PENGARUH EDUKASI GIZI SEIMBANG DENGAN PERMAINAN KARTU BERGAMBAR DAN PUZZLE TERHADAP PENGETAHUAN ANAK MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 2 KOTA BENGKULU TAHUN 2019

Afifah Nufaisah, Emy Yuliantini, Darwis Darwis

Abstract


Gizi Seimbang adalah susunan pangan sehari-hari yang mengandung zat gizi dalam jenis dan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh. Menurut Achadi, dkk (2010) anak-anak belum memahami konsep gizi seimbang, akan tetapi anak-anak masih terpaku pada empat sehat lima sempurna. Tujuan Penelitian untuk diketahui pengaruh edukasi gizi seimbang dengan permainan kartu bergambar dan permainan puzzle terhadap pengetahuan anak di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 kota Bengkulu Tahun 2019. Penelitian ini menggunakan desain Quasi Eksperiment  dengan rancangan yaitu two group pre-test post-test. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 48 anak. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan tehknik purposive sampling yang memenuhi kriteria inklusi. Sample dalam penelitian ini berjumlah 48 orang yang dibagi menjadi dua kelompok dengan pemberian edukasi menggunakan permainan kartu bergambar dan puzzle. Berdasarkan hasil uji paired samples t test menunjukkan ada perbedaan pengaruh yang bermakna antara pengetahuan sanak sebelum dan sesudah diberikan permainan kartu bergambar dan puzzle (P Value = .000). Berdasarkan hasil uji independent samples t test terdapat perbedaan pengaruh yang bermakna antara perubahan nilai pengetahuan siswa yang diberikan permainan kartu bergambar dan permainan puzzle (P Value = .002). Pada kedua permainan ini didapatkan permainan kartu bergambar lebih efektif dibandingkan permainan puzzle dengan selisih nilai rata-rata 34,84. Hal ini dikarenakan pada permainan kartu bergambar kognitif anak bertambah dengan cara membaca, mendengarkan dan melihat gambar yang ada dikartu bergambar. Sedangkan pada permainan puzzle anak hanya menyusun potongan-potongan gambar dengan secepat mungkin.

Kata Kunci : Gizi Seimbang, Pengetahuan, Edukasi, Kartu bergambar, Puzzle

Keywords


Gizi Seimban;Pengetahuan;Edukasi; Kartu bergambar;Puzzle

Full Text:

PDF

References


Achadi, Endang, Pujonarti, Siti A, Sudiarti, Tini, Rahmawati, Kusharisupeni, Mardatillah, K. Y. Putra, Wahyu. 2010. Sekolah Dasar Pintu Masuk Perbaikan Pengetahuan, Sikap, dan Perilaku Gizi Seimbang Masyarakat. Jurnal Kesehatan Masyarakat Nasional, 5, (1) : 43. Arikunto S. 1997. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara. Jakarta

Arikunto S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi VI. Penerbit PT Rineka Cipta. Jakarta.

Arsyad, Azhar. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Azwar S, 2003. Sikap manusia, Teori dan Pengukurannya. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Bulan Febry, Ayu. 2013. Ilmu Gizi Untuk Praktisi Kesehatan. Graha Ilmu. Yogyakarta.

Demitri, Athira. 2015. Pengaruh Pendidikan GiziI tentang Pola Makan Seimbang Melalui Game Puzzle dan Gambar AnimasiI Terhadap Peningkatan Pengetahuan Anak SDN 067690 Kota Medan. Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sumatera Utara. Medan.

Djaali, Muljono, P., dan Ramly. 2000. Pengukuran dalam Bidang Pendidikan. PPS UNJ. Jakarta.

Hikmawati, Zainab, Yasnani, Sya’ban, Abdul Rahim. 2016. Pengaruh Penyuluhan dengan Media Promosi Puzzle Gizi terhadap Perilaku Gizi Seimbang Pada Siswa Kelas V di SD Negeri 06 POASIA Kota Kendari Tahun. Jurnal Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Halu Oleo : 1-4.

Kementrian Keseharan RI. 2014. Pedoman Gizi Seimbang. Kementrian Keseharan RI. Jakarta.

