PENGARUH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERWAWASAN MULTIKULTURAL TERHADAP SIKAP KEBERAGAMAAN SISWA DI SMP NEGERI 02 MAJE KABUPATEN KAUR
Abstract
Kendala utama pendidikan multikultural terletak pada praktik pendidikan agama yang cenderung induktrinatif dan berkutat pada pembelajaran ilmu agama, tidak pernah memperhatikan ada hal-hal yang seharusnya sesuatu yang sangat pokok akan tetapi tertinggalkan dalam pelaksanaannya pendidikan agama, yang berdampak pada kemerosotan nilai-nilai bangsa Indonesia di zaman sekarang dan akan datang.Rumusan masalah dalam penelitian ini meliputi (1) bagaimana pelaksanaan PAI berwawasan multikultural? (2) bagaimanakah sikap keberagamaan siswa?, dan (3) bagaimanakah pengaruh implemanasi PAI berwawasan multicultural terhadap sikap keberagamaan siswa di SMP Negeri 02 Maje Kabupaten Kaur?. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian korelasional dan dirancang dengan rancangan kuantitatif.Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa sebanyak 136 orang yang terdiri dari kelas VII dan VIII.pengambilan sampel penelitian menggunakan cara random sampling 25% dari populasi ssehingga sampel yang digunakan sebanyak 35 orang. Untuk mendapatkan hasil dilakukan pengujian menggunakan rumus product moment corelatino
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1. Tingkat implimentasi Pendidikan Agama Islam. Berwawasan Multikultural di SMP Negeri 02 Maje Kabupatan kaur menunjukkan tinggi sebesar 47% hal ini dapat dijelaskan berdasarkan rata-rata skor jawaban variable jawaban pendidikan agama islam berbasis multikultural sebesar 110,8792. Sikap keberagamaan siswa mayoritas inklusif ini dibuktikan dengan besarnya presentae hasil penelitian yaitu 47 %, 3.Terdapat pengaruh sebesar 78% antara Pendidikan Agama Islam berwawasan multikultural terhadap sikap keberagamaan siswa di SMP Negeri 02 Maje Kabupaten Kaur
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur suatu penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta : Rineka Cipta.
-------------------------- 2009. Manajemen Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta
Bafadal, Ibrahim. 2006. Manajemen Peningkatan Mutu Sekolah Dasar. Jakarta : PT Bumi Akasra. Brantas. 2009. Dasar-Dasar Manajemen. Bandung : Alfabeta.
Choeri, Samsul. 2013. “Manajemen Pesantren Di Pondok Pesantren Pancasila Dusun Klumpit Rt 01/08 Kelurahan Blotongan Kecamatan Sidorejo Kota Salatiga” . Skripsi :Program Studi Pendidikan Agama , STAIN Salatiga.
Danim, Sudarman. 2008. Visi Baru Manajemen Sekolah Dari Birokrasi ke Lembaga Akademik,Jakarta : Bumi Aksara.
Hamdani, M. Yusuf. 2009. Manajemen Pendidikan Pondok Pesantren,Tesis. Yogyakarta: Program Pasca Sarjana Universitas Islam Sunan Kalijaga.
Hamalik, Oemar. 2008. Manajemen Pengembangan Kurikulum Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Hartono. 2013. SPSS 16.0 Analisis Data Statistika dan Penelitian. Pekan Baru : Pustaka Pelajar. Kasiram, Moh. 2008. Metodologi Penelitian Kualitatif-Kuantitatif, Malang : UIN Malang Press. Kementrian Agama RI. 2011 Pengembangan Kultur Kepesantrenan, Jakarta : Kementrian Agama
RI.
Langgulung, Hasan, 2004. Manusia Pendidikan : Suatu analisis Psikologi, Filsafat dan Pendidikan, Jakarta : PT. Pustaka Al Husna Baru
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/btu.v1i1.469
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by :