MODEL PEMBELAJARAN PARENTING UNTUK MENINGKATKAN KECAKAPAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK DI PAUD

Sistri Darti

Abstract


Konsep model pengembangan pembelajaran parenting berupa stimulus yang diberikan oleh pendidik terhadap anak memiliki andil yang tidak sedikit dalam mengoptimalkan perkembangan anak khususnya perkembangan sosial emosional anak. pola asuh dan perilaku yang ditampilkan oleh pendidik PAUD yang selaras dengan pola asuh orangtua akan sangat menentukan keberhasilan pendidikan anak secara menyeluruh.Pengembangan model pembelajaran parenting untuk meningkatkan sosial emosional anak di PAUD dapat dilakukan dan di mulai di lingkungan keluarga dengan mengacu pada pola asuh orangtua, sikap serta situasi dan kondisi yang sedang melingkupi orangtua dapat mempengaruhi tumbuh kembang anak. Pengembangan pembelajaran parenting yang dilakukan di PAUD Nabillah dapat dapat ditingkatkan dengan memberikan berbagai informasi yang berhubungan dengan stimulus edukatif bagi anak dilingkungan rumah. Selain itu dapat juga dilakukan pembiasaan kegiatan rutin yang sudah dilaksanakan berkaitan dengan pembelajaran kecakapan sosial emosional anak, misalnya membantu ataupun kerjasama dalam membereskan mainan, menunggu giliran, berbagi mainan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan tentang pengembangan model pembelajaran parenting maka dapat disimpulkan bahwa: Dalam persepektif ilmu pendidikan, keluarga merupakan lingkungan pendidikan yang pertama dan utama. Jadi dapatlah dikatakan lingkungan keluarga memainkan peranan utama dalam menentukan perkembangan anak, dan dilingkungan keluarga inilah anak mula-mula menerima pendidikan. 

Keyword: Model Pendidikan Anak Usia Dini


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003, hlm. 60-61.

Maria Montessori, Metode Montessori,PanduanWajib untuk Guru dan Orangtua. (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2015) hlm. 21

Masnipal. Siap menjadi Guru dan Pengelola PAUD Profesional. ( Jakarta. Elex Media Kompotindo, 2013) hlm. 43

Peraturan Pemerintah. Tentang Pengelolaan Dan Penyelenggaraan Pendidikan (No 27 tahun 1990). Diubah dengan PP nomor 66 tahun 2010.

Undang-Undang, Sistem Pendidikan Nasional (SISDIKNAS) (No 20 Tahun 2003) hlm.60

Syaiful Bahri Djamarah. Pola Komunikasi Orangtua dan Anak dalam Keluarga.(Jakarta, Renika Cipta, 2004) hlm. 4

Syaiful Bahri Djamarah. Pola Komunikasi Orangtua dan Anak dalam Keluarga. hlm. 22.

Masnipal. Siap Menjadi Guru dan Pengelola PAUD Profesional (Jakarta: Elex Media Komputindo,2013) hlm. 47-49.

Nur Ainy Fardana. Pengembangan Model Parental Involvement Sebagai Strategi Stimulasi Kemampuan Literasi Anak Usia Dini 4-6 Tahun Gersik. Jurnal Insan UNAIR Vol. 14 No. 03 2012 hlm. 191

Novan Ardi Wiyani. Konsep Dasar Paud, (Yogyakata, Gava Media,2016) hlm. 13

Novan Ardi Wiyani. Konsep Dasar PAUD. hlm. 14

Tati Yarti. Kepala PAUD NabilaWawancara. 14 Januari 2019

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan(Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D) (Bandung: Alfabeta 2009) h..307




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/btu.v5i1.3274

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by :

   Garuda

 

free web stats al-bahtsu Visitors