BAGAIMANA MANAJEMEN KURIKULUM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI RA AL-HAQ PEMATANG GUBERNUR KOTA BENGKULU

sarinah sarinah, Dini Febrini, Ahmad Syarifin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perencanaan, pelaksanaan, pengorganisasian, pengawasan, dan evaluasi kurikulum pendiikan anak usia dini dan mengetahui masalah apa saja yang dihadapi dalam perencanaan, pelaksanaan, pengorganisasian, pengawasan, dan evaluasi kurikulum pendidikan anak usia dini. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif guna memperoleh informasi-informasi terkait manajemen kurikulum. Subjek dalam penelitian ini yaitu yayasan, kepala sekolah, tata usaha, dan guru. Teknik pengumpulan data yaitu dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Manajemen kurikulum adalah seperangkat rencana dan pembelajaran yang mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman kegiatan pembelajaran.kurikulum disusun untuk mewujudkan tujuan pendidikan yang harus dicapai serta pengalaman belajar yang harus didaptakan oleh peserta didik. Kurikulum yang diterapkan di RA AL-HAQ yaitu kurikulum 2013, dimana pendidikan dalam mengelola kurikulum 2013 dengan memprioritaskan kebutuhan dan ketercapaian sasaran dalam visi misi dan tujuan serta kebijakan nasional yang telah ditetapkan. Manajemen kurikulum di RA AL-HAQ meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengorganisasian, pengawasan, dan evaluasi kurikulum yang bertujuan agar seluruh kegiatan pembelajaran dapat terlaksana dengan baik dan mencapai tujuan yang diharapkan. Sehebat apapun guru dalam menguasai ilmu, jika tidak didukung oleh sarana prasarana yang memadai maka hasil yang diharapkan tidak tercapai dengan maksimum, maka dari itu hal ini sangat menunjang tercapainya tujuan yang telah ditetapkan dalam kurikulum.

Kata Kunci: Manajemen, Kurikulum, Pendidikan Anak Usia Dini


Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Abu dan Nur Uhbiyati. 2001. Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Aini, ‘Nur. 2013. “Urgensi Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Mempersiapkan Ke Jenjang Pendidikan Dasar (Studi Kasus Pada Kelompok Bermain: Kelas Matahari PAUD Griya Nanda UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta). (Skripsi, Fakultas Ilmu Keguruan, Uin Sunan Kalijaga).

Amrillah, M. Fikri 2013. “Efektifitas Pembelajaran PAI Melalui Media Lagu Di PAUD Lestari

Plipiran Bruno Purworejo”. (Skripsi, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Kalijaga)

Asmani, Jamal Ma’mur. 2010. Buku Pintar Playgroup. Yogyakarta: Buku Biru.

Bafadal, Ibrahim. 2004. Dasar-dasar Manajemen dan Supervisi Taman Kanak-kanak. Jakrta: PT. Bumi Aksara

Hamalik, Oemar. 2008. Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara

Hanafi, Mamduh. 2008. Manajemen. Yogyakrta: UPP-AMP YKPN.

Hapidin, dkk. 2010. Manajemen Pendidikan TK. Jakarta: Universitas Terbuka.

J. Moleong, Lexy. 2009. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Maryani. 2004. “Peranan Ibu Pada Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Perspektif Islam. (Skripsi, Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Kalijaga).

Masitoh, dkk. 2004. Strategi Pembelajaran TK. Banten: Universitas Terbuka.

Mansur. 2005. Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Muliawan, Jasa Unggulan. 2014. Metodelogi Penelitian Pendidikan Dengan Studi Kasus. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Mulyasa. 2009. Implementasi kurikulum tingkatan satuan pendidikan, kemandirian guru dan kepala sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Nasution. 1992. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar & Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Nasution. 2011. Metode Research (Penelitian Ilmiah). Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Noor, Juliansyah. 2011. Metodologi Penelitian: Skripsi, Tesis, Disertasi dan Karya Ilmiah. Jakarta: Prenada Media Group.

Nurani Sujiono, Yuliani. 2009. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI No. 58 Tahun 2009 Tentang Standar PAUD.

Peraturan Pemerintah No. 17 Tahun 2010 tentang pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan Pasal 61, Ayat (1).

Peraturan Pemerintah RI Nomor 32 tahun 2013 Tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sujarweni, Wiratna. 2014. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: PT. Pustaka Baru

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2017. Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suyadi. 2014. Implementasi dan Inovasi Kurikulum PAUD 2013: Proses Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences. Bandung: Rosda.

Suyadi. 2013. Konsep Dasar PAUD. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Suyadi. 2011. Manajemen PAUD TPA-KB-TK/RA. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suyadi. 2009. Psikologi Belajar PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini). Yogyakarta: Pedagogia.

Suyadi. 2014. Teori Pembelajaran Anak Usia Dini Dalam Kajian Neurosains. Bandung: PT Remaja Rosdakrya.

Trianto. 2011.. Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik Bagi Anak Usia Dini TK/RA dan Anak Usia Kelas Awal SD/MI. Jakarta: Prenada Media.

Wiyani, Novan Ardy dan Siswadi. 2018. Manajemen Program Kegiatan PAUD Berbasis Otak Kanan. Yogyakarta: Gava Media

Yusuf, Syamsu. 2014. Psikologi Perkembangan Anak & Remaja. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/alfitrah.v2i1.1515

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Al-Fitrah



Indexing by :

     

_______________________________________________

Creative Commons License

Al Fitrah: Journal Of Early Childhood Islamic Education ini diterbitkan oleh IAIN Bengkulu dan Disebarluaskan dengan perijinan dibawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License..

_______________________________________________

Al Fitrah: Journal Of Early Childhood Islamic Education

P-ISSN : 2599-2287

E-ISSN : 2622-335X

Institut Agama Islam Negeri Bengkulu
Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211
Bengkulu, Sumatra Indonesia

Tel / fax : (0736) 51276 / 0736) 51171, 51172

Email : alfitrah@iainbengkulu.ac.id

http://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/alfitrah