Maslakah, Nisaul, Setiyaningrum, Zulia. 2017. Pengaruh Pendidikan Media Flashcard Terhadap Pengetahuan Anak Tentang Pedoman Umum Gizi Seimbang Di Sd Muhammadiyah 21 Baluwarti Surakarta. Jurnal kesehatan, 10 (1) : 13

Nita Prameswari, Gita. 2018. Promosi Gizi Terhadap Sikap Gemar Makan Ikan Pada Anak Usia Sekolah. Universitas Negeri Semarang : 4

Notoatmodjo, Soekidjo. 2003. Pendidikan Dan Perilaku Kesehatan. Rineka Cipta. Jakarta.

Notoatmodjo, S. 2007. Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Rineka Cipta. Jakarta.

Purwoastuti, Th. Endang, Walyani. 2015. Prilaku dan Soft skills Kesehatan. Pustakabarupress. Yogyakarta.

Oldewage-Theron, W ILNA H, AA Egal. The Evaluation Of A Nutrition Education Programme On The Nutrition Knowledge Of Children Aged Six And Seven Years. Journal of Family Ecology and Consumer Sciences, 37: 1.

Sadiman, Arif Sukadi, Sudjarwo, Radikun. 1989. Beberapa Aspek Pengembangan Sumber Belajar. PT. MEDIYATAMA SARJANA PRAKARSA. Jakarta.

Septiana, Pina, Suaebah. 2018. Edukasi Media Kartu Bergambar Berpengaruh Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Anak Dalam Pemilihan Jajanan Sehat Di Sd Negeri Pontianak Utara. Pontianak Nutrition Journal (PNJ), 1, (02) : 1.

Soebachman, Agustina. 2012. Pemainan Asyik Bikin Anak Pintar. IN AzNa Books. Yogyakarta.

Soekanto, Soerjono. 2002. Sosiologi Suatu Pengantar. Raja Grafmdo Persada. Jakarta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Bandung.

Sunarti, Euis dan Rulli Purwanti. 2005. Ajarkan Anak Keterampilan Hidup Sejak Dini. Alex Media Komputindo, Jakarta.

Surya, Mohammad. 2015. Strategi Kognitif dalam Proses Pembelajaran. Alfabeta. Bandung.

Susilowati, Kuspriyanto. 2016. Gizi Dalam Daur Kehidupan. PT. Refika Aditama. Bandung.

Supriasa, I Dewa Nyoman. 2015. Pendidikan & Konsultasi Gizi. EGC. Jakarta.

Syofia, Siagian, Albiner, Nasution, Ernawati. 2014. Pengaruh Penyuluhan Makanan Bergizi Beragam Seimbang Dan Aman Dengan Menggunakan Flash Card Dalam Meningkatkan Pengetahuan Dan Sikap Anak Kelas 1 – 3 Sd Islam Titi Berdikari Kecamatan Medan Labuhan Tahun 2014. Program Sarjana Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sumatera Utara : 3.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003. Sistem Pendidikan *Nasional. 8 juli 2003. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2003 Nomor 4301. Jakarta.

Virmando, Eri, Anantanyu, Sapja, Kusnandar. 2018. Pengaruh Teknik Bernyanyi dan Permainan Kartu Bergambar terhadap Sikap dan Perilaku Gizi pada Anak Taman Kanak-Kanak. Jurnal MKMI, 14 (2) : 151.

Wawan dan Dewi M. 2010. Teori & Pengukuiran Pengetahuan, Sikap, dan Perilaku Manusia. Nuha Medika. Yogyakarta

Wahyuningsih, Ni Putu, Nadhiro, Siti Rahayu, Adriani, Merryana. 2015. Media Pendidikan Gizi Nutrition Card Berpengaruh Terhadap Perubahan Pengetahuan Makanan Jajanan Anak Sekolah Dasar. Media Gizi Indonesia, 10 (1) : 26-27.

Yulianti I, Rani. 2008. Permainan yang Meningkatkan Kecerdasan Anak.Laskar Askara. Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/alfitrah.v3i1.2279

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Al-Fitrah



Indexing by :

     

_______________________________________________

Creative Commons License

Al Fitrah: Journal Of Early Childhood Islamic Education ini diterbitkan oleh IAIN Bengkulu dan Disebarluaskan dengan perijinan dibawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License..

_______________________________________________

Al Fitrah: Journal Of Early Childhood Islamic Education

P-ISSN : 2599-2287

E-ISSN : 2622-335X

Institut Agama Islam Negeri Bengkulu
Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211
Bengkulu, Sumatra Indonesia

Tel / fax : (0736) 51276 / 0736) 51171, 51172

Email : alfitrah@iainbengkulu.ac.id

http://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/alfitrah