PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE MAKE A MATCH (MENCARI PASANGAN) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA ANAK (STUDI DI RHAUDHATUL ATHFAL SYAKIRAH)

NURLI AD YANI

Abstract


ABSTRAK

P            enelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana model cooperative learning tipe make a match (mencari pasangan) dalam meningkatkan kemampuan membaca anak (Studi di Rhaudhatul Athfal Syakirah). Mengetahui apakah model cooperative learning Tipe make a match (mencari pasangan) dapat meningkatkan kemampuan membaca anak (Studi di Rhaudhatul Athfal Syakirah). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindak Kelas (PTK) dilaksanakan dalam tiga siklus. Masing-masing siklus dilaksanakan empat tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini menunjukkan bahwa proses penerapan model cooperative learning tipe make a match diketahui nilai rata-rata skor pada pra siklus yaitu 66,5 dengan ketuntasan belajar klasikal 5%. Pada siklus I nilai rata-rata skor 73,9 dengan ketuntasan belajar klasikal 10%. Pada siklus II nilai rata-rata skor 83,65 dengan ketuntasan belajar klasikal 40%. Pada siklus III nilai rata-rata skor 94,7 dengan ketuntasan belajar klasikal 95%. Hasil perbandingan pra siklus, siklus I, siklus II dan siklus III mengalami peningkatan yang signifikan dan sudah mencapai target ketuntasan belajar yaitu 90%. Hasil penelitian model cooperative learning tipe make a match (mencari pasangan) menunjukkan bahwa model cooperative learning tipe make a match (mencari pasangan) dapat meningkatkan kemampuan membaca anak. Hal ini terbukti dari hasil observasi ketuntasan belajar klasikal anak mengalami peningkatan di setiap siklusnya.


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Andani, Fidhia. Penerapan Metode Pembelajaran Role Playing Dalam Memperkenalkan Entrepreneurship Anak di Di Kelompok B PAUD Al-Padilah Kota Bengkulu, Tesis. Bengkulu: Program Pasca Sarjana IAIN Bengkulu. 2018.

Aqib, Zainal. dkk. Penelitian Tindakan Kelas,(untuk guru, SD, SLB dan TK). Bandung: Yrama Widya. 2006.

Aqib, Zainal. Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru. Bandung: Cv. Yrama Widya. 2006.

Asma. Nur. Model Pembelajaran Kooperatif. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Baharuddin dan Esa Nur Wahyuni. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jojakarta: Ar-Ruzz Media. 2007.

Dalman. Keterampilan Membaca. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada. 2007.

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Direktorat Ketenagaan. 2006.

Harun, Rochajat. Metode Penelitian Kualitatif Untuk Pelatihan. Bandung: Mandar Maju. 2007.

Hasan, Maimunah. PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini). Jojakarta: DIVA Press. 2010.

Martono, Nanang. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. 2012.

Maufur. Fauzi, Hasan. Sejuta Jurus Mengajar Mengasyikkan. Semarang: Sindur Press. 2009.

Ngalimun. Strategi dan Model Pemelajararan. Yogyakarta: Teras. 2014.

Purwanto, Ngalim . Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar. 2009.

Sanjaya, Wina. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. 2011.

Slavin. Robert E. Cooperative Learning: Teori, Riset dan Praktik. Ter. Narulita Yusron. Bandung: Nusa Media. 2009.

Suprijono, Agus. Cooperative Learning: Teori & Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka. 2009.

Susanto, Ahmad. Pendidikan Anak Usia dini (Konsep dan Teori). Jakarta: Erlangga. 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/nz.v0i0.3032

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

       

Index By:

Indonesia One Search

 

View My Stats