PERAN METODE SENTRA TERHADAP PENANAMAN NILAI AGAMA DAN MORAL PADA ANAK USIA DINI DI KB GEMILANG KOTA BENGKULU
Abstract
ABSTRACT
This research is motivated by the introduction of religious and moral values applied by KB Gemilang City of Bengkulu. The research objective was to determine the role of the central method in the introduction of religious and moral values in early childhood. This study focuses on the application of the central method in promoting religious and moral values in KB Gemilang City of Bengkulu, then finds the results achieved in the application of the central method in encouraging religious and moral values, identifies supporting and inhibiting factors, applies the central method to implementing religious and moral values at KB Gemilang. This research uses descriptive qualitative method. Data was collected using observation, interviews and documentation. To fulfill the function of data validity, the authors extend the observation and triangulation. The results showed that: (1) The application of the method of instilling religious and moral values went well and was successfully applied. (2) The results of the introduction of religious and moral values through the central method went well, as evidenced by the children from KB Gemilang who obey the school rules well, show good attitudes and morals, and the satisfaction of the parents of students towards the attitudes of children who start well developed.
Keywords: Central method, religious values, morals
ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pengenalan nilai-nilai agama dan moral yang diterapkan oleh KB Gemilang Kota Bengkulu. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peranan metode sentral dalam pengenalan nilai-nilai agama dan moral pada anak usia dini. Penelitian ini berfokus pada penerapan metode sentral dalam mendorong nilai-nilai agama dan moral di KB Gemilang Kota Bengkulu, kemudian menemukan hasil yang dicapai dalam penerapan metode sentral dalam mendorong nilai-nilai agama dan moral, mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat, menerapkan metode sentral untuk menerapkan nilai-nilai agama dan moral di KB Gemilang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan menggunakan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk memenuhi fungsi keabsahan data, penulis memperluas observasi dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan metode penanaman nilai-nilai agama dan moral berjalan dengan baik dan berhasil diterapkan. (2) Hasil pengenalan nilai-nilai agama dan moral melalui metode sentral berjalan dengan baik, terbukti pada anak KB Gemilang yang mentaati tata tertib di sekolah dengan baik, menunjukkan sikap dan akhlak yang baik, serta kepuasan wali murid terhadap sikap anak-anak yang mulai berkembang dengan baik.
Kata kunci: Metode sentra, nilai agama, moral
Keywords
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Asror, Bisrul Miftachul. “Pengembangan Media Pembelajaran Audiovisual Pada Pokok Bahasan Laporan Keuangan Perusahaan Jasa.” Journal of Accounting and Business Education 1, no. 1 (2016).
Fitri, Mardi, and Na’imah Na’imah. “Faktor Yang Mempengaruhi Perkembangan Moral Pada Anak Usia Dini.” Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini 3, no. 1 (2020): 1–15.
Hasanah, Uswatun. “Metode Pengembangan Moral Dan Disiplin Bagi Anak Usia Dini.” Martabat: Jurnal Perempuan dan Anak 2, no. 1 (2018).
Asror, Bisrul Miftachul. “Pengembangan Media Pembelajaran Audiovisual Pada Pokok Bahasan Laporan Keuangan Perusahaan Jasa.” Journal of Accounting and Business Education 1, no. 1 (2016).
Fitri, Mardi, and Na’imah Na’imah. “Faktor Yang Mempengaruhi Perkembangan Moral Pada Anak Usia Dini.” Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini 3, no. 1 (2020): 1–15.
Hasanah, Uswatun. “Metode Pengembangan Moral Dan Disiplin Bagi Anak Usia Dini.” Martabat: Jurnal Perempuan dan Anak 2, no. 1 (2018).
james, musnar, anggi dkk. Keagamaan, Pengembangan Moral &. Suparyanto Dan Rosad (2015. Vol. 5, 2020.
Lydia, Margaretha, Nina Kurniah Nina, Dharmayana Wayan, Sasongko Rambat Nur, and M. Lutfi Firdaus. “The Influence of Parents� Parenting Style Towards The Independence Of Preschool Children.” Indian Journal of Science and Technology 11, no. 30 (2018): 1–6.
Margaretha, Lydia. “Pengembangan Nilai Agama Dan Moral Aanak Usia Dini Di Kota Bengkulu.” Al Kahfi 2, no. 1 (2020): 34–36. file:///C:/Users/user/Downloads/84-Article Text-324-1-10-20200723 (1).pdf.
Rofiq Faudy Akbar. “Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam.” Analisis Persepsi Pelajar Tingkat Menengah pada Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Kudus 10, no. 1 (2015): 189–210.
Studi, Program, Pendidikan Islam, Anak Usia, Jurusan Pendidikan, Islam Anak, Usia Dini, Fakultas Ilmu, et al. “PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SENTRA ( BEYOND CENTERS AND CIRCLE TIME ) DALAM MENGOPTIMALKAN ASPEK KOGNITIF PADA KELOMPOK PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SENTRA ( BEYOND CENTERS AND CIRCLE TIME ) DALAM” (2019).
Usman, Husnaeni. “PERAN METODE SENTRA DALAM PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA DINI DI TK ISLAM E-SCHOOL PINRANG MARDIA, HUSNAENI USMAN Sekolah Tinggi Agama Islam DDI Pinrang” 1 (2021): 108–121.
Winarto, M. E. “Buku Metodologi Penelitian.” Universitas Negeri Malang (UM Press), no. January (2018): 143.
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/nz.v8i1.10264
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Lydia Margaretha, Ria Fransisca

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats