PENGARUH PERMAINAN PUZZLE TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF PADA ANAK 5-6 TAHUN DI PAUD HARAPAN ANANDA KOTA BENGKULU

Mefi Wulandari, Ali Akbarjono, Adi Saputra

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah ada pengaruh dari permainan puzzle terhadap perkembangan kognitif pada anak 5-6 tahun di PAUD Harapan Ananda Kota Bengkulu. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan  jenis kuasi eksperimen, teknik pengumpulan data penelitian ini adalah teknik observasi, catatan anekdot dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data penelitian ini adalah melalui run test. Berdasarkan penyelenggaraan pendidikan yang menitik beratkan pada peletakan dasar ke arah pertumbuhan dan perkembangan fisik (koordinasi motorik halus dan motorik kasar), kecerdasan (daya pikir dan daya cipta, kecerdasan emosi, spirirual), sosial emosional (sikap dan prilaku serta beragama), bahasa dan komunikasi sesuai dengan keunikan dan tahap-tahap perkembangan yang di lalui oleh Anak Usia Dini. Maka hasil penelitian dan analisis yang telah dilakukan selama satu bulan serta data akhir menggunakan Run-test menunjukan hasil bahwa: Terdapat pengaruh permainan puzzle terhadap perkembangan kogntif anak.  Hal ini dapat dilihat dari hasil postest dan pretest kelas eksperimen dan kontrol, Pengaruh permainan puzzle terhadap perkembangan kognitif  pada anak pada kelas eksperimen mengalami kenaikan 81,5% dari hasil sebelumnya 75% meningkat menjadi 87,25%.

 

Kata Kunci : Permainan Puzzle, Perkembangan Kognitif


Keywords


Permainan Puzzle;Perkembangan Kognitif

Full Text:

PDF

References


Astuti, Yuli. Cara Muda Asah Otak Anak (Kebiasaan-Kebiasaan Sepele Sehari-Hari Peningkat Kecerdasan Otak Kanan-Kiri Anak. Bandung: FlashBooks. 2016

Abdurrahmn, Mulyono. Pendidikan bagi anak berkesulitan belajat. Jakarta: rineka cipta. 2009

Ahmadi, Rulam. Pengantar pendidikan asas dan filasafat pendidikan. yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA. 2016

Beaty, Janice j. Observasi Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenamedia Group, 2013

Crain, William. Teori Perkembangan Dan Konsep Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2007

Dwi Nami, Media Puzzle Untuk Anak Usia Dini, (Sumber: http:// dwi nami.wordpress.com diunggah pada 10/12/2014 pukul 09.00 Wib, dan diakses pada 07/06/2018 Pukul 21.00 Wib

Defa (kepala sekolah) observasi tanggal 16 April 2018 di paud Harapan Ananda Kota Bengkulu

Direktorat pendidikan anak usia dini, direktorat jenderal pendidikan non formal dan informal kementrian pendidikan nasional, 2010

Direktorat pendidikan anak usia dini, direktorat jenderal pendidikan anak usia dini non formal dan informal kementrian pendidikan dan kebudayaan, bermain bagi AUD dan alat permainan yang sesuai untuk anak. 2011. h.7

Direktorat pembinaan pendidikan anak usia dini, direktorat jenderal pendidikan non formal dan informal kementrian pendidikan dan kebudayaan. Petunjuk teknis penyelenggaraan taman kanak kanak. 2012

Fadillah, M. Bermain dan permainan. Jakarta: KENCANA. 2017

Hasanah, Neneng Uswatun. Konsep Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Perspektif Islam, (Jurnal Pdf, At-Ta’dib Vol.4 No.2 Sya’ban 1429, tahun 2015)

Jahja, Yudrik. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Premadia Group. 2011

Mahardika, Permainan Edukatif dengan Media Puzzle Mengembangkan kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Umur 4-5 tahun TK ISlamiyah, (Jurnal Pdf Penelitian, Program Studi Pendidikan Guru PAUD FKIP Intan, tahun 2016)

Masfiroh , Tadkiroatun. memilih, menyusun dan menyajikan cerita untuk anak usia dini, yogyakarta: TIARA WACANA. 2008

Mulyono Abdurahman. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta. 2009

Mutiah, Diana. Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Jakarta: Prenada Media Group. 2015

Nani, Desiyani. Ayo Main Bareng (InspirasiPermainan Edukatif Orangtua Bersama Anak Sesuai Usia). Jakarta: Penebar Swadaya Grup. 2018

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2009 Tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini

Santoso, soegeng. Dasar-dasar pendidikan TK. Jakarta: universitas terbuka. 2005

Sugiyono, statistika terpadu untuk penelitian. Bandung: ALFABETA. 2015

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan Pendektan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. 2010

Sujiono, Yuliani Nurani. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks. 2009

Suparno, Paul. Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget. Yogyakarta: Kanisus, 2001

uyadi, Teori Pembelajaran Pembelajaran Anak Usia Dini dalam kajian neurosains, Bandung : PT. Remaja Rosdakarya, 2014

Tridhonanto, Al. Menjadikan anak berkarakter mempersiapkan anak agar berhasil meghadapi segala macam tantangan hidup, (jakarta: PT alex Media Komputindo, 2014)

Ulfa, maulidya dan suyadi. Konsep dasar paud. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA. 2015

Upton, Penney. Psikologi Perkembangan . Jakarta: Erlangga. 2012

Wiyani, Novan Ardy. Konsep dasar paud. Yogyakarta: GAVA MEDIA.2016

Wiyani, Novan Ardy. Penanganan Anak Usia Dini Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA. 2016




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/alfitrah.v2i2.2534

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Al Fitrah: Journal Of Early Childhood Islamic Education



Indexing by :

     

_______________________________________________

Creative Commons License

Al Fitrah: Journal Of Early Childhood Islamic Education ini diterbitkan oleh IAIN Bengkulu dan Disebarluaskan dengan perijinan dibawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License..

_______________________________________________

Al Fitrah: Journal Of Early Childhood Islamic Education

P-ISSN : 2599-2287

E-ISSN : 2622-335X

Institut Agama Islam Negeri Bengkulu
Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211
Bengkulu, Sumatra Indonesia

Tel / fax : (0736) 51276 / 0736) 51171, 51172

Email : alfitrah@iainbengkulu.ac.id

http://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/alfitrah