PENGARUH KOMPETENSI KEPRIBADIAN DAN SOSIAL GURU PAI TERHADAP PENINGKATAN KARAKTER RELIGIUS SISWA SDN 96 BENGKULU SELATAN

GURI GURI

Abstract


Tujuan  penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh dari Kompetensi Kepribadian Guru (X1) terhadap Karakter Religius Siswa (Y), apakah terdapat pengaruh Kompetensi Sosial Guru (X2) terhadap  Karakter Religius Siswa (Y) dan  apakah terdapat pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru (X1)dan Kompetensi Sosial Guru (X2) secara bersama-sama terhadap Karakter Religius Siswa (Y). Metode penelitian ini adalah kuantitatif. Penelitian menyimpulkan bahwa : Hasil pengujian Nilai B sebesar 0,514 dan uji “t” pada hipotesis I sebesar 5.889 ini berarti t hitung > t tabel (5,889> 2,036) dan signifikansi (0.000 < 0.05) maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru (X1) terhadap Karakter Religius (Y), hipotesis II pengujian Nilai B sebesar 0,483 pengujian uji “t 3.032 > 2,036) dan signifikan si (0.001 < 0.05) maka terdapat pengaruh Kompetensi Sosial Guru (X2) terhadap Karakter Religius (Y),dan hipotesis III hasil uji R adjusted Square  sebesar 0.629 menunjukkan bahwa terdapat pengaruh secara bersama-sama Kompetensi Kepribadian Guru (X1) dan Kompetensi Sosial Guru (X2) PAI terhadap Karakter Religius Siswa(Y)  SD Negeri 96 Bengkulu dengan persentase 62 % sedangkan 32 % dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Abdullah Ridwan, Sani Dan Kadri, Muhammad, “Pendidikan Karakter; Mengembangkan Karakter Anak Yang Islami”, Cet. 1, (Jakarta: Bumi Aksara)

Agus Wibowo Dan Hamrin. 2012.Menjadi Guru Berkarakter : Strategi Membangun Kompetensi Dan Karakter Guru, (Yogyakarta:Pustaka Pelajar)

Ali Rohmad. 2009.Kapita Selekta Pendidikan, (Yogyakarta:Teras)

Aunillah Nurla Isna.2011.Panduan Menerapkan Pendidikan Karakter Di Sekolah (Jakarta:Laksana)

Bagus Herdananto.2009.Menjadi Guru Bermoral Profesional.(Yogyakarta: Kreasi Wacana)

Burhan Bungin. 2005.Metodelogi Penelitian Kuantitatif Komunikasi, Ekonomi Dan Kebijakan Publik Serta Ilmu-Ilmu Sosial Lainya,(Jakarta :Kencana)

Deni Damayanti, 2014.“Panduan Implementasi Pendidikana Karakter Di Sekolah), (Yogyakarta: Araska)

Departemen Agama RI. 2004. Al-Quran Dan Terjemahannnya.(Bandung: CV Al-Jumanatul Ali Art (J-Art))

Djamarah, Syaiful Bahri,2010.Guru & Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif Suatu Pendekatan Teoritis Psikologis. (Jakarta:Rineka Cipta)

Dokumen Tata Usaha Sekolah Dasar Negeri 96 Bengkulu Selatan

E. Mulyasa.2007.Standar Kompetensi Dan Sertifikasi Guru (Bandung:PT Remaja Rosdakarya)

Fatchul Muin.2011.Pendidkkan Karakter,Konstruksi Dan Praktik.(Jogjakarta:Ar-Ruzz Media)

Fathorrahman .Kompetensi Pedagogik, Profesional, Kepribadian Dan Kompetensi Sosial Dosen. Akademika; Vol. 15. No.1 Februari 2017

Fathurrohman Pupuh,Dkk.2013.Pengembangan Pendidikan Karakter.(Bandung: PT.Refika Aditama)

Furqon Hidayatulloh. 2010. Pendidikan Karakter :Membangun Peradaban Bangsa. (Surakarta: Yunna Pustaka).

