SUMBER BELAJAR DAN ALAT PERMAINAN UNTUK PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

Nurlaili Nurlaili

Abstract


Belajar merupakan komponen ilmu pendidikan yang berhubungan dengan tujuan dan bahan acuan interaksi, baik yang bersifat eksplisit maupun implisit (tersembunyi). Belajar dan pembelajaran dimulai dari peserta didik dari anak usia dini sampai dengan dewasa. Oleh karena itu, belajar merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi dan berperan penting dalam pembentukan pribadi dan perilaku individu, karena sebagian terbesar perkembangan individu berlangsung melalui kegiatan belajar.  Agar proses belajar dan pembelajaran anak usia dini berjalan dengan efektif dan efesien, maka diperlukan berbagai sumber belajar, alat permainan yang menarik agar proses pembelajaran disenangi oleh anak. Pendidikan anak usia dini adalah usaha yang dilakukan oleh orang dewasa kepada anak usia 0-8 tahun dengan tujuan untuk mengembangkan potensi yang ada dalam diri anak sesuai dengan pertumbuhan dan perkembangan fisik dan rohaninya. Dalam pengembangan potensi yang ada pada anak usia dini, orang tua atau pendidik harus menggunakan sumber belajar dan alat permainan edukatif  yang sesuai dengan pertumbuhan dan perkembangan anak.

Kata Kunci :Sumber Belajar, Alat Permainan, AUD

Full Text:

PDF

References


Badru Zaman, dkk. 2007Media dan Sumber Belajar TK. Jakarta: Universitas Terbuka,

Endang Komara. 2014. Belajar dan Pembelajaran Interaktif, Bandung : Refika Aditama,

Harun Rasyid, dkk. 2009Asesmen Perkembangan Anak Usia Dini, Yogyakarta : Multi Pressindo.

Hibana S. Rahman, 2005.Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini, Yogyakarta : PGTKI Press.

http://sumberbelajaraudtrisnaatika.blogspot.co.id/ diunduh pada tanggal 7 November 2017

http://ariedanarmy.blogspot.co.id/2012/01/fungsimanfaat-sumber-belajar.html, diunduh pada tanggal 10 November 2017

http://fitrianovitasari6.blogspot.co.id/2014/12/pengertian-fungsi-jenis-jenis-dan.html, diunduh pada tanggal 10 November 2017

http://vhi-an.blogspot.co.id/2012/07/sumber-belajar-dan-media-pembelajaran.html, diunduh pada tanggal 11 November 2017

https://paud-anakbermainbelajar.blogspot.co.id/2014/04/sumber-sumber-belajar-untuk-anak-paud.html, diunduh pada tanggal 11 November 2017

http://www.asikbelajar.com/2015/08/beberapa-pengertian-alat-permainan.html, diunduh pada tanggal 11 November 2017.

https://mayadikiria.wordpress.com/2011/05/22/permainan-edukatif-sebagai-media-belajar-anak-usia-dini/ di unduh pada tanggal 11 November 2017

Slamet Suyanto. 2005. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta : Depdiknas.

Sri Winarni, Lingkungan sebagai Sumber Belajar, 2012, diunduh di http://diarywiens.blogspot.co.id/2012/09/lingkungan-sebagai-sumber-belajar_11.html, pada tanggal 10 November 2017

Suryadi. 2007Cara Efektif Memahami Perilaku Anak Usia Dini. Jakarta: EDSA Mahkota Tedjasaputra,

Syamsuardi.2012. Jurnal Publikasi Pendidikan, Volume II No. 1

Syamsudin Makmun.2007.Psikologi Kependidikan: Perangkat Sistem Pengajaran Modul, Bandung : Rosdakarya

Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/alfitrah.v2i1.1518

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Al-Fitrah



Indexing by :

     

_______________________________________________

Creative Commons License

Al Fitrah: Journal Of Early Childhood Islamic Education ini diterbitkan oleh IAIN Bengkulu dan Disebarluaskan dengan perijinan dibawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License..

_______________________________________________

Al Fitrah: Journal Of Early Childhood Islamic Education

P-ISSN : 2599-2287

E-ISSN : 2622-335X

Institut Agama Islam Negeri Bengkulu
Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211
Bengkulu, Sumatra Indonesia

Tel / fax : (0736) 51276 / 0736) 51171, 51172

Email : alfitrah@iainbengkulu.ac.id

http://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/alfitrah