PERSEPSI MAHASISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR DI PERPUSTAKAAN INSTITUT AGAMA ISLAM (IAIN) BENGKULU

Rupi Hardaya, Muhammad Yusrizal

Abstract


Permasalahan yang dibahas adalah: Bagaimana persepsimahasiswapendidikan agama islam terhadap pemanfaatan SumberBelajar di Perpustakaan IAIN Bengkulu. Tujuan dalam penelitian ini untuk  mendikripsikan Persepsimahasiswapendidikan agama islam terhadap pemanfaatan SumberBelajar di Perpustakaan IAIN Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research)yaitu penelitian mendalam mencakup keseluruhan yang terjadi di lapangan dengan tujuan untuk mempelajari secara mendalam tentang latar belakang keadaan sekarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif melalui prosedur logika induktif dan deduktif. Dari hasil penelitian ini dikatakan bahwapersepsimahasiswapendidikan agama islam terhadap pemanfaatan SumberBelajar di Perpustakaan IAIN Bengkulu khususnya prodi PAI kurang efektip karena kebanyakan dari para  mahasiswa memanfaatkan sumber belajar di perpustakaan ketika ada tugas atau menyusun skripsi. Oleh karena itu dalam pemanfaatan sumber belajar di perpustakaan bagi mahasiswa mulai dikenakan kemampuan membaca pemahaman minat bacanya perluditingkatkan agar para mahasiswa selalu memanfaatkan sumber belajar di perpustakaan secara terusmenerus.

Keywords


Persepsi Mahasiswa, Pemanfaatan sumber Belajar, Perpustakaa

Full Text:

PDF

References


BafadalIbrahim.2008.“PengolahanPerpustakaan Sekolah”.Bandung: PT BumiAksara.

Walgiono Bimo.2003. “Psikologi Sosial”.Yogyakarta: C.V Andi Offset

AsroriMohammad. 2009. “PsikologiPembelajaran .”Bandung: CV Wacana Prima

Shaleh Abdul Rahman. 2010. “Psikologi Suatu Pengantar Dalam Perspektif Islam”.Yokyakarta: PT Kencana.

WirawanSarwono, 2007. ”Pengantar Umum Psikologi. Jakarta: PT. Bulan Bintang.

Sultinah Suyanto Bangong, 2011. Metode Penelitian Sosial,Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

JallaludinRahmat. 2005. “PsikologiKomunikasi. Bandung: RemajaKarya.

SejatiSugeng. 2012. “PsikologiSosial”.DepokSlemanYokyakarta: PercetakanSuksesOffset.

Noor Juliansyah. 2016. “MetodologiPenelitian”. Jakarta: PT Kharisma Putra Utama.

Supriyanto. 2006. “Aksentuasi Perpustakaan Dan Pustakawa”. Jakarta: Katalok Dalam Terbitan (KDT)

Hardani Wibi.2018. “Psikologi”. Penebit Erlangga: PT Gelora Aksara Pratama

Hermawan Rachman.2010. “Etika Kepustakawaan”. Jakarta: CV. Sagung Seto.

Ma’ruf Cahyono. 2016. “Perpustakaan Wakil Rakyat”. Jakarta: CV Sagung Seto.

Darmono. 2004. “Manajemen dan Tata Kerja Perpustakaan Sekolah”. Jakarta: PT Grasindo.

Sudar Sono. 2006.“Antologi Kepustakawan Indonesia”Jakarta: CV Sagung Seto.

Fatmawati Endang. 2013. ”Mata Baru Penelitian Perpustakaan” Jakarta: CV Sagung Seto.

Sudaryono. 2016. “Metode Penelitian Pendidikan” Jakarta: PT Kharisma Putra Utaman.

Bungin Burhan. 2011 “Penelitian Kualitatif” Jakarta: Fajar Inter Pratama Offset.

Satori Djam’an. 2014 Metodologi Penelitian Kualitatif”. Bandung: Alfabeta, cv.

Herdiansyah Haris. 2015. “Wawancara,Observasi, dan Fokus Groups”. Jakarta: PT Raja Grapindo Persada.

Suwarno Wiji. 2016. “ Dasar-daras Ilmu Perpustakaan”. Yakyakarta: AR-Ruzz Media.

Daulay Nurussakinah, 2014 “Pengantar Psikologi dan Pandangan Al-qur’an Tentang Psikologi”. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri.

Afiyanti Yati dkk, 2014 “Metode Penelitian Kualitatif Dalam Riset Keperawatan” Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/mkt.v4i2.2513

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed By : 

  

Garuda ROAD: the Directory of Open Access scholarly Resources 

      




                                 

free web stats Al Quds's Visitors