Etika Bisnis Islam: Sebuah Kajian Komparatif

Disfa Lidian Handayani

Abstract


Suatu norma atau etika merupakan pencerminan dari nilai filosofis yang mendasarinya. Ekonomi kapitalis misalnya memiliki nilai filosofis yang berangkat dari pemikiran Protestan ethics yang dikembangkan oleh Calvin (calvinisme). Ekonomi Islam, terlepas dari perdebatan apakah termasuk kedalam ilmu yang berdiri sendiri atau merupakan bagian dari sistem ekonomi yang ada saat ini, memerlukan fondasi pemikiran filosofis yang kuat. Sejak tahun 1970-an, kajian ilmiah tentang Ekonomi Islam semakin banyak diteliti, mulai dari metodologi; worldview; body of knowladge, hingga teori-teori ekonomi. Seiring dengan berkembangnya ilmu Ekonomi Islam tersebut, maka timbul pemikiran mengenai bagaimana cara berbisnis secara Islami. Untuk menjaga agar bisnis yang dilakukan dengan ajaran Islam, maka dibutuhkan serangkaian aturan moral dan etika bisnis Islam. Paper ini bertujuan untuk memaparkan konsep etika bisnis Islami yang dimulai dari landasan filosofis hingga praktek prilaku bisnis dilapangan. Selain itu, paper ini juga mengkomparasikan etika bisnis Islam dengan berbagai konsep-konsep etika bisnis lainnya seperti etika bisnis Protestan & Judeo-cristian, etika bisnis Buddha, dan etika bisnis Hindu.


Keywords


Etika Bisnis, Prilaku Bisnis, Islam, Hindu, Budhha, Judeo-Cristian, Protestan, filsafat, Ekonomi Islam.

Full Text:

PDF

References


Azmi, Sabahuddin. “An Islamic Approach to Business Ethics”, dalam Renaissance: A Monthly Islamic Journal Pakistan, Vol.15, Issue.5, (2005).

Barnhart, Michael G. “Theory and Comparison in the Discussion of Buddhist Ethics” dalam Philosophy East and West, Vol.62, No.1, (2012).

Beekun, Rafik Issa. Islamic Business Ethics.Virginia: Internasional Institute of Islamic Thought, 1997.

Bertens, K. Pengantar Etika Bisnis. Yogyakarta: Kanisius, 2000.

Chakraborty, S.K. dan D. Chakraborty, “The Economic Function in The Hindu Worldview: Its Perennial Social Relevance” dalam Internasional Journal of Social Economics, Vol.34, No.10, (2007).

Chattopadhyay, Chandrani. “Indian Philosophy adn Business Ethics: A Review” dalam Advances in Management and Applied Economics, Vol.2, No.3, (2012).

Conelly, Peter Connelly. Aneka Pendekatan Studi Agama. Yogyakarta: Lkis Group, 2002

Desjardins, Joseph. An Introduction to Business Ethics. Singapore: Mc Graw Hill, 2014.

Duffie, Darrell dan Jeremy C. Stein, “Reforming LIBOR and Other Finansial Market Benchmarks”, dalam Journal of Economic Perspective, Vol. 29, No.2, (2015)

Gould, Stephen J. “The Buddist Perspective on Business Ethics: Experiental Exercises for Exploration and Practice” dalam Journal of Business Ethics, Vol.14, No.1, (1995).

Hashim, M. “Islamic Perception of Business Ethics and the Impact of Secular Thoughts on Islamic Business Ethics”, dalam Internasional Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, Vol.2, No.3.,(2012).

Hunt, Shelby D. dan Scott J Vittel, “The General Theory of Marketing Ethics: A Revision and Three Questions”, dalam Journal of Macromarketing, Vol.26, (2006).

Johnson, Craig. “Enron’s Ethical Collapse: Lessons for Leadership Educator”, dalam Journal of Leadership Education, Vol. 2, Issue 1, (2003).

Karim, Rusli. Agama dan Masyarakat Industri Modern. Yogyakarta: Media Widya Mandala, 1992.

Muhaimin. Perbandingan Praktik Etika Bisnis, Etika Cina dan Pembisnis Lokal. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011

Nugroho, AA. Dari Etika Bisnis ke Etika Ekobisnis. Jakarta: PT Grasindo, 2001.

Nurhayani, “Upaya Penyelesaian BLBI (Bantuan Likuiditas Bank Indonesia)”, dalam Lex Jurnalica, Vol.4, No.1, (2006).

P3EI. Ekonomi Islam. Jakarta: PT RajaGrafindo, 2008.

Pace, Stefano. “Does Religion Affect the Materialism of Consumers? An Emperical Investigation of Buddist Ethics and the Resistance of the Self”, dalam Journal of Business Ethics, Vol.112, No.1, (2013).

Parameshwari, Lalitha. “Religious Values and Management Ethics” dalam Journal of Social Welfare and Management, Vol.5, No.2., (2013).

Putra, E.D. “Bisnis dan Etika Kristiani” dalam Jurnal Ulumul Quran, tanpa tahun.

Rozalinda. Ekonomi Islam: Teori dan Aplikasinya pada Aktivitas Ekonomi. Jakarta: Rajawali Press,2014.

Sharma, Manoj K., dkk, “Hindu Philosophy: Bridging Corporate Governance and CSR” dalam Management of enviromental Quality: An Internasional Journal, Vol.20, No.3, (2009).

Talwar, Balvir dan A.K. Sharma, “Business Excellence Enshrined in Vedic (Hindu) Philosophy”, dalam Singapore Management Review, Vol. 26, No.1, (2004)

Zarqa, Muhammad Anas . “Islamization of Economics: The Concept and Methodology”, dalam J.KAU: Islamic Econ,Vol.16., No.1, (2003).

Zsolnai, Laszlo “Western Economics Versus Buddhist Economics” dalam Society and Economy, Vol.29, No.2, (2007).




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/ba.v4i1.1852

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Google Scholar