is described by the teacher. And the things that they consider the abstract into the concrete with their method of GNT.

Keywords


Note Taking Guide, Cultural History of Islam

Full Text:

PDF

References


Ahmad Tafsir, Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam, (Bandung: Remaja Rosda Karya, 2001)

Aqib, dkk, Penelitian Tindakan Kelas, (Bandung: Alfabeta, 2009)

Baharuddin, Faktor yang Mempengaruhi Belajar, (Bandung: Usaha Nasional, 2005)

Depag RI, Sistem Pendidkan Nasiolan UU guru dan Dosen, (Jakrat, Binbaga Islam, 2006)

Depdikbud, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jaarta: Balai Pustaka, 2006)

Dimyati dan Mudjiono, Belajar dan Pembelajaran, ( Jakarta: Renika Cipta 2009)

E. Mulyasa, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan; Sebuah PanduanPraktis, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2009)

Haryono, Mempelajari Sejarah Secar Efektif, (Jakarta: PT Dunia Pustaka Jaya, 2005)

Hamalik, Proses Belajar Mengajar, (Jakarta, Bumi Akasara 2008)

Hasan, Chalijah, Dimensi-dimensi Psikologi Pendidikan,(Surabaya, Al-ikhlash,2003)

Heri Gunawan, Kurikulum dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, (Bandung, Al-Fabeta, 2012)

(http://hanifa93.wordpress.com/2012/02/03/ menumbuhkan-motivasi-belajar-dalam-diri-anak/ diakses tanggal, 25 Juni 2012

Jumantoro, Totok, Psikologi dakwah dengan aspek-aspek kejiwaan yang qur’ani, (Jakarta: Amzah, 2001)

Joko Subagyo, Peneliian Tindakan Kelas, (Jakarta: Bumi Aksara, 2004)

Jamarah Saiful bahri, Guru dan anak didik dalam interaksi edukatif, Jakarta, Rineka Cipta, 2006)

Joko Tri Prasetyo, Ilmu budaya Dasar, (Jakarta: Renika cipta, 2011)

Kuntowijoyo, PengantarIlmu Sejarah, (Yogyakarta: Yayasan Bintang Budaya, 1995)

Kunandar, Tindakan Kelas, (Jakarta: Bumi Aksara, 2012)

Moleong, Metodologi Penelitian Kulitatif G dan R, (Bandung, Usaha nasional, 2010)

Mansur Muslich, KTSP, Dasar Pemahaman dan Pengembangan, (Jakarta: Bumi Aksara, 2007)

Mutaqien Zainal, Kelebihan dan Kelemahan Guided Note Taking, (Jakarta: Prenada Media, 2009)

Nurgiyantoro, Penelitian Tindakan Kelas, (Jakarta: Bumi Aksar, 2001)

Nana Sudjana, Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar, (Bandung: Algesindo, 2003)

Nata, Abudin, Kapita Selekta Pendidikan Islam, (Jakarta: Bumi Aksara, 2012)

Nur Kholil Hazim, Kamus Bahasa Arab, (Surabaya, Terbit terang, 2013)

Omar Hamalik, Kurikulum dan Pembelajaran, (Jakarata:Bumi Aksara, 2004)

Oemar Hamalik, Proses Belajar Mengajar, (Jakarta: Bumi Akasara, 2005)

Poerwanto, Psikologi Pendidikan, (Bandung: Rosda karya, 2000)

Pelatihan kelompok kerja guru (KKG), Diknas: Benteng, 2012)

Pelatihan kelompok kerja guru (KKG), Diknas: Benteng, 2012)

Rofik, Standar Isi Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan IslamMadrasah Tsanawiyah Dan Aliyah Berdasarkan Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia No 2 Tahun 2008, hand out mata kuliyah SKI dan pembelajaran

Slameto, Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya, Jakarta, Rineka Cipta 2003)

Suryabrata Suryabrata, Proses Belajar mengajar, (Jakarta: Renika Cipta, 2003)

Shaleh, Abdurrahman dan Muhbib Abdul Wahab, Psikologi Suatu Pengantar, (Jakarta, Prenada media, 2004)

Sanjaya,Kurikulum dan Pembelajaran,(Jakarta, Prenada Media group, 2006)

Silberman Melvin L, Ative learning: 101 Cara Belajar Aktif,(Bandung: Nusamedia,, 2009)

Sardiman, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, (Jakarta,, Raja Grafindo, 2010)

Suprijono, Hambatan-hambatan Guide Note Taking, (Bandung: Usaha Nasional, 2009)

Winataputra, Psikologi Belajar, (Bandung: Usaha nasional, 2007) Zaini, Hisyam, Strategi Pembeajaran Aktif di Perguruan Tinggi, (Yogyakarta: CTSD IAIN Suna Ampel, 2002)




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/btu.v2i1.327

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by :

   Garuda

 

free web stats al-bahtsu Visitors