PEMBELAJARAN TAHFIDZ AL-QUR`AN DI PONDOK PESANTREN TAHFIDZ NURUL QUR`AN PONDOK KELAPA KABUPATEN BENGKULU TENGAH

Riki Rikardo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran Tahfidz Qurʻan, serta etiket siswa dalam menghafal Qurʻan dan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi proses pembelajaran di Pondok Pesantren Tahfidz Nurul di Pondok Kelapa, Bengkulu Tengah Kabupaten Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan, dengan pendekatan kualitatif. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa di Pondok Pesantren Tahfidz Nurul Qurʻan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan siswa dalam belajar menghafal Alquran di Desa Panca Mukti. Ini terbukti dari hasil penelitian bahwa dalam penelitian ini menghasilkan empat temuan (1) metode yang digunakan dalam mempelajari Al-Quran tahfidz. (2) etiket siswa dalam menghafal Al Qur'an (3) faktor-faktor apa saja yang menjadi penghambat dalam proses pembelajaran. (4) Solusi dalam menghadapi hambatan yang terjadi dalam proses belajar tahfidz Qurʻan.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Abu Zakaria Imam, At-Tibiyan Adab Penghafal Al-Qur`an, Sukoharjo:Mhkota Ibnu Abbas,2018.

Agung A.A.Gede, Metodologi Penelitian Pendidikan, Singaraja : STKIP Singaraja, 1997.Kadar. 2013. Tafsir Tarbawi, Amzah, Jakarta.

Aziz Abdur Abdul Ra‟uf Al-Hafidz, Anda Pun Bisa Menjadi Hafidz Al-Qur’an, Jakarta:Markas Al-Qur‟an, 2009

Bungin Burhan, Metodologi Penelitian Kualitatif Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2007

Bahri Djamarah Syaiful dan Zain.Asman Strategi Belajar Mengajar , Jakarta: PT Rineka Citra, 2006

Junaidi Mahbub Al-Hafidz, Menghafal Al-Qur’an itu Mudah, Lamongan: CV Angkasa, 2006.

Idi Abdullah, Sosiologi Pendidikan Individu Masyarakat Dan Pendidikan, Jakarta: Rajawali Pres, 2011

Izzan Ahmad, Tafsir Pendidikan, Tanggerang:Penerbit Pustaka Aufa Media 2012.

Listiawati. Tafsir Ayat-Ayat Pendidikan, Depok: PT Kharisma Putra Kencana.2017.

Majid Abdul, Perencanaan Pembelajaran, Bandung; PT Remja Karya 2008.

Mulyadi, Islam Dan Kesehatan Mental, Jakarta: Kalam Mulia, 2017.

Munir Amin Samsul,Ilmu Akhalak Jakarta:PT Amazh, 2016.

Moleong,Lexi J. Metodhologi Penelitian Kualitatif

Slameto. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta, PT Rineka Cipta, 2015.

Sulaiman Tasirun, Jalan Jalan Menuju Penyucian Jiwa, Jakarta: Penerbit Erlangga 2014.

Sulistyorini, Manajemen Pendidikan Islam Konsep Strtegi Dan Aplikasi, Yogyakarta: Penerbit Teras, 2009.

Suprayogo Imam, Spirit Islam Menuju Perubahan Dan Kemajuan, Malang: UIN Maliki Pres, 2012.

Syaodih Sukmadinata Nana. Metode Penelotian Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2015

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D, Bandung : Alfabeta, 2016.Suwito, 2008, Sejarah Sosial Pendidikan Islam. Kencana, Jakarta.

Suwito, Sejarah Sosial Pendidikan Islam.Jakarta:Kencana 2008.

Taniredja Tukiran, Model-Model Pembelajaran Inovatif, Bandung: Alfabeta, 2012.

Qomariah Nurul dan Irsyad Mohammad, Metode Cepat agar anak mudah hafal Al-Qur`an, Kudus: CV. Menara Kudus, 2006.

Wahid Wiwi Alawiyah, Cara Cepat Bisa Menghafal Al-Qur’an, Yogjakarta: Diva Press, 2012.

Zawawie, P-M3 Al-Qur’an Pedoman Membaca, Mendengar .

Ya`la Kurnaidi Abu, Tajwid Lengkap Asy Syafi`i, Jakarta :Pustaka Asy Syfi`I 2013.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/nz.v0i0.3031

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Annizom



 

View My Stats