Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Bahasa Indonesia di SD Negeri Krandon 1 Tegal

Sri Mulyati, Yulia Prima Sari, Wahyu Asriyani, Muhammad Rasyid Ridlo, Yoandini Saputri

Abstract


Perpustakaan SD Negeri Krandon 1 Tegal sangat aktif dalam memberikan perhatian dan kepedulian terhadap optimalisasi kegiatan pembelajaran di sekolah. Perpustakaan sekolah di SD Negeri Krandon 1 Tegal tersebut sudah cukup baik dalam menunjang pembelajaran Bahasa Indonesia, hal itu dapat dilihat banyaknya peminjaman buku Kesusastraan dan Bahasa Indonesia pada bulan Juli - September.

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian hukum empiris dengan pendekatan kualitatif. Pengambilan sumber data penelitian ini menggunakan teknik “purpossive sampling” dengan subjek yang diteliti adalah siswa kelas 3, 4, 5, dan 6 yang karena cara pikir dan kematangan psikologis mereka sudah lebih baik  dalam dengan tujuan untuk menghilangkan kemungkinan terjadinya “kemencengan” (bias). Sedangkan objeknya adalah kegiatan-kegiatan yang dilakukan di perpustakaan dalam rangka pemanfaatan Perpustakaan Sekolah SD Negeri Krandon  1  Tegal sebagai penunjang kegiatan belajar mengajar terutama mata pelajaran Bahasa Indonesia. Selain mewawancarai para siswa, peneliti juga mewawancarai pihak-pihak internal sekolah, serta mewawancarai ahli/pakar di dunia Bidang Ilmu Pendidikan dan Pakar Ilmu Perpustakaan terkait dengan Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah sebagai Sumber Belajar Bahasa Indonesia.

Berdasarkan hasil penelitian serta menganalisis data-data yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa perpustakaan di SD Negeri Krandon 1 Tegal sangat baik dalam  menunjang pembelajaran Bahasa Indonesia, dari segi sarana dan prasarana sudah  memenuhi standar perpustakaan  hanya ada beberapa sarana yang kurang lengkap. Referensi buku Bahasa Indonesia di SD Negeri Krandon 1 Tegal juga sangat lengkap sekali sehingga memudahkan peserta didik untuk mengerjakan atau menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan oleh guru. Perpustakaan SD Negeri Krandon 1 Tegal sudah cukup baik sebagai sumber belajar, dilihat dari sarana dan prasarana, referensi Bahasa Indonesia. Berdasarkan hasil wawancara kepada kepala perpustakaan dan guru Bahasa Indonesia bahwa perpustakaan SD Negeri Krandon 1 Tegal sudah  layak karena sudah  memenuhi standar perpustakaan dan dapat menjadi percontohan perpustakaan Sekolah Dasar di seluruh kota Tegal.

Keywords


Utilization of School Library; Learning Resources; Indonesian.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.29300/mkt.v5i1.3091

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed By : 

  

Garuda ROAD: the Directory of Open Access scholarly Resources 

      




                                 

free web stats Al Quds's Visitors