EFEKTIFITAS SUPERVISI KLINIS KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSIPROFESIONAL GURU DI SMP IT IQRO KOTA BENGKULU

Yeni Mardiana

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi dari supervisi klinis
kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi profesional guru di SMP IT IQRO Kota Bengkulu. Sebelum melaksanakan
program supervisi klinis, kepala sekolah dengan melibatkan Tim supervisor menyusun program kegiatan supervisi klinis,
membuat jadwal kegiatan, mengadakan kunjungan kelas, menginventarisir temuan supervisi dan menyusun laporan
pelaksanaan supervisi klinis. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan evaluatif, yakni berupa
penelitian yang memiliki prosedur tersendiri, dimana penelitian jenis ini menuntut persyaratan yang harus dipenuhi
berupa kriteria, tolak ukur atau standar yang berguna sebagai pembanding bagi data atau informasi yang diperoleh untuk
mendiskripsikan data yang diperoleh. Teknik dalam mengumpulkan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi.
Untuk analisisnya, digunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data.Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan,
diperoleh hasil penelitian tentang Efektifitas Supervisi Klinis Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional
Guru Di SMP IT IQRO Kota Bengkulu berjalan dengan efektif dengan perhitungan sebesar 90,62%. Hal ini didasarkan
pada kriteria efektifitas supervisi klinis dalam meningkatkan kompetensi profesional guru yang telah ditentukan, dimana
tingkat kematangan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi dikatakan efektif jika presentase mencapai > 75% sampai 99%.


Full Text:

PDF

References


Aebdi, Nur, Pengawasan Pendidikan Tinjauan Teori dan Praktek, Depok: Raja Grafindo Persada, 2014

Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan dan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta, 2002

Banun Muslim, Sri, Supervisi pendidikan meningkatkan kualitas profesionalisme guru, Bandung: Alfabeta, 2010.

Daryanto dan Rachmawati, Tutik, Supervisi Pembelajaran, Yoyakarta: Gava Media, 2015

Faturrohman, Muhammad dan Ruhyanani, Hindama,Sukses Menjadi Pengawas sekolah Ideal, Yogyakarta: Ar-ruz Media, 2015

Hidayat, Syarif dan Asroi, Manajemen Pendidikan Subtansi dan Implementasi dalam Praktik Pendidikan di Indonesia, Tanggerang: Pustaka Mandiri, 2013

Jamil Suprihatiningrum, Guru Profesional Pedoman Kinerja, Kualifikasi, dan Kompetensi Guru, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2013

Janawi, Kompetensi Guru Citra Guru Profesional, Bandung: Alfabeta, 2012.

Juni Priansa,Doni dan Somad,Rismi,Manajemen Supervisi dan Kepemimpinan Kepala Sekolah, Bandung: Alfabeta, 2014

Kadim Masaong, Abd, Supervisi Pembelajaran dan pengembangan Kapasitas Guru memberdayakan pengawas sebagai gurunya guru, Bandung: Alfabeta, 2013.

Karwati, Euis dan Juni Priansa, DonniKinerja dan Profesionalisme Kepala Sekolah Membangun Sekolah Yang Bermutu, Bandung: Alfabeta, 2013

Kunandar, GuruProfesional Implementasi KTSP dan sukses dalam Sertifikasi Guru, Jakarta: Raja Grafindo, 2007

Lisdiyah MF, Efektifitas Kinerja Komite dan Madrasah dalam Peningkatan Mutu Pendidikan, Edukasi Vol (2) Jakarta 2009

M.A, Ulbert Silalahi, Studi Tentang Ilmu Administrasi, 2007

Makawimbang, Jerry H,Supervisi Klinis Teori dan Pengukurannya, Bandung: Alfabeta, 2013

Maunah, Binti, Supervisi Pendidikan Islam, Jakarta: Rineka Cipta, 2008.

Mukhtar dan Iskandar, Orientasi Baru Supervisi pendidikan, Jakarta: Gaung Persada Press, 2009

Mulyasa E,Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah, Jakarta: Bumi Aksara, 2012

Mulyasa E, Standar Kompetensidan SertifikasiGuru, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2008

Poewadaminta, WJS, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: PN Balai Pustaka, 2006

Purwanto, Ngalim, Aministrasi dan Supervisi Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/nz.v1i3.1792

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Annizom



  

 

View My Stats