STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBINA AKHLAK SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 9 KAUR

Francis Carius Franoldo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam membina akhlak siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 9 Kaur Tahun 2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan beberapa strategi guru pendidikan agama Islam dalam pembinaan akhlak siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 9 Kaur. Diantaranya dengan: a) menjalin kerjasama dengan aparat sekolah, b) menjalin kerja sama dengan orang tua murid, c) memilih dan menentukan model strategi pembelajaran yang inovatif, d) melalui pendekatan pembiasaan, e) melalui pendekatan emosional dan personal, f) melalui pendekatan ketauladanan, g) mengadakan kegiatan ekstrakurikuer keagamaan dan h) penyampaian hikmah. Selain peneliti menemukan beberapa strategi guru PAI dalam pembinaan akhlak siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 9 Kaur seperti yang telah dijelaskan diatas, peneliti juga menemukan berbagai kegiatan dalam rangka pembinaan akhlak siswa antara lain: 1) budaya senyum, sapa, salam, 2) membaca do’a dan asmaul husna di pagi hari, 3) pembinaan saat upacara bendera, 4) budaya sholat dzuhur dan sholat duha berjamaah, 5) budaya pundi amal (shodaqoh), 6) istiqosah. Selain itu peneliti juga menemukan faktor pendukung dan penghambat strategi guru pendidikan agama Islam dalam pembinaan akhlak siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 9 Kaur. Faktor pendukung itu antara lain: 1) faktor guru, 2) lingkungan keluarga, 3) komitmen bersama. Sedangkan faktor penghambatnya anatara lain: 1) Faktor internal (fasilitas kurang mendukung, masih kurangnya kesadaran), 2) Faktor Eksternal (faktor pendidik, faktor lingkungan, dan faktor orang tua).


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Hasil Observasi dan wawancara tanggal 26 November 2018.

Wawancara dengan Guru PAI Ibu Dika Sriyanti tanggal 26 November 2018

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D, (Bandung: Alfabeta,2011), hlm. 8

Wina Sanjaya, Strategi Pembelajaran Beroriantasi Standar Pendidikan, (Jakarta: Prenada Media, 2008), hlm. 135

Dasim Budimansyah dkk, PAKEM, (Bandung : PT Genesindo, 20090), hlm. 70-71.

Ahmad Tafsir, Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam, (Bandung: Remaja Rosda Karya, 2008), hlm. 136.

Syaiful Bahri Djamarah, Strategi Belajar Mengajar, (Jakarta: Rineka Cipta, 2010), hlm. 6.

Siti Rofiah, Membentuk Anak Sholeh, (Ciputat: Wadi Press, 2008), hlm. 5.

Abdul Mujib, Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta : Kencana, 2006). Hlm. 117.

Abudin Nata, dkk, Akhlak Tasawuf, (Jakarta: Rajawali Pres, 2011), 111-113.

Zuhairini, dkk, Metodik Khusus Pendidikan Agama, (Malang: Biro Ilmiah Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Ampel,1983), hlm. 34.

Mahfudz Shalahuddin, PengantarPsikologi Umum, (Surabaya: Sinar Wijaya, 1986), hlm. 61.

Siti Rofiah, Membentuk Anak Sholeh, (Ciputat: Wadi Press, 2008), hlm. 5.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/nz.v0i0.3020

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

       

Index By:

Indonesia One Search

 

View My Stats