ANALISIS FAKTOR MOTIVASI JATI DIRI MUSLIM MELAKSANAKAN HAJI DAN UMRAH

Evan Stiawan, Miti Yarmunida

Abstract


Populasi yang cukup tinggi dalam membuat masyarakat Indonesia beramai ramai melaksanakan ibadah haji dan umrah. Hal ini tercermin pada waktu tunggu antri untuk ibadah haji di Indonesia yaitu berkisar waktu 10-17 Tahun. Data tersebut menunjukan bahwa sangat banyak sekali antusiasmen warga dalam melaksanakamn ibadah haji, akan tetapi untuk mengisi waktu tunggu tersebut yang cukup lama banyak masyarakat yang melakukan ibadah umrah. Penelitian ini bertujuan mengetahui faktor-faktor motivasi masyarakat melaksanakan ibadah haji dan umrah. Studi desain penelitian ini menggunakan metode analisis faktor melalui uji  Barlett test of sphericity, Kaiser Mesyer Olkin (KMO), dan Measure Sampling Adequacy (MSA). Faktor individu yaitu usia dan pendidikan tidak dapat menjadi faktor yang signifikan dalam mempengaruhi untuk melaksanakan ibadah haji dan umrah.


Keywords


Haji, Umrah, Motivasi, Jati Diri

Full Text:

PDF

References


Abdul Aziz Muhammad Azzam & Abdul Wahhab Sayyed Hawwas, Fiqh Ibadah,(Jakarta: Sinar Grafika Offset, 2009)

Abu Malik Kamal bin Sayyid Salim, Fiqih Sunah untuk Wanita, (Jakarta: Al-Ptishom Cahaya Umat, 2007)

Bandalos, D.L. (1993). Factors influencing the cross-validation of confirmatory factor analysis models. Multivariate Behavioral Research, 28(3), 351-374.

Departemen Agama Islam, Pendidikan Agama Islam ,(Jakarta: Departemen Agama, 2001), Cet 9.

Hair, J.F.Jr., Anderson, R.E., Tatham, R.L., & Black, W.C. (1998), Multivariate Data Analysis 5th Ed., Englewood Cliffs, New Jersey: Prentice Hall.

Kotler, Philip, dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran, edisi Ketiga Belas, Terjemahan Bob Sabran, MM. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Malhotra, N.K. (2004),Marketing Research: An Applied Orientation, New Jersey: Prentice Hall.

Mohaghar, Ali dan Ghasemi, Rohollah. 2011. A Conceptual Model for Cooperate Strategy dan Supply Chain Performance by Structural Equation Modeling a Case Study in the Iranian Automotive Industry, European Journal of Social Sciences – Volume 22

P.Siagian, Sondang, Prof. Dr. MPA.(1988). Teori dan Praktek Kepemimpinan. Jakarta : Rineka Citra.

Saleb Al-Fauzan, Fiqh sehari-hari, (Jakarta: Gema Insani, 2009) Cet 2.

Sihotang. A. Drs. M.B.A. (2006).Menejemen Sumber Daya Manusia .Jakarta : PT Pradnya Paramita.

Sugiyono. 2005. Metode Penelitian Bisnis, Bandung: PT Alfa Beta

Sunyoto Munandar, Ashar.(2001).Psikologi Industri dan Organisasi.Jakarta: Universitas Indonesia.

Wirawan, Sarlito. (2005).Psikologi Sosial (Psikologi Kelompok dan Psikologi Terapan).Jakarta :Balai Pustaka.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/ba.v4i1.1700

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Google Scholar