MENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS X IPS 5 PADA MATA PELAJARAN SENI MUSIK TRADISIONAL DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN MODEL “PAKEM”

Ajalon Tarmizi

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil penerapan Penelitian Tindakan Kelas untuk meningkatkan kembali minat belajar siswa terhadap mata pelajaran seni musik tradisional pada kompetensi dasar mengembangkan gagasan kreatif membuat aransemen lagu dengan pembelajaran model PAKEM. Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Kota Bengkulu. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas X SMA N 1 Kota Bengkulu, yang kemudian penulis mengambil sampel penelitian salah satu kelas yaitu kelas X IPS 5 yang berjumlah 34 orang. Penelitian ini merupakan kegiatan pemecahan masalah yang terdiri dari empat komponen pokok yaitu: Perencanaan (Planning), Tindakan (Acting), Pengamatan (Observing), Refleksi (Reflecting). Hubungan keempat komponen tersebut menunjukan kegiatan berkelanjutan berulang (siklus). Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar siswa dalam proses proses pembelajaran dapat meningkat dengan menggunakan pembelajaran model PAKEM, dalam peningkatan aktifitas kelas secara keseluruhan, disiklus I = 28,20%, tetapi disiklus II terjadi peningkatan dari 33,33% menjadi 46,15%. Pada proses berikutnya, prosentase ketuntasan belajar meningkat, nilai rata-rata pretes sebelum siklