EFEKTIVITAS SUPERVISI AKADEMIK PENGAWAS PAI DALAM MEMBINA GURU AGAMA SMP DAN SMA DI KECAMATAN IPUH KABUPATEN MUKOMUKO

Nasrul Hendri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas supervisi akademik pengawas PAI dalam membina guru agama Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) se-Kecamatan Ipuh Kabupaten Mukomuko, meliputi supervisi akademik pada aspek (1) perencanaan, (2) pelaksanaan,(3) tindak lanjut, (4) faktor pendukang dan penghambat. Penelitian ini merupakan penelitian evaluatif (evaluatif research).Responden dalam penelitian ini berjumlah 9 orang, terdiri dari 2 orang pengawas dan 7 orang guru agama Islam. Terdiri dari1 orang pengawas PAI tingkat SMP, 1 orang pengawas PAI tingkat SMA, 5 orang guru agama SMP, dan 2 orang guru agama SMA. Data dikumpulkan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil analsis data keseluruhan menunjukan bahwa tingkat efektivitas superpivisi akademik pengawas PAI dalam membina guru agama SMP dan SMA se Kecamatan Ipuh berada pada kategori kurang efektif karena diperoleh skor 67,46%. Dengan rincian (1) pada aspek perencanaan supervisi akademik berada pada ketegori kurang efektif dengan skor 68,67%, karena skor tingkat SMP 63,22% dengan kriteria kurang efektif, untuk SMA 74,11% dengan kriteria efektif, (2) aspek pelaksanaan supervisi akademik berada pada ketegori kurang efektif karena diperoleh skor 63,04%, karena skor pada tingkat SMP 52,86% dengan kriteria kurang efektif, untuk SMA 73,21% dengan kriteria efektif, (3) aspek tindak lanjut pelaksanaan supervisi akademik juga berada pada kategori kurang efektif karena diperoleh skor 67,46%, karena skor pada tingkat SMP 69,67% dengan kriteria kurang efektif, untuk SMA 71,67% dengan kriteria efektif. Faktor pendukung supervisi akademik pengawas PAI dalam membina guru agama SMP dan SMA di Kecamatan Ipuh adalah sekolah dan guru selalu terbuka menerima kedatangan pengawas. Sedangkan faktor penghambat supervisi akademik disebabkan pengawas tidak menguasai teknik-teknik supervisi akademik, jarang mendapatkan pelatihan kepengawasan, dan jarak tempuh yang jauh antar sekolah.

Full Text:

PDF

References


Aedi, Nur. Pengawasan Pendidikan, Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 2014

Agung, Iskandar. Menghasilkan Guru Kompeten & Profesional, Jakarta: Bee Media Indonesia, 2012

Alfonso dan Neville R,F. Instruksional Supervision: A. Bahaveor System, Boston: Allyn and Bacom, Inc, 1981 Ansor, Syaiful. Evaluasi Kinerja Pengawas Sekolah, Studi Evaluasi di Kecamatan Purwodadi Kabupaten Musi Rawas, (Bengkulu: Tesis Prodi Magister Administrasi/Manajemen Pendidikan PPs FKIP UNIB, 2010)

Arikunto, Suharsimi. Dasar-dasar Supervisi, Jakarta: Rinika Cipta, 2004

_____, Organisasi dan Administrasi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Jakarta: Rajawali Pusat, 1990

_____, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan dan Praktek, (Jakarta, Rineka Cipta: 2002

Depag RI. Petujunuk Teknis Pelaksanaan Jabatan Fungsional Pengawas Pendidikan Agama Islam dan Angka Kreditnya. p. 6-7

