IMPLEMENTASI STRATEGI TRILOGI MENDIDIK ANAK USIA DINI

Endang Kartikowati

Abstract


Artikel ini didasarkan pada asumsi bahwa anak akan tumbuh berkembang sesuai dengan moralitas yang dibiasakan sang pendidiknya sejak kecil, baik itu kebebasan, kemarahan, tekanan, menuruti hawa nafsu, sembarangan, hati-hati, teliti, dan keserakahan. Jika sudah dididik seperti itu, maka semua akan sulit dihilangkan ketika ia nanti sudah besar dan akan menjadi sifat serta sikap yang mengakar dalam dirinya. Secara garis besar, tulisan ini membahas: pentingnya strategi dalam mendidik anak usia dini dan penerapan trilogi mendidik anak usia dini dengan sebersih-bersih tauhid, setinggi-tinggi ilmu pengetahuan, dan sepandai-pandainya siyasah. Artikel ini menggaris-bawahi bahwa anak-anak perlu mendapatkan pendidikan etika semenjak dini karena dengan etika yang baik akan lahir akal yang baik, dan dengan akal yang baik akan muncul kebiasaan yang baik, dan kebiasaan yang baik akan timbul karakter yang terpuji, dengan karakter terpuji akan tercipta perbuatan baik, dengan perbuatan baik akan tergapai ridha ilahi, dan dengan ridha ilahi akan terbangun kemuliaan abadi.

 

Abstract

This article is based on the assumption that children will grow up in accordance with the morality that the educator is accustomed to from childhood, whether freedom, anger, pressure, indulging in lust, careless, careful, thorough, and greed. If you have been educated like that, then everything will be difficult to eliminate when he is already big and will become the nature and attitude rooted in him. Broadly speaking, this paper discusses: the importance of strategies in educating early childhood and the application of the trilogy to educate early childhood with as clean as tauhid, as high as science, and as smart as siyasah. This article underlines that children need to get ethical education since early because with good ethics a good mind will emerge, and with good reason good habits will emerge, and good habits will emerge praiseworthy characters, with good character good deeds will be created, with good deeds will be attained divine pleasure, and divine pleasure will be awakened eternal glory.

 

Key word: good attitude, exposition-discovery learning dan group-individual learning.

Keywords


good attitude; exposition-discovery learning;group-individual learning

Full Text:

PDF

References


Arief, Armai, Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam (Jakarta: Ciputra Press, 2002).

Athiyah, Hannan. ath-Thuri, ad-Daur at-Tarbawy li al-Walidain fi Tansyi’ah al-Fatah al-Muslimah fi Marhalah ath-Thuflah, Terj. Aan Wahyudin, Mendidik Anak Perempuan di Masa Kanak-Kanak (Jakarta: Amzah, 2007).

Gunawan, “Pendidikan Anak Usia Dini dalam Perspektif Pendidikan Islam’, Artikel dalam www.blog-guru.web.id, Diakses 24 Juli 2017, http://www.blog-guru.web.id/2012/08/pendidikan-anak-usia-dini-dalam.html

Katresna72, “Grand Design Pendidikan Karakter” dalam katresna72.wordpress.com, 23 Oktober 2010, http://katresna72.wordpress.com/2010/10/23/grand-design-pendidikan-karakter/

Kuntjojo. “Konsep-Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini”, dalam Ebekunt. wordpress. com, Dipublikasi 30/06/2010, https:// ebekunt.wordpress.com/ 2010/06/30/konsep-konsep-dasar-pendidikan-anak-usia-dini-3/

Mansur, Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009, Cet. III).

Mun’im, Abdul, Ibrahim, Tarbiyyatul Banaat fil Islaam, Terj. Abdul Hayyie al-Kattani dan Mujiburahman Subadi, Mendidik Anak Perempuan (Depok: Gema Insani, 2002, Cet. II).

Poerwadarminto, WJS, Kamus Besar Bahasa Indonesia (Jakarta: Balai Pustaka, 1994).

Sanjaya, Wina, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan (Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2007).

Silawati, Endah, “Aspek Perkembangan Motorik dan Keterhubungannya dengan Aspek Fisik dan Intelektual Anak”, dalam parentingislami.wordpress.com, Dipublikasi 1 Maret 2008, https:// parentingislami.wordpress.com/2008/03/01/aspek-perkembangan-motorik-dan-keterhu bu ngan nya-deng an-aspek-fisik-dan-intelektual-anak/




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/alfitrah.v3i1.2508

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Al Fitrah: Journal Of Early Childhood Islamic Education



Indexing by :

     

_______________________________________________

Creative Commons License

Al Fitrah: Journal Of Early Childhood Islamic Education ini diterbitkan oleh IAIN Bengkulu dan Disebarluaskan dengan perijinan dibawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License..

_______________________________________________

Al Fitrah: Journal Of Early Childhood Islamic Education

P-ISSN : 2599-2287

E-ISSN : 2622-335X

Institut Agama Islam Negeri Bengkulu
Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211
Bengkulu, Sumatra Indonesia

Tel / fax : (0736) 51276 / 0736) 51171, 51172

Email : alfitrah@iainbengkulu.ac.id

http://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/alfitrah