KONSEPTUAL KARAKTER PENDIDIK PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

Husnul Bahri

Abstract


Pendidik atau guru pada lembaga pendidikan anak usia dini (PAUD) mempunyai peran yang sangat penting dalam menjalankan tugasnya pada proses pembelajaran, pendidikan dan pengasuhan, serta perlindungan terhadap anak didik usia dini.Hal tersebut akan menjadikan para pendidik atau guru pendidikan anak usia dini dituntut bekerja ekstra bila di peribandingkan dengan pendidik atau guru pada tingkatan sekolah dasar ataupun sekolah lanjutan lainnya. Para pendidika atau guru pendidikan anak usia dini ini harus menunjukkan sikap positif terhadap anak didiknya yang masih pada tataran usia dini. Karenanya menjadi suatu kewajiban untuk dapat memiliki karakter yang relevan dan dapat menopang tugasnya berinteraksi dengan baik terhadap anak didiknya sebagai peserta pembelajaran pada lembaga pendidikan anak usia dini, dapat beriteraksi dengan rekan sekerjanya, dengan mitra kerjanya yaitu orang tua anak didik serta masyarakat lingkungan sekitarnya sebagai pendukung proses pembelajaran.Sehingga diharapkan bahwa  pendidik atau guru pendidikan anak usia dini memiliki kualitas demi mencetak generasi pelaku kebangsaan yang memiliki kecerdasan baik secara kognitif, afektif, dan psikomotor.

 

Kata Kunci : Konseptual, Karakter, Pendidikan


Keywords


Konseptual;Karakter;Pendidikan

Full Text:

PDF

References


Diaz, Carlos F. et al. Touch The Future Teach!.USA : Pearson Education, 2006

Gea, Antonius Atosokhi, Antonina Panca Yuni Wulandari, Yohanes Babari. Relasi dengan Diri Sendiri.Jakarta : Elex Media Komputindo, 2002.

Idris, H. Zahara & H. Lisma Jamal.Pengantar Pendidikan 1. Jakarta :Grasindo, 1992

Mansur, Pendidikan Anak Usia DIni dalam Islam, Yogyakarta, Pustaka Pelajar., 2005

Megawangi, Ratna. 2007. Pendidikan Yang Patut dan Menyenangkan, (Jakarta : Indonesia Heritage Foundation)

Pusat Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta Balai Pustaka, 1998

Ronnie M., Dani. Seni Mengajar dengan Hati.Jakarta : Elex Media Komputindo, 2005

Tim Penyusun Naskah PLPG PGSD FIP UNJ.Modul Pendidikan danLatihan Profesi Guru Sekolah Dasar.Jakarta : Universitas NegeriJakarta, 2011.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/alfitrah.v2i1.1512

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Al-Fitrah



Indexing by :

     

_______________________________________________

Creative Commons License

Al Fitrah: Journal Of Early Childhood Islamic Education ini diterbitkan oleh IAIN Bengkulu dan Disebarluaskan dengan perijinan dibawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License..

_______________________________________________

Al Fitrah: Journal Of Early Childhood Islamic Education

P-ISSN : 2599-2287

E-ISSN : 2622-335X

Institut Agama Islam Negeri Bengkulu
Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211
Bengkulu, Sumatra Indonesia

Tel / fax : (0736) 51276 / 0736) 51171, 51172

Email : alfitrah@iainbengkulu.ac.id

http://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/alfitrah