PENGEMBANGAN KARTU BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK USIA DINI DENGAN MENGGUNAKAN METODE BERCAKAP-CAKAP PADA RA AR-RAHMAN KABUPATEN MUKOMUKO

Indra Juwita Arja

Abstract


Bagaimana pengembangan kartu bergambar untuk  kemampuan berbicara anak usia dini pada RA Ar-Rahman Kabupaten Mukomuko. Kedua, bagaimana hasil pengembangan metode bercakap-cakap menggunakan media gambar dalam meningkatkan kemampuan berbicara anak

pertama, mengetahui pengembangan metode bercakap-cakap menggunakan media gambar untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak usia dini pada RA Ar-Rahman kabupaten Mukomuko. Kedua, mengetahui bagaimana hasil pengembangan metode bercakap-cakap menggunakan media gambar untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak usia dini pada RA Ar-Rahman kabupaten Mukomuko. Jenis penelitian ini yaitu penelitian ini adalah model (R&D). Hasil penelitian disimpulkan pertamapengembangan kartu bergambar untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak usia dini pada RA Ar-Rahman Kabupaten Mukomuko yang dilaksanakan oleh peneliti adalah penelitian dengan menggunakan metode Research and Development (RnD). Tahapan-tahapan yang harus dilaksanakan dalam metode ini adalah observasi lapangan secara langsung untuk menemukan potensi masalah yang nantinya akan diteliti. Kemudian mengumpulkan informasi serta data-data yang mendukung mengenai masalah yang akan diteliti dalam hal digunakan dalam proses pembelajaran di kelas. Setelah peneliti menemukan kekurangan yakni karena anak belum paham betul perbedaan ada medianya, kemudian dari berbagai pertimbangan pada analisis kebutuhan peneliti mulai menyusun desain produk Bahan Ajar media gambar. Tahapan dalam mendesain produk bahan ajar media gambar ini yaitu, membuat peta kompetensi dan peta materi, membuat garis-garis besar isi media, hingga menghasilkan sebuah produk Bahan Ajar media gambar. Kedua, hasil pengembangan metode bercakap-cakap menggunakan media gambar untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak usia dini pada RA Ar-Rahman kabupaten Mukomuko. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan kemampuan berbicara anak dari prtemuan pertema, kedua dan ketiga setelah dilakukan pembelajaran dengan menggunakan kartu bergambar sebagai media pembelajaran dan metode bercakap-cakap sebagai caran menyampaikannya

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Anggani sudono, Sumber Belajar Dan Alat Permainan, (Jakarta: Granmedia, 2009).

Anita Yus, Model Pendidikan Anak Usia Dini (Jakarta: 2009).

Burhan Nurgianto, https://eprints.uny.ac.id

Nelva Rolina, Media dan Sumber Belajar dalam Buku 2: Pendidikan Guru Taman kanak-Kanak (Yogyakarta: Kementerian Pendidikan Nasional, 2010).

Isjoni, Model pembelajaran Anak Usia Dini(Bandung: Alfabeta, 2017)

Moeslichatoen, Metode Pengajaran di Taman Kanak-Kanak (Jakarta: PT Rineka Cipta, 2004)

Rosmiyati, http://repository.radenintan.ac.id

Santyasa W, Metode Penelitian Pengembangan dan Teori pengembangan Modul, 2009, Universitas pendidikan Ghanesa

Sugiyono, MetodePenelitianKuantitatif, kualitatif, dan R&D (Bandung: Alfabeta, 2018), h 298.

Tarigan, Henry Guntur, Berbicara Sebagai Suatu keterampilan Berbahasa (Bandung: Angkasa, 2015)

UIN Sunan Kalijaga, http://digilib.uin-suka.ac.id

Yusuf Syamsu, Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2011).




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/btu.v5i1.3346

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by :

   Garuda

 

free web stats al-bahtsu Visitors