PENDIDIKAN DAN PEMAHAMAN AGAMA ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SDN 27 BENGKULU SELATAN

Arini Julia

Abstract


Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh dari tingkat pendidikan orang tua terhadap hasil belajar siswa, apakah terdapat pengaruh pemahaman agama Islam orang tua terhadap  hasil belajar  siswa dan  apakah terdapat pengaruh tingkat pendidikan dan pemahaman agama Islam orang tua secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian adalah kuantitatif dengan pendekatan kuantitatif Asosiatif. Lokasi penelitian SDN 27 Bengkulu Selatan, jumlah sampel 35 siswa. Hasil uji sebesar 0,525 dan uji “t” pada hipotesis I sebesar 5.889 ini berarti t hitung > t tabel (5,889>2,036) dan signifikansi (0.000<0.05) maka disimpulkan bahwa terdapat pengaruh tingkat pendidikan orang tua terhadap hasil belajar, hipotesis II uji sebesar 0,438 dan uji “t 3.032 > 2,036) dan signifikan si (0.001 < 0.05) maka terdapat pengaruh pemahaman agama Islam orang tua terhadap hasil belajar siswa, dan hipotesis III hasil uji R adjusted Square  sebesar 0.647 menunjukkan bahwa terdapat pengaruh  tingkat pendidikan dan pemahaman agama Islam orang tua terhadap hasil belajar siswa SDN 27 Bengkulu Selatan dengan presentase 64% sedangkan 36 % dipengaruhi lain diluar penelitian ini.


Full Text:

PDF

References


Daftar pustaka

Ngalim Purwanto, Ilmu Pendidikan Teori dan Praktek, (Jakarta: Remaja Rosda Karya, 1996), hlm. 13. Anonim,

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003..., hlm. 3.

https://id.wikipedia.org/wiki/Pendidikan_di_Indonesia, diakses pada tanggal 19 Desember 2018 pukul 10.15 WIB.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional, hlm. 2.

Helmawati, Pendidikan Keluarga (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2014), h. 33.

Nur Umi Ruliyana, “Pemahaman Pendidikan Agama Islam Dan Pengaruhnya Dalam Ketaatan Menjalankan Ajaran Agama Islam Siswa DI SMP Negeri 5 Tangerang,” (Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, 2011), h. 8.

Oemar Hamalik, Proses Belajar Mengajar, (Jakarta: Bumi Aksara, 2007), hlm. 80.

Popi Sopianti dan Sohari Sahrani, Psikologi Belajar dalam Perspektif Islam, (Bogor: Ghalia Indonesia, 2011), hlm. 68.

Departemen Agama RI, Al-Qur’an Al-Karim dan Terjemahnya, (Semarang: PT. Karya Toha Putra, 1996), hlm. 62.

Slameto, Belajar dan Faktor yang mempengaruhinya (Jakarta: Rineka Cipta, 2010), hlm. 58.

Fatchul Muin.2011.Pendidkkan Karakter, Konstruksi dan Praktik.(Jogjakarta:Ar-Ruzz Media).h.349

Abdullah Ridwan, Sani dan Kadri, Muhammad, “Pendidikan Karakter”,h.26-34.

Iskandar Agung.Kajian Pengaruh Kompetensi Kepribadian Dan Sosial terhadap Kinerja Guru...h.86

Deni Damayanti, “Panduan Implementasi Pendidikana Karakter di Sekolah…h.28

Nurul Zuriah,“Pendidikan Moral & Budi Pekerti Dalam Prespektif Perubahan: Menggagas Platfom Pendidikan Budi Pekerti Sacara Kontekstual dan Futuristik”...h.181-182

Zubaedi.Desain Pendidikan Karakter: Konsespsi dan Aplikasi dalam Lembaga Pendidikan.2011)...h.163

Furqon Hidayatulloh.Pendidikan Karakter: Membangun Peradaban Bangsa…h.25-29




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/nz.v0i0.3033

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

       

Index By:

Indonesia One Search

 

View My Stats