UPAYA KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENYUSUNAN NASKAH SOAL (Studi Kasus di MIN 02 Bengkulu Selatan)

ROZI ROZI

Abstract


Penelitian ini untuk diskripsikan upaya kepala sekolah meningkatkan kompetensi guru dalam penyusunan soal di MIN 02 Bengkulu Selatan. Metode penelitian ini menggunakan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa seluruh guru dilibatkan dalam penyusunan soal di Kelompok Kerja Guru (KKG), selain itu guru selalu di ikutkan dalam acara seminar, diklat maupun pelatihan terhadap peningkatan kompetensi dalam penyusunan soal.dan juga dalam rapat sekolah selalu diberikan sebuah arahan, pengetahuan untuk meningkatkan kompetensi guru, perbandingan kompetensi guru dalam pembuatan soal akidah akhlak sebelum dan sesudah program kepala sekolah yang telah dilakukan,dalam hal  perbandingan sesudah dan sebelum program sekolah ini bisa dilihat dari hasil wawancara dan observasi mengatakan bahwa perbandingan itu sangat meningkat terhadap guru baik secara terknis maupun kinerjaya dibuktikan dengan pemahaman guru sebelumnya hanya mengetahui kreteria penyusunan soal hanya tiga  kini guru sesudah mampu menguasai empat sampai  lima dari enam kreteria soal yang baik dan Revisi Taksonomi Bloom dan Pengembangan Butir Soal  membuat soal jenjang C1, kini bervariasikan soalnya menjadi C1 faktual, C1 faktual, C1 konseptual, C1 prosedural, dan C1 metakognitif. Semua ini di dapat dari program sekolah melalui rapat bulanan, mingguan maupun tahunan kemudian pengetahuan penyusunan soal juga di dapat di Kelompok Kerja Guru / KKG, Diklat maupun Seminar yang menyangkut tentang pengembangan kurikulum.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Depertemen Agama RI,Undang-undang dan peraturan pemerintah RI tentang Pendidikan , ( Jakarta : Dirjen pendidikan agama islam, 2006)

Muhammad muntahibun nafis ,ilmu pendidikan islam,(Yogyakarta : Abd.Aziz, 2011)

https://www.google.com/search?ei=iGA6XYmAD4H6vAT04o6ABg&q=TEORI+sudarwananim+tentang+pendidikan&oq=TEORI+sudarwananim+tentang+pendidikan&gs_ diakses tanggal 15 april 2019

Muri Yusuf, Asesmen Dan Evaluasi Pendidikan, (Prenada Media, 2017),

Sunaryo herry , Buku panduan guru sistem pembinaan profesional guru SD tahun 1997( Surabaya : CV Dwi tunggal,1998)

Abdullah munir ,Menjadi kepala sekolah yang efektif,( Jogjakarta : Ar-ruzz media , 2008)

M. Iqbal Hasan, Pokok- pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya, (Jakarta: Ghalia Indonesia, 2002),

Ahmad Tanzeh, Pengantar Metode Penelitian, (Yogyakarta : Teras, 2009),

Lexy Maleong, Metodologi Pnelitian Kualitatif, (Bandung: PT.Rosdakarya, 2005

Samana, ProfesionalismeKeguruan, (Yogyakarta :Kanisius, 1994)




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/nz.v0i0.3027

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

       

Index By:

Indonesia One Search

 

View My Stats