EFEKTIFITAS PELAKSANAAN SUPERVISI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MTS GUPPI KOTA PAGAR ALAM

Azharudin Azharudin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dengan bagaimana Implementasi Supervisi Pengawas Pendidikan Agama Islam (PAI)
Pada Kegiatan Belajar Mengajar di MTs Guppi, bagaimana efektifitas supervisi pengawas PAI terhadap Kegiatan Belajar Mengajar,
dan bagaimana keterkaitan Implementasi Supervisi Pengawas Pendidikan Agama Islam (PAI) Pada Kegiatan Belajar Mengajar di
MTs Guppi Kota Pagar Alam maka telah dihasilkan baik itu melaluli metode wawancara, obsevasi dan dokumentasi dari penelitian
ini sebagai berikut: (1) Pelaksanaan supervisi oleh pengawas PAI pada kegiatan belajar mengajar di MTs Guppi Kota Pagar Alam
ditempuh melalui empat komponen yakni (a) proses/langkah supervisi meliputi; persiapan, pelaksanaan kegiatan supervisi dan
tindak lanjut serta instrument penilaian, (b) gaya supervisi yang digunakan yakni gaya demokrasi, (c) teknik/metode supervisi yang
digunakan meliputi ; teknik kunjungan langsung dan teknik tidak kunjungan langsung, dan (d) problem supervisi yang dihadapi
meliputi problem dari guru, anak, kepala Madrasah, dan pengawas, (2) Efektivitas pelaksanaan supervisi oleh pengawas agama
berimplikasi pada ; (a) kesiapan pihak Madrasah untuk melaksanakan belajar mengajar. Akan tetapi persoalan itu belum berjalan
secara baik. (b) persepsi dari pihak sekolah MTs Guppi Kota Pagar Alam terhadap persoalan program pengawasan oleh pengawas
agama secara umum adalah baik. (c) sedangkan keberhasilan (tolak ukur) dari pelaksanaan supervisi meliputi; keberhasilan fisik
Madrasah, jumlah siswa, dan prestasi siswa madrasah yang cukup baik. Jadi dengan demikan dapat disimpulkan bahwa tingkat
efektifitas pelaksanaan supervisi pengawas PAI MTs Guppi Kota Pagar Alam telah efektive atau dengan kata lain telah berhasil
dengan baik, (3) Keterkaitan pelaksanaan supervisi pengawas PAI dengan kegatan belajar mengajar di MTs Guppi Kota Pagar
Alam adalah keterkaitan supervisi pendidikan dengan proses KBM, dan keterkaitan supervisi pendidikan dengan evaluasi KBM.


Full Text:

PDF

References


Ametembun, NA. Supervisi Pendidikan Bagi Para Penilik pengawas kepala sekolah dan guru, Suri Bandung, 1981

Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik, Rineka Cipta, Jakarta, 2006

Atmodiwirio, Soebagio, Manajemen Pendidikan Indonesia, Ardadizya Jaya, Jakarta, 2000.

Azhari, Ahmad, Supervivi Rencana Program Pembelajaran, Ciputat, Rian Putra, 2004.

Bafdal, Ibrahi, Manajemen Peningkatan Mutu Sekolah Dasar, Jakarta: Bumi Akasara, 2006

Bogdan, Robert, dan Biklen, Sari Knopp. Riset Kualitatif untuk pendidikan: Pengantar Ke teori dan Metode, (Jakarta: Depdikbud Ditjen PT. Proyek Pengambangan Pusat Fasilitas bersama

antar Universitas / IUC, BANK DUNIA Model XVII, 1990

Departemen Agama Republik Indonesia, Profil Pendidikan Agama Islam (PAI) Model Pada Sekolah Umum Tingkat Dasar, Jakarta, 2003

Departemen Pendidikan Nasional, Pusat Penbinaan dan Pengembangan Bahasa, Pedoman Ejaan Bahasa Indonesia Yang Disempurnakan dan Pedoman Umun Pembentukan Istilah, Pusataka Setia, Bandung, 2005.

Fattah, Nanang, Landasan Manajemen Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2003.

Hamidi, Metode Penelitian Kualilatif (Aplikasi Praktis Pembuatan Proposal dan Laporan Penelitian), UMM Pres, Malang, 2005.

Hasan, Manusia dan Citranya, Express, Surabaya, 1985.

Ihlauw, Jhon J.O.I. Konstruksi Teori: Komponen dan Pengawas, Jakarta: Grasindo), 2008.

Ihsan, Fuad. Dasar-dasar Kependidikan, Rineka Cipta, Jakarta, 2003.

Indar, M. Djumberansyah, Perencanaan Pendidikan

Startegi dan Inplementasi, Jakarta: Karya Abditama, 1995.

