EFEKTIVITAS SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DALAM PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU PAI DI SMP NEGERI 13 SELUMA

Zozna Khairi

Abstract


Supervisi merupakan layanan kepada sekolah-sekolah yang bertujuan menghasilkan perbaikan instruksional, belajar dan kuri-kulum.
Kegiatan ini mempunyai konsekuensi logis bahwa seorang sekolah harus siap disupervisi setiap saat, karena tujuan supervisi telah
jelas. Jika sekolah dan kepala sekolah telah memahami fungsi dan peran supervisi, maka masalah pendidikan mudah
dipecahkan.Penelitian bertujuan untuk mengetahuiefektivitas supervisi kepala sekolah dalam meningkatkan profesion-alisme guru
Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 13 Seluma. Metode penelitian ini adalah metode kualitatif, dan yang menjadi responden
penelitian ini adalah kepala sekolah, guru pendidikan agama Islam dan siswa. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data
adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Temuan penelitian dalam tesis ini adalah: 1) Kemampuan kepala sekolah dalam
melakukan supervisi kepada guru PAI di SMP Negeri 13 Kabupaten Seluma, yaitu: kepala sekolah meny-usun program supervisi
diawali dengan menyusun tim supervisi; melakukan kerjasama dengan guru untuk saling mengisi dalam rangka memperbaiki
kompetensi sebagai seorang guru; menerapkan pendekatan langsung dan pendekatan tidak langsung; dan menerapkan beberapa
teknik diantaranya adalah rapat antara kepala sekolah dengan guru. 2) Supervisi kepala sekolah mem-peroleh nilai skor rata-rata
3,83dan profesionalisme guru pendidikan agama Islam yaitu nilai skor rata-rata 3,31.Maka, kegiatan supervisi kepala sekolahdan
profesionalisme guru pendidikan agama Islamdi SMP Negeri 13 Selumamendapatkan kategori Cukup. Dengan demikian, supervisi
yang dilakukan kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 13 Seluma adalah
cukup efektif.


Full Text:

PDF

References


Aqib, Zainal. Membangun Profesionalisme Guru dan Pengawas Sekolah, Bandung: Yrama Widya. 2007.

Arifin, M. Kapita Selekta Pendidikan. Jakarta: Budi Aksara. 1993.

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta. 2006.

----------------------. Dasar-dasar supervisi, Jakarta: Rineka cipta, 2004.

Danim, Sudarwan dan Khairil. Profesi Kependidikan, Bandung: Alfabeta. 2011.

Daryanto. 2005. Administrasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Departemen Pendidikan Nasional. Petunjuk Pengelolaan Adminstrasi Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas. 1997.

Departemen Agama RI. Al-Qur’an dan terjemahnya. Jakarta: Andiva. 2009.

-------------. Pedoman pengembangan Admninstrasi dan supervise pendidikan. Jakarta: Dirjen kelembagaan Agama Islam. 2004.

Fattah, Nanang. Landasan Manajemen Pendidikan. Bandung: PT. Rosdakarya. 2003.

Hamalik, Oemar. Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung:

PT. Rosdakarya 2007.

------------------. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara. 2008.

Komaruddin dan Yooke Tjuparmah. Kamus Istilah Karya Tulis Ilmiah. Jakarta: Bumi Aksara. 2000.

Mulyasa, E. Manajemen berbasis sekolah, strategi dan implementasi Bandung: Rosdakarya. 2003.

Mujib, Abdul dan Jusuf Mudzakkir. 2006. Ilmu Pendidikan Islam.

Jakarta: Kencana.

Nawawi, Hadari. Administrasi pendidikan. Jakarta: CV. Haji Masagung. 1998.

Nurdin, Muhammad. Kiat menjadi Guru Profesional. Cet.1. Yogyakarta: PresmaSophie. 2004.

Poerwadarminta, WJS. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta:

Balai Pustaka. 1979.

Prasojo, Lantip Diat dan Sudiyono. Supervisi Pendidikan. Yogyakarta: Gava Media. 2011.

Purwanto, M. Ngalim. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya. 1998.

Sagala, Syaiful. Supervisi Pembelajaran dalam profesi pendidikan, Bandung: Alfabeta. 2010.

Sahertian, Piet A. Dimensi Administrasi Pendidikan. Surabaya: Nasional. 1998.

Samana, A. Profesionalisme Keguruan. Yogyakarta: Kanisius. 1994.

Sudjana, Nana. Dasar-Dasar Proses Belajar-Mengajar. Bandung : Sinar Baru. 1989.

Sugiyono. Metode Penelitian Kunatitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. 2008.

Sukmadinata, Nana Syaodih. Metode Penelitian Pendidikan.

Bandung: PT Rosdakarya. 2010.

Suryana, Asep dan Suryadi. Pengelolaan Pendidikan. Jakarta: Departemen Agama RI.

Suryosubroto. Manajemen Pendidikan di Sekolah. Jakarta: Rineka

Cipta. 2004.

Sutarsih, Cicih. Etika Profesi. Jakarta: Dirjen Pendidikan Islam

Kemenag RI. 2009.

Trianto. Pengantar penelitian pendidikan bagi pengembangan profesi pendidikan dan tenaga kependidikan. Jakarta: Kencana. 2010.

Usman, Moh Uzer. Menjadi Guru Profesional, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2000.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/nz.v3i1.1858

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Annizom



  

 

View My Stats