EFEKTIVITAS PELAKSANAAN KEGIATAN KEAGAMAAN PADA SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI 21 KOTA BENGKULU

rara fransiska novearti

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi adanya pandangan bahwa kehadiran sekolah yang berkualitas dalam berbagai jenjang dan
jenis pendidikan sesungguhnya sangat diharapkan oleh berbagai pihak terutama umat Islam.Bahkan kini terasa sebagai
kebutuhan yang sangat mendesak karena sekolah dapat menanamkan relegiusitas yang baik.sebagai lembaga pendidikan
formal yang berlatar belakang sekolah umum. Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 21 Kota Bengkulu merupakan salah
satu lembaga pendidikan yang memfasilitasi peserta didiknya untuk mengembangkan kemampuan keagamaan yang rutinitas
dilakukan, melihat kondisi seperti ini maka penulis ingin meneliti masalah yaitu bagaimana efektivitas pelaksanaan kegiatan
keagamaan pada siswa di SMP Negeri 21 Kota Bengkulu.Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi secara mendalam
tentang efektivitas pelaksanaan kegiatan keagamaan pada siswa di SMP Negeri 21 Kota Bengkulu.Sedangkan responden
dalam penelitian ini adalah guru PAI yang berjumlah 3 orang dan siswa 5 orang, serta kepala sekolah.Jenis penelitian yang
digunakan adalah teknik analisis deskriptif evaluatif. Hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa bahwa pelaksanaan
kegiatan keagamaan pada siswa di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 21 Kota Bengkulu adalah efektif (88,89 %).
Hal ini berdasarkan kepada kriteria efektivitas pelaksanaan kegiatan keagamaan pada siswa yang telah ditentukan.Dimana
tingkat kematangan perencanaan dan pelaksanaan kegiatan keagamaan dikatakan efektif jika presentase mencapai >75 %
sampai dengan 99 %. Pelaksanaan kegiatan keagamaan ini merupakan kegiatan yang efektif sebab berdasarkan aspek tugas
dan fungsinya dapat terlaksana dengan baik dan dapat mencapai tujuan kegiatan yang diharapkan.


Full Text:

PDF

References


Aedi, Nur. 2014. Pengawasan Pendidikan: Tinjauan Teori dan Praktik. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Departemen Pendidikan Nasional.2002. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Depdiknas. 2003. Pelayanan Bimbingan Konseling. Jakarta: Puskur Balitbang.

Imam Suprayogo dan Tobroni.Metodologi Penelitian Sosial-Agama.

Kemendiknas. 2010. Petunjuk Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam. Jakarta:2010.

Mahmudi. 2010. Manajemen Kinerja Sektor Publik. Yogyakarta: Unit Penerbit dan Percetakan.

Muhaimin, et. Al. 2004.Paradigma Pendidikan Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Purwanto, Ngalim. 2002. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Poerdawarminta, WJS. 2011. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Jakarta:Rineka Cipta.

Rusman. 2014. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supardi. 2013. Sekolah Efektif: Konsep Dasar dan Praktiknya. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Suryosubroto, B. 2009. Proses Belajar Mengajar Di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

UU RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Bandung: Fokus Media.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/nz.v2i2.1812

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Annizom



  

 

View My Stats