HARMONISASI KEPALA KANTOR KEMENTERIAN AGAMA DAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MUTU MANAJEMEN MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI DI KOTA BENGKULU

Ahmat Marhaen

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan harmonisasi kepala kantor kementerian agama dan kepala madrasah dalam meningkatkan

mutu manajemen madrasah ibtidaiyah negeri di kota Bengkulu. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian
kualitatif. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa adanya hubungan yang harmonis dengan silaturrahmi pihak madrasah den-gan
kepala kantor kementerian Agama Kota Bengkulu, setiap ada kegiatan saling koordinasi. Dalam proses pengorganisasian kurikulum
dengan tahapan akademik pengorganisasian kurikulum dikembangkan dalam bentuk organisasi yaitu kurikulum mata ajar, kurikulum
bidang studi dan kurikulum muatan lokal. Tahapan pelaksanaan kurikulum tingkat madrasah dan kelas. Pada pelaksanaan kurikulum
tingkat madrasah dilakukan secara maksimal oleh Kepala Madrasah yang bekerja sama dengan stakeholder terkait membentuk
struktur kurikulum dan pengaturan beban mengajar. Pengawasan dengan cara terprogram yaitu dimulai dari tahapan perencanaan,
pengorganisasian sampai dengan tahapan pelaksanaan kurikulum. Pengawasan yang dilakukan yaitu melalui evaluasi formatif dan
sumatif. Dalam perencanaan dengan melakukan analisis kebutuhan pada jaba-tan untuk memperkirakan persediaan pegawai.
Pengorganisasian tenaga pendidik dan kependidikan agar mereka mengetahui tugas dan tanggung jawab yang dapat dilakukan,
membangun hubungan kerja yang baik antara guru dengan guru maupun guru dengan kepala madrasah. Pelaksanaan yaitu
perekrutan, pembinaan dan pengembangan personalia, promosi dan mutasi. Semua tahapan tersebut dilakukan kepala madrasah
bekerjasama dengan stakeholder madrasah sehingga terjalin hubungan yang harmonis dalam peningkatan mutu manajemen madrasah.


Full Text:

PDF

References


A Malik Fadjar,”Reorientasi Pendidikan Islam” dalam Mastuki dan Abd. Adhim, Sinergi Madra-sah dan Pondok Pesantren, (Departemen Agama RI:Direktorat Madrasah dan PAI pada sekolah umum,2004).

Departemen Agama RI, Pedoman Akreditasi Madrasah, Cet. II (Jakarta:Departemen Agama RI,2005).

E.Mulyasa. Manajemen Berbasis Sekolah, (Bandung: PT.Remaja Rosdakarya,2005).

Mahmud Arif, Sketsa Sejarah, Geliat, dan Dinamika Peran Madrasah dalam Merespon Tantangan Pendidikan Islam (Dilema Madrasah dalam Kancah Pendidikan dan Peran Kontributif Madrasah Berbasis Pesantren).Yogyakarta, Program Pascasar-jana UIN Sunan Kalijaga kerjasama Penerbit Idea Press, 2010).

Hasan Langgulung, Asas-Asas Pendidikan Islam, (Jakarta: Al-Husna Zikra, 2000).

Mujamil Qomar. Manajemen Pendidikan Islam (Jakarta: Erlangga, 2008).

Mulyasa. Menjadi Kepala Sekolah Professional (Bandung: PT. Remaja Rosda Karya, 2007).

Mohamad Nasroh. Peran Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam MeningkatkanKeberhasilan Kegiatan Pembelajaran (Fakultas Tarbiyah, STAIN, 2014).

Lexy J. Meleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung: Remeja Rosdakarya, 2005).

Maleong, Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 1995.

Nana Syaodih Sukmadinata, Metode Penelitian Pendidikan, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2005).

Ikhsan Jamaad Akbar. Pengaruh sertifikasi dan motivasi kerja terhadap kinerja guru MtsN 1 Kota Bengkulu. IAIN Bengkulu. Tahun 2015.

Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Pustaka Pelajar. 2011.

Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, (Jakarta: Rineka Cipta, 2002).

Sutrisno Hadi, Metodologi Research Jilid II, (Yogyakarta: Andi

Offset,1991).

Suharsimi Arikunto, Op.Cit., (Jakarta: Rineka Cipta, 2002).

Saroni, Muhamad. Manajemen Madrasah (Yogyakarta: Ar Russ, 2006).

Sunanto. Manajemen penjenjangan pendidikan diniyah formal pada pesantren di Kota Bengkulu. IAIN Bengkulu tahun 2015.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional,(dalam pdf), (Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4301), diundangkan di Jakarta pada tanggal 8 Juli 2003.

Pip Sumardi. Upaya-upaya Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kedisiplinan Mengajar Guru rumpun PAI di MTs Negeri Kertapati Kecamatan Pagar Jati Kabupaten Bengkulu Tengah. IAIN Bengkulu. Tahun 2015




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/nz.v3i1.1857

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Annizom



  

 

View My Stats