INNOVATION LIBRARIAN AS A AGENT OF CHANGE IN DEVELOPING LIBRARY IN ERA INFORMATION

Syahril Syahril

Abstract


Permasalahan dalam penulisan ini yaitu apa saja inovasi pustakawan sebagai agen perubahan dalam mengembangkan perpustakaan di era informasi.Tujuan penulisan ini untuk memaparkan konsep inovasi yang dilakukan oleh pustakawan dalam menghadapi era informasi. Hasil penulisan ini disimpulkan bahwa pustakawan sebagai agen perubahan harus berinovasi di era informasi dan harus mempunyai ide dalam mengembangkan perpustakaan agar memiliki sesuatu yang baru dalam melayani pemustaka.Inovasi pustakawan sebagai agen perubahan dalam mengembangkan perpustakaan di era informasi dengan berinovasi melalui layanan kreatif, inovasi layanan pemustaka, inovasi penataan ruang, daninovasi pembelajaran yang kolaboratif dan inspiratif dan harus mempunyai ide dalam berinovasi agar memiliki sesuatu yang baru dalam melayani pemustaka. Sebagai agen perubahan pustakawan harus unggul dalam memberikan pendampingan, melayani, dan memberikan konsultasi informasi dan pengetahuankepada pemustaka. Pustakawan dalam mengemas informasi dengan cara meningkatkan kompetensi pustakawan. Karena dengan keterampilan dan kepiawaian seorang pustakawan sangat diperlukan untuk memberikan layanan prima kepada para pemustaka dalam menyediakan informasi. Pustakawan masa kini harus mampu menjadi agen perubahan dan fasilitator dalam sebuah lembaga. Pustakawan masa kini dituntut agar bisa menguasai teknologi dan informasi, yang dapat mempermudah akses jaringan, berperan sebagai pendidik yang diharapkan dapat melatih pemustaka jika kesulitan dalam penggunaan perpustakaan. Kompetensi pustakawan harus mengikuti arus perkembangan globalisasi.

Keywords


Inovasi, Pustakawan, Agen Perubahan, Informasi.

Full Text:

PDF

References


Sutarno NS.Perpustakaan dan Masyarakat, Jakarta: Yayasan Obor Indonesia. 2003.

Departemen Pendidikan Nasional,Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa. Jakarta: PT Gramedia.2008.

Depdikbud.KBBIKamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta Balai Pustaka. 1996.

Eko Nugroho. Sistem Informasi Manajemen “konsep, aplikasi & perkembangannya”. Yogyakarta: Andi.2008

Herri Mulyono dan Nurhasanah Salim, Literasi Informasi dan Kritis: Urgensi, Perspektif Islam, dan Integrasi dalam Kurikulum Pendidikan, Jurnal Tarbiyah Vol. 22, No. 2, Juli - Desember 2015

Lasa.HS.Membina Perpustakaan Madrasah dan Sekolah Islam. Jakarta. Pustaka Pelajar.2009

Saleh, Abdul Rahman. Manajemen Perpustakaan PUST-2229.Jakarta Universitas Terbuka. 2012

Soerjono, Kamus Sosiologi, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 1992.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2007 Tentang Perpustakaan. Jakarta. Perpustakaan Nasional RI.Tahun 2008.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/mkt.v4i2.2519

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed By : 

  

Garuda ROAD: the Directory of Open Access scholarly Resources 

      




                                 

free web stats Al Quds's Visitors