Kasiram, Moh, Metode Penelitian Kualilatif, UIN Malang Press,, 2008 Moleong, Lexy J. Metode Penelitian Kualilatif: Edisi Revisi Remaja Grafindo, Jakarta, 2008

Marano, Islam by Management and Leadership, Lintas Pustaka, 2007.

Muhaimin, Materi Kulia Manajemen Mutu Pendidikan Islam, Pascasarjana UIN Malang, Selasa 21 oktober 2008.

Mulyono, Manajemen Administrasi dan Organisasi Pendidikan, Jogjakarta, Ar-Ruzz Media, 2008.

Nasution, Metode Research: Penelitian Ilmia, Bumi Akasara, Jakarta, 2007.

Pusat Info Data Indonesia, Peraturan Displin Pegawai Negeri Sipil (PNS), Jakarta, PIDI, 2006.

Purwanto, M. Ngalim, Administrasi dan Supervisi Pendidikan, Remaja Rosdakarya, Bandung, 2006.

Piet, Sahertian, Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan Dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia, PT. Rineka Cipta, Jakarta, 2000.

Prawirosentoso, Suyadi, Filosofi Baru Tentang Manajemen Mutu Terpadu: Total Quality Management Abad 21: Studi Kasus dan

Analisi Kiat Mambangun Bisnis Kompetetif Bernuansa Market Leader, Bumi Akasara, Jakarta, 2002.

Rasharjo, Mudjla, Penelitian Manajemen Pendidikan Islam: Sebuah Pencarian Metodologik, Makalah Disampaikan pada Acara Kuliah

Tamu di Program Pascasarjana, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN), Tulungagung, Rabu, 21 Januari 2009.

Rakhmat, Jamaludin, Metode Penelitian Komunikasi: Dilengkapi Contoh Analisis Statistik, Rineka Cipta, Jakarta, 2000.

Reilly, P. Succes Is Simple, New York: Cornerstonel Library, 1997.

Sehartian, Piet dan Mataheru, Frans, Prinsip dan Teknik Supervisi Pendidikan Usaha Nasional, Surabaya, 1981.

Simanjuntak, B & Pasaribu, I.L. Dikdatik dan Metodik, Triansito, Bandung 1986.

Soetopo, Hendayat, Manajemen Pendidikan Bahan Kuliah Manajemen Pendidikan Bagi Mahasiswa S2, UIN Malang Program Pascasarjana:Malang, 2001.

Subari, Supervisi Pendidikan: Dalam Rangkah Perbaikan Situasi Mengajar, Bumi Akasara, Jakarta, 1994.

Suhendra, K. Manajemen Organisasi Dalam Realita Kehidupan, Mandar Maju, Bandung, 2008.

Tantowi, Jawahir, Unsur-Unsur Manajemen Menurut Ajaran Al-Quran, Al- Husna, Jakarta, 1983.

Tafsir, Ahmad, Metodologi Pengajaran Agama Islam, Remaja Rosdakarya, Bandung, 1995.

Taufiqurrahman, Tesis Dengan Judul Teknik Supervisi Kepalah Sekolah dan Hubungannya dengan Sikap Profesional Guru SMAN

Pamekasan, 1994.

Tim Akar Media, Kamus Lengkap Bahasa Indonesia Dilengkapi Pedoman Umum EYD, Akar Mendia, Surabaya, 2003.

Tin Redaksi Sinar Grafika, Undang-undang Kepegawaian, Jakarta: Sinar Grafika, 1999

Tony Bush & Mariane Colemen, Manajemen Strategi: Kepemimpinan Pendidikan, IRCISoD. Jogjakarta, 2008.

Usman, Moh. Uzer Basyirudin Menjadi Guru Profesional, Remaja Rodakarya, Bandung,1995.

Uno, Hamzah B. Profesi Kependidikan: Problem, Solusi Dan Reformasi Pendidikan di Indonesia, Bumi Aksara, Jakarta, 2008.

Usman, M. Basyiruddin, Metodologi Pembelajaran Agama Islam, Ciputat Press, Jakarta, 2002.

Yin, Robert K. Studi Kasus (Desain dan Metode), PT. Raja Grafindo, Jakarta, 2002.

Zuhairini et al, Methodik Kusus Pendidikan Agama, Biro Ilmiah Fakultas Trabiyah IAIN sunan Ampel Malang, 1981.

Zainab, Aqib, Pedoman Pemilian Guru Berprestasi Kepala Sekolah Berprestasi Pengawas Sekolah Berprestasi, Yrama Wijaya, Bandung, 2008.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/nz.v1i2.1763

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Annizom



  

 

View My Stats