Hamid Darmadi.2011.Metode Penelitian Pendidikan.(Bandung:Alfabeta)

Henky Latan Dan Selva Temalagi.2003.Analisis Multivariate Menggunakan Program IMB SPSS 16.0, (Bandung: Alfabeta)

Iskandar Agung. Kajian Pengaruh Kompetensi Kepribadian Dan Sosial Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Ilmiah VISI P2TK PAUDNI - Vol. 9, No.2, Desember 2014

Jejen Musfah, 2011. Peningkatan Kompetensi Guru, (Jakarta: Kencana)

Kang Anjum, Kompetensi Sosial Guru, Https://Ahmadmuhli.Wordpress.Com/ 2012/03/01/Kompetensi-Sosial-Guru/, Diakses Pada Tanggal 29 Desember 2017 Pukul 22.08

Kasmadi Dan Nia Siti Sunariah. 2014. Panduan Modern Penelitian Kuantitatif, (Bandung:Alfabeta)

M.Furqon Hidayatullah. 2010 Guru Sejati:Membangun Insan Berkarakter Kuat Dan Cerdas. (Surakarta:Yuma Pustaka)

Martinis ,Yamin Dan Maisah.2010.Standarisasi Kinerja Guru.(Jakarta:Gaung Persada Press)

Misbahuddin Dan Iqbal Hasan, 2013.Analisi Data Penelitian Dengan Statistik, (Jakarta : Bumi Aksara)

Kosim, Mohammad.“Urgensi Pendidikan Karakter”. Jurnal Pendidikan Karakter .Tahun IV, No. 2 ( Juni 2014)

Muhammad Yaumi, 2014. Pendidikan Karakter (Landasan, Pilar Dan Implementasi), (Jakarta: Pernandamedia Group)

Mulyasa, E. 2009. Standart Kompetensi Dan Sertifikasi Guru.( Bandung: PT Remaja Rosdakarya)

Netty Hartati Dkk, 2004. Islam Dan Psikologi, (Jakarta: Raja Grafindo Persada)

Ngalim Purwanto. 2014. Ilmu Pendidikan Teoritis Dan Praktis, (Bandung: Remaja Rosda Karya,).

Nurul Zuriah, 2011.“Pendidikan Moral & Budi Pekerti Dalam Prespektif Perubahan: Menggagas Platfom Pendidikan Budi Pekerti Sacara Kontekstual Dan Futuristik”, (Jakarta: Bumi Aksara)

Rifki Afandi, “Integrasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar”, Jurnal Pedagogia,Vol. 1, No.1, (Desember: 85-98, 2011)

Romi Priyastama, ,2017. Buku Sakti Kuasai SPSS,(Yogyakarta:StartUp)

Siliyanto.2005.Analisis Data Dalam Aplikasi Pemasaran.(Bogor:Ghalia Indonesia)

Siswanto, “Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Religius”, Jurnal Tadris, Volume 8, No.1 (Juni 2013)

Sjarkawi.2011.Pembentukan Kepribadian Anak, (Jakarta: Bumi Aksara)

Sugiyono. 2008.Metode Penelitian Pendidikan. (Bandung:Alfabeta)

Syaiful Sagala.2009.Kemampuan Profesional Guru Dan Tenaga Kependidikan, (Bandung: Alfabeta)

Thalha Alhamid Dan Budur Anufia. 2019. Instrumen Pengumpulan Data. (Sorong: Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN))

Thoifuri, 2007. Menjadi Guru Inisiator, (Semarang: Rasail Media Group)

Trianto.2011.Pengantar Penelitian Pendidikan Bagi Pengembangan Profesi Pendidikan &Tenaga Kependidikan, (Jakarta: Kencana)

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/nz.v0i0.3024

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

       

Index By:

Indonesia One Search

 

View My Stats