SUMBER BELAJAR DAN ALAT PERMAINAN UNTUK PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Abstract
Belajar merupakan komponen ilmu pendidikan yang berhubungan dengan tujuan dan bahan acuan interaksi, baik yang bersifat eksplisit maupun implisit (tersembunyi). Belajar dan pembelajaran dimulai dari peserta didik dari anak usia dini sampai dengan dewasa. Oleh karena itu, belajar merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi dan berperan penting dalam pembentukan pribadi dan perilaku individu, karena sebagian terbesar perkembangan individu berlangsung melalui kegiatan belajar. Agar proses belajar dan pembelajaran anak usia dini berjalan dengan efektif dan efesien, maka diperlukan berbagai sumber belajar, alat permainan yang menarik agar proses pembelajaran disenangi oleh anak. Pendidikan anak usia dini adalah usaha yang dilakukan oleh orang dewasa kepada anak usia 0-8 tahun dengan tujuan untuk mengembangkan potensi yang ada dalam diri anak sesuai dengan pertumbuhan dan perkembangan fisik dan rohaninya. Dalam pengembangan potensi yang ada pada anak usia dini, orang tua atau pendidik harus menggunakan sumber belajar dan alat permainan edukatif yang sesuai dengan pertumbuhan dan perkembangan anak.
Kata Kunci :Sumber Belajar, Alat Permainan, AUDFull Text:
PDFReferences
Badru Zaman, dkk. 2007Media dan Sumber Belajar TK. Jakarta: Universitas Terbuka,
Endang Komara. 2014. Belajar dan Pembelajaran Interaktif, Bandung : Refika Aditama,
Harun Rasyid, dkk. 2009Asesmen Perkembangan Anak Usia Dini, Yogyakarta : Multi Pressindo.
Hibana S. Rahman, 2005.Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini, Yogyakarta : PGTKI Press.
http://sumberbelajaraudtrisnaatika.blogspot.co.id/ diunduh pada tanggal 7 November 2017
http://ariedanarmy.blogspot.co.id/2012/01/fungsimanfaat-sumber-belajar.html, diunduh pada tanggal 10 November 2017
http://fitrianovitasari6.blogspot.co.id/2014/12/pengertian-fungsi-jenis-jenis-dan.html, diunduh pada tanggal 10 November 2017
http://vhi-an.blogspot.co.id/2012/07/sumber-belajar-dan-media-pembelajaran.html, diunduh pada tanggal 11 November 2017
https://paud-anakbermainbelajar.blogspot.co.id/2014/04/sumber-sumber-belajar-untuk-anak-paud.html, diunduh pada tanggal 11 November 2017
http://www.asikbelajar.com/2015/08/beberapa-pengertian-alat-permainan.html, diunduh pada tanggal 11 November 2017.
https://mayadikiria.wordpress.com/2011/05/22/permainan-edukatif-sebagai-media-belajar-anak-usia-dini/ di unduh pada tanggal 11 November 2017
Slamet Suyanto. 2005. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta : Depdiknas.
Sri Winarni, Lingkungan sebagai Sumber Belajar, 2012, diunduh di http://diarywiens.blogspot.co.id/2012/09/lingkungan-sebagai-sumber-belajar_11.html, pada tanggal 10 November 2017
Suryadi. 2007Cara Efektif Memahami Perilaku Anak Usia Dini. Jakarta: EDSA Mahkota Tedjasaputra,
Syamsuardi.2012. Jurnal Publikasi Pendidikan, Volume II No. 1
Syamsudin Makmun.2007.Psikologi Kependidikan: Perangkat Sistem Pengajaran Modul, Bandung : Rosdakarya
Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/alfitrah.v2i1.1518
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Al-Fitrah
_______________________________________________
Al Fitrah: Journal Of Early Childhood Islamic Education ini diterbitkan oleh IAIN Bengkulu dan Disebarluaskan dengan perijinan dibawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License..
_______________________________________________
Al Fitrah: Journal Of Early Childhood Islamic Education
P-ISSN : 2599-2287
E-ISSN : 2622-335X
Institut Agama Islam Negeri Bengkulu
Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211
Bengkulu, Sumatra Indonesia
Tel / fax : (0736) 51276 / 0736) 51171, 51172
Email : alfitrah@iainbengkulu.ac.id