Efektivitas Penerapan Metode Mau’izhah Dalam Meningkatkan Karakter Disiplin Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Pai) Di Smp Pancasila Kota Bengkulu

Dori Setiawan

Abstract


Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui efektivitasmetode Mau’izhah digunakan untuk meningkatkan disiplin siswa belajar siswa di SMP Pancasila Kota Bengkulu. penelitian menggunakan pendekatan penelitian kombinasi (Mixed Methods) dengan jenis sequential explanatory design, populasinya sebanyak 35siswa dan guru. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara dan dokumentasi. Setelah dianalisis dengan analisis kuantitatif regresi linear sederhana hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode mau’izhah berjalan efektif dalam meningkatkan karakter disiplin siswa di SMP Pancasila Kota Bengkulu nilai t parsial adalah 2,975 dengan signifikansi 5% > dari ttabel 2,042. metode Mau’izhah digunakan untuk meningkatkan disiplin siswa belajar siswa di SMP Pancasila Kota Bengkulumemberikan kontribusi sebesar 21,10%, dan hasil analisis data kualitatif bahwa metode mau’izhah ini sudah dikatakan efektif untuk meningkatkan disiplin belajar siswa, hal ini dilihat dari hasil penerapan metode yang dilakukan guru dalam proses pembelajaran dan luar jam pelajaran yang direspon dengan baik oleh siswa, hasil dari respon tersebut banyak sekali perubahan yang terjadi kepada siswa seperti siswa yang tadinya sering terlambat masuk sudah mulai berangsur-angsur berubah, siswa yang tadinya sering ribut didalam kelas kini sudah mulai tertib dalam melakukan pembelajaran, dan sikap siswa terhadap guru pun sudah mulai mencerminkan siswa yang baik dan bahkan minat siswa dalam belajar pun sudah semakin meningkat.

 

Kata Kunci: Efektivitas metode mau’izhah, karakter disiplin siswa.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.29300/btu.v6i1.4025

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by :

   Garuda

 

free web stats al-bahtsu Visitors