PENGARUH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERWAWASAN MULTIKULTURAL TERHADAP SIKAP KEBERAGAMAAN SISWA DI SMP NEGERI 02 MAJE KABUPATEN KAUR

Darneli Hartati

Abstract


Kendala utama pendidikan multikultural terletak pada praktik pendidikan agama    yang   cenderung induktrinatif dan berkutat pada pembelajaran ilmu agama,  tidak  pernah  memperhatikan ada hal-hal yang     seharusnya  sesuatu  yang  sangat  pokok  akan  tetapi  tertinggalkan  dalam  pelaksanaannya pendidikan agama, yang berdampak pada kemerosotan nilai-nilai bangsa Indonesia di zaman sekarang dan akan datang.Rumusan masalah dalam penelitian ini  meliputi (1)  bagaimana pelaksanaan PAI berwawasan multikultural? (2)  bagaimanakah sikap  keberagamaan siswa?,  dan  (3)  bagaimanakah pengaruh implemanasi PAI berwawasan multicultural terhadap sikap keberagamaan siswa di SMP Negeri 02 Maje Kabupaten Kaur?. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian korelasional dan dirancang dengan rancangan kuantitatif.Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa sebanyak 136 orang yang terdiri dari kelas VII dan VIII.pengambilan sampel penelitian menggunakan cara random sampling 25% dari populasi ssehingga sampel yang digunakan sebanyak 35 orang. Untuk mendapatkan hasil dilakukan pengujian menggunakan rumus product moment corelatino


Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa  :  1.  Tingkat  implimentasi  Pendidikan  Agama  Islam. Berwawasan Multikultural di SMP Negeri 02 Maje Kabupatan kaur menunjukkan tinggi sebesar 47% hal ini dapat dijelaskan berdasarkan rata-rata skor jawaban variable jawaban pendidikan agama islam berbasis multikultural sebesar 110,8792. Sikap keberagamaan siswa mayoritas inklusif ini dibuktikan dengan besarnya presentae hasil penelitian yaitu 47 %, 3.Terdapat pengaruh sebesar 78% antara Pendidikan Agama Islam berwawasan multikultural terhadap sikap keberagamaan siswa di SMP Negeri 02 Maje Kabupaten Kaur



Keywords


PAI Berwawasan Multikultural; Sikap Keberagamaan; SMP Negeri 02; Maje Kabupaten Kaur

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur suatu penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

-------------------------- 2009. Manajemen Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta

Bafadal, Ibrahim. 2006. Manajemen Peningkatan Mutu Sekolah Dasar. Jakarta : PT Bumi Akasra. Brantas. 2009. Dasar-Dasar Manajemen. Bandung : Alfabeta.

Choeri, Samsul. 2013. “Manajemen Pesantren Di Pondok Pesantren Pancasila Dusun Klumpit Rt 01/08 Kelurahan Blotongan Kecamatan Sidorejo Kota Salatiga” . Skripsi :Program Studi Pendidikan Agama , STAIN Salatiga.

Danim, Sudarman. 2008. Visi Baru Manajemen Sekolah Dari Birokrasi ke Lembaga Akademik,Jakarta : Bumi Aksara.

Hamdani, M. Yusuf. 2009. Manajemen Pendidikan Pondok Pesantren,Tesis. Yogyakarta: Program Pasca Sarjana Universitas Islam Sunan Kalijaga.

Hamalik, Oemar. 2008. Manajemen Pengembangan Kurikulum Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Hartono. 2013. SPSS 16.0 Analisis Data Statistika dan Penelitian. Pekan Baru : Pustaka Pelajar. Kasiram, Moh. 2008. Metodologi Penelitian Kualitatif-Kuantitatif, Malang : UIN Malang Press. Kementrian Agama RI. 2011 Pengembangan Kultur Kepesantrenan, Jakarta : Kementrian Agama

RI.

Langgulung, Hasan, 2004. Manusia Pendidikan : Suatu analisis Psikologi, Filsafat dan Pendidikan, Jakarta : PT. Pustaka Al Husna Baru




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/btu.v1i1.469

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by :

   Garuda

 

free web stats al-bahtsu Visitors