HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA DAN PARTISIPASINYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MAN PAGARALAM

Disniarti Disniarti

Abstract


Hasil belajar siswa dalam penelitian ini menjadi masalah utama dikarenakan hasil belajar siswa yang kurang maksimal,
kebanyakan nilai siswa belum mencapai ketuntasan atau masih berkisar antara 65 sampai 70 artinya kurang dari nilai KKM
yaitu 75.Permasalahan dalam penelitian ini adalah: apakah terdapat hubungan antara tingkat pendidikan orang tua dan
partisipasinya terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran Aqidah Akhlak di MAN Pagaralam. Untuk mengetahui hubungan
antara tingkat pendidikan orang tua dengan hasil belajar siswa mata pelajaran Aqidah Akhlak di MAN Pagaralam. Untuk
mengetahui hubungan antara partisiasi orang tua terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran Aqidah Akhlak di MAN
Pagaralam. Untuk mengetahui hubungan antara tingkat pendidikan orang tua dan partisipasinya terhadap hasil belajar
siswa mata pelajaran Aqidah Akhlak di MAN Pagaralam. Korelasi dalam penelitian ini adalah dengan menghubungkan
antara tingkat pendidikan orang tua dan hasil belajar, partisipasi orang tua dan hasil belajar, dan mengkorelasikan antara
tingkat pendidikan orang tua dan partisipasinya dengan hasil belajar siswa. Instrumen yang dipakai dalam penelitian
ini adalah berupa angket. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan statistik yaitu dengan
mengelompokkan data berdasarkan jenis variabel, mentabulasi data, melakukan perhitungan.Tesis ini jenis penelitian
dengan pendekatan kuantitatif dan berjenis korelasi (hubungan), menguji hiotesis penelitian, korelasi antar variabel, regresi
ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan antara tingkat pendidikan orang tua (X1) terhadap hasil belajar
siswa (Y) adalah mempunyai hubungan cukup, dengan korelasi sebesar 0,594.Sedangkan hubungan partisipasi orang tua
(X¬2) terhadap hasil belajar (Y) adalah korelasi cukup, dengan korelasi 0,501 dan hubungan antara tingkat pendidikan dan
partisipasi orang tua terhadap hasil belajar siswa adalah mempunyai hubungan yang kuat dengan korelasi 0,653.


Full Text:

PDF

References


Abu Ahmadi A.Roani HM , Pengeloaan Pengajaran, Jakarta: Rineka Cipta 2009.

Aly, Hery Noer, Ilmu Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Logos, 1999.

Arikunto Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Ketiga belas, Jakarta: Penerbit Rineka Cipta, 2006.

Arikunto Suharsim, Metode penelitian Manajemen, Bandung: Alfabeta, 2013.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 2008.

Zakiyah Drajat, dkk, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 1992.

Gunarsa,Singgih D Psikologi Untuk keuarga, BPK Jakarta: Gunung Mulia,2007.

Hasbullah, Dasar-dasa r Ilmu Pendidikan, Jakarta:PT Raja grafindo Persada 2003.

Hamalik Oemar, Metode Belajar dan Kesulitan-Kesulitan Belajar, (Bandung: Tarsito 2008).

Imron Ali, Kebijaksanaan Pendidikan di Indonesia (Proses Produk dan masa Depannya). Jakarta: Bumi Aksara, 2006.

Disniarti | Hubungan antara Tingkat Pendidikan Orang Tua dan Partisipasinya

Mulyono Abdurrahman, , Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar.Jakarta, PT. Renika Cipta, 2003.

Mudjiono dan Dimyati, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta 2009.

Nasution, Metode Research (Penelitian Ilmiah) Jakarta: Bumi Aksara, 2009.

Liem Hwie Nio,Orang Tua Bertanggung Jawab Membimbing Anak-Anaknya untuk Belajar di Rumah dalam Seri Psikologi Terapan I peranan Keluarga Memandu Anak, Penyunting Kartini

Kartono, Jakarta: Rajawali, 2003.

Rostiyah NK Dedaktik Metodik, Jakarta: Bina Aksara 2008.

Soejono Agoes, Bimbingan Kearah Belajar yang Sukses, Jakarta: Aksara Baru, 2008.

Sardiman Am, Motivasi dan Interaksi Belajar Mengajar, Jakarta: Rajawali, 2007.

Sobari Ahmad, trategi Belajar Mengajar dan Microteaching. Ciputat: Quantum Teaching 2007.

Sugiono, Metode Penelitian Manajemen, Bandung: Alfabeta, 2013.

Syah Muhibbin, Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, Bandung: PT.Remaja Rosdakarya, 2002.

Yusuf A.Muri, Pengantar Ilmu Pendidikan. Jakarta:Ghalia Indonesia, 2002.

Salim Hadiah, Terjemah Muhtarul Hadits, Bandung: Al-Ma’arif, 1993.

Yulis Rama,Imu Pendidikan Islam, Jakarta: Kalam Mulia, 2004.

Purwanto Ngalim, Psikologi Pendidikan, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya 1996.

Yusuf, Muri Pengantar Ilmu Pendidikan, Jakarta: Ghalia Indonesia, 1998.

Ndraha Taliziduhu, Pembangunan Masyarakat, Jakarta: Rineka Cipta, 2007




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/nz.v2i2.1810

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Annizom



  

 

View My Stats