PENGARUH KEDISIPLINAN DAN KREATIVITAS GURU MENGAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADIST DI MIN 2 BENGKULU SELATAN

Helen Kasnita

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh dari Kedisiplinan Guru Mengajar (X1) terhadap Hasil Belajar Siswa (Y ), apakah terdapat pengaruh Kreativitas Mengajar Guru terhadap Hasil Belajar Siswa ( Y) dan apaka terdapat pengaruh Kedisiplinan gueu mengajar dan Kreativitas guru mengajar secara bersama-sama terhadap Hasil Belajar siswa (Y).Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan asosiatif kausal. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, teknik kuesioner (angket) dan dokumentasi. Sampel dalam penelitian ini adalah 40 siswa dengan menggunakan teknik Random Sampling. Dalam penelitian ini menggunakan analisis Regresi Linear Berganda. Penelitian ini menyimpulkan bahwa : Hasil Pengujian Nilai B sebesar 0.528 dan uji “t” pada Hipotesis I Sebesar 5.997 ini berarti t hitung > t tabel ( 5.997 > 2.026 ) dan signifikansi ( 0.000 < 0.05 ) maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Kedisiplinan Guru Mengajar (X1) terhadap Hasil Belajar Siswa ( Y ), Hipotesis II pengujian nilai B sebesar 0.384 pengujian uji “t” ( 0.384 > 2.026 ) dan signifikansi ( 0.005 < 0.05 ) maka terdapat pengaruh Kreativitas Guru Mengajar (X2) terhadap Hasil Belajar Siwa (Y),danhipotesis III hasil uji R adjusted Square sebesar 0.629 menunjukan bahwa terdapat pengaruh secara bersama-sam Kedisiplinan Guru Mengajar (X1) dan Kreativitas Mengajar Guru (X2) Terhadap Hasil Belajar Siswa (Y) pada pembelajaran Al-Qur‟an Hadist di MIN 2 Bengkulu Selatan dengan persentase 62% sedangkan 38 % dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian ini.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Al-Qur’an dan Terjemahannya. Semarang: Jasa Media Utama Arikunto,Suharsimi. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta:Bina Aksara. 2006.

Asmana, Jamal Ma‟mur. Tips Menjadi Guru Inspiratif,Kreatif dan Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.2010

Daradjat,Zakiah. Metodologi Pengajaran Agama Islam,Jakarta:Rineka Cipta.2009 Dalyono.Psikologi Pendidikan.Jakarta:Rineka Cipta.2000

Dimyati, dan Mudjiono.Belajar dan Pembelajaran.Jakarta : Rineka Cipta.2009 Guru.Pengertian Hasil Belajar, Indikator dan Faktor Penentu Hasil Belajar Hallen.A. Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Ciputat Press.2002 https://www.pnsdanguru.info/2017/09/pengertian-hasil-belajar-indikator-dan.html

pada tanggal 20 Januari 2019 pukul 19.16

Khalijah,Hasan.Dimensi-Dimensi Psikologi Pendidikan.Jakarta:Al-Ikhlas.1994

Algensindo.2004

Komaruddin.2000.Kamus Istilah Karya Tulis Ilmiah,Jakarta:Bumu Aksara Muhammad,Ali.Guru dalam proses belajar mengajar.Jakarta:Sinar Baru Najati,Muhammad Usman.Jiwa dan pandanngan Filosof Muslim,Bandung Pustaka Hidayah.2002

Nazir,Moh.Metode penelitian : Gahalia Indonesia.2003

Purwanto,Ngalim M.Psikologi Pendidikan.Bandung:Remaja Rasya Karya.1990

Sahertian,pict.A.Dimensi Adminstrasi Pendidikan.Surabaya: Usaha Nasional.1985




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/nz.v0i0.3030

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

       

Index By:

Indonesia One Search

 

View My Stats