EFEKTIVITAS METODE TALAQQI DALAM PEMBELAJARAN TAHFIZHU AL-QUR’ANDI MADRASAH IBTIDAIYAH PONDOK PESANTREN AL-QUR’ANIYAH BENGKULU SELATAN

Wiradinata Wiradinata

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Perencanaan metode Talaqqi dalam pembelajaranTahfizhu Al-Qur’andi Madrasah Ibtidaiyah Pondok Pesantren Al-Qur’aniyah Bengkulu Selatan. 2) Pelaksanaan metode Talaqqidalam pembelajaran Tahfizhu Al-Qur’andi Madrasah Ibtidaiyah Pondok Pesantren Al-Qur’aniyah Bengkulu Selatan. 3) Hasil metode Talaqqidalam pem-belajaran Tahfizhu Al-Qur’andi Madrasah Ibtidaiyah Pondok Pesantren Al-Qur’aniyah Bengkulu Selatan.Penelitian ini meru-pakan penelitian lapangan (fiel research) dengan pendekatan kualitatif, yakni suatu proses yang menghasilkan data deskriptif baik berupa tulisan atau ungkapan yang diperoleh langsung dari lapangan atau wilayah penelitian.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran Tahfizhu Al-Qur’andi Madrasah Ibtidaiyah Pondok Pesantren Al-qur’aniyah Bengkulu Selatan telah efektif (90%). Hal ini berdasarkan kepada kriteria efektivitas metode talaqqi dalam pembelajaran Tah-fizhu Al-Qur’andinyatakan efektif apabila persentase mencapai 75% sampai dengan 99%. Pelaksanaan metode talaqqi dalam pembelajaran Tahfizhu Al-Qur’anmerupakan kegiatan yang efektif berdasarkan kepada aspek tugas dan fungsi dapat terlaksana dengan baik serta mampu mencapai tujuan pembelajaran sesuai yang diharapkan. Hasil pembelajaran telah efektif karena siswa mampu menghafal ayat-ayat dengan benar, makhorijuAl-hurufnya tepat dan tajwidnya benar.

Full Text:

PDF

References


Al-Qur‟an terjemah.Depag RI: Jakarta

Ahmad Zainal Abidin. 2016. Metode Cepat Mengh-afal Juz „Amma. Yogyakarta:Mahabbah.

Amin, Alfauzan. 2015. Metode Pembelajaran Agama Islam. Bengkulu: IAIN Bengkulu Press.

ArifRahmah. 2010.Pendidikan Komparatif. Yogyakar-ta. Laksbang Grafika.

Arikunto, Suharsimi. 2002 Prosedur Penelitian Suatu Pendektan dan Praktek. Jakarta, Rineka Cipta.

At Tahtawi, Mustafa Qasim. 2006. Petunjuk Praktis Meng-hafal Al-Qur‟an. Jakarta: Pustaka Daarun Nida‟.

Ayauman Ar-Ramli, Muhammad. 2007. Air Mata Pembaca Al-Qur‟an, (Solo: PT Aqwam Media Pro-fetika.

Daniel Muijs & David Reynolds. 2008. Efektive Teaching Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Departeman Pendidikan Nasional. 2012. Kamus Be-sar Bahasa Indonesia, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

E. Mulyasa. 2002. Menejemen Berbasis Sekolah,

(Bandung, PT. Remaja Rosda Karya.

Khalid bin Abdul Karim Al Lahim. 2010. Beginilah cara mengamalkan Al-Qur‟an. Jakarta: Pustaka At Tazkia

Lilis dan Andi. 2005. Kebenaran Al-Qur‟an dan Hadis, Solo: PT Tiga Serangkai,

Mahmudi. 2010. Manajemen Kinerja Sektor Publik.

(Yogyakarta: Unit Penerbit dan Percetakan.

Mardiyo, 1999. Pengajaran AL-Qur‟an dalam Habib Thoha, dkk (eds), Metodelogi Pengajaran Agama. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Purwanto, Ngalim. 2002 Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran,. Bandung, Remaja Rosda-karya.

Nur Aedi. 2014. Pengawasan Pendidikan: Tinjauan

Teori dan Praktik, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Nurul Habiburrahmanudin dkk, 2012. Jarimatika Al-Qur‟an Bait Qur‟any Menghafal Semudah, (Tang-gerang: Yayasan Bait Qur‟any At-Tafkir

Hamalik, Oemar. 2001. Kurikulum dan Pembelajaran.

Jakarta : Bumi Aksara.

Riduwan. 2008. Belajar Mudah Penelitian. Bandung:

Alfabeta,

Sa‟dulloh. 2008. Cara Praktis Menghafal Al-Qur‟an. Jakarta : Gema Insani

Abu Sayyid, Salafuddin. 2013. Balita pun Hafal Al-Qur‟an. Solo. Tinta Media.

Sugiyono, 2012. Memahami Penelitian Kualitatif.

Bandung. Alfabeta.

Sugiyono,2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kuali-tatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supardi. 2013 sekolah Efektif, Konsep dasar dan Praktiknya, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Wirawan. 2011 Evaluasi:Teori, Model, Standar, Aplikasi, dan Proses . Jakarta: Raja Grafindo Persada,




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/nz.v4i1.1880

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Annizom



  

 

View My Stats