_____, Al-Quran dan Terjemahannya, Jakarta: CV Darus Sunnah, 2002

_____, Profesionalisme Pelaksanaan Pengawas Pendidikan (Upaya Meningkatkan Kinerja Pengawas), Jakarta: 2005

_____, Model-model Pelatihan Bagi Pengawas Sekolah.2014

Diat, Lantip & Sudiyono, Supervisi Pendidikan, Yogyakarta: Gava Media, 2011

Eminansi, Yulius. Studi Evaluatif Kinerja Pengawas Sekolah Menengah Kejuruan di Dinas Pendidikan Kabupaten Rejang Lebong. (Bengkulu: Tesis Prodi Magister Administrasi/ Manajemen Pendidikan PPs FKIP UNIB, 2011

Fathurrohman, Pupuh. dkk. Supervisi Pendidikan Dalam Pengembangan Proses Pengajaran (Bandung: PT Refika Aditama. 2011), p. 18 http://edukasi.kompasiana.com/tiyowidodo/ istilah-istilah-dalam-penelitian-ilmiah. diakses 10 Maret 2016.

Imron, Ali. Pembinaan Guru di Indonesia, Jakarta: Pustaka Jaya. 1995

Keputusan MENPAN Nomor 118 tahun 1996 tentang Jabatan Fungsional Pengawas Sekolah dan Angka Kreditnya, Pasal 1

Lubab, Nafiul, Lubab, Kinerja Pengawas PAI SMA di Kota Semarang Tahun 2012, Semarang: Tesis Program Pascasarjana IAIN Walisongo, 2013)

Ma’mur Asmani, Jamal.Tips Efektif Supervisi Pendidikan Sekolah, Yogyakarta, DIVA Pres, 2012

Mendiknas RI, Permendiknas No. 12 tahun 2007 Tentang Standar Pengawas Sekolah/Madrasah, Jakarta: Depdiknas, 2007) h.5

Mukhtar dan Iskandar, Orientasi Baru Supervisi Pendidikan, Jakarta: Referensi, 2013

Nasution, Metodologi Research Penelitian Ilmiah, Jakarta: Bumi Aksara, 2003

Novicinta, Haria. Kualitas Pelayanan Supervisi Akademik Pengawas Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) se-Kota Bengkulu, (Bengkulu: Tesis Prodi Magister Administrasi/ Manajemen Pendidikan PPs FKIP UNIB, 2010

Peraturan MENDIKBUD Nomor 143 Tahun 2014, tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Jabatan Fungsional Pengawas Sekolah Dan Angka Kreditnya

PeraturanMenteri Agama RI No. 2 tahun 2012 tentang Pengawas Madrasah dan Pengawas PAI pada Sekolah, pasal 12

Purwanto, M. Ngalim. Administrasi dan Supervisi Pendidikan, Bandung: PT. Rosdakarya, 2002

Rivai, Mohd.,Administrasi dan Supervisi Pendidikan, Jakarta: Mutiara,1982

Sagala, Syaiful. Supervisi Pembelajaran dalam Profesi Pendidikan, Bandung: CV. Alfabeta, 2012

Sahertian, Piet A. Konsep-Konsep dan Teknik Supervisi Pendidikan Dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia. (Jakarta: Rineka Cipta. 2000) h. 19

_____, Prinsip dan Teknik Supervisi, (Surabaya: Usaha Offset Printing, 1981

Salim, Agus. Administrasi dan Supervisi Pendidikan, Bandung: CV Pustaka Setia. 2009

Salinan Peraturan Pemerintah Nomor 74 tahun 2008 tentang Guru

Sukardi, Metodologi Penelitian Pendidikan, Kompetensi dan Praktiknya, Jakarta: Bumi Aksara, 2011

Sukmadinata, Nana Syaodih. Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2012

Surahman, Winarno. Dasar dan Teknik Research Pengantar Metodologi Ilmiah, Bandung: Tarsito, 1989

Syah, Muhibbin. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2004

Wijaya, Cece. Kemampuan Dasar Guru dalam Proses Belajar Mengajar, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, Cet. III,1994




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/nz.v2i1.2446

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Annizom



  

 

View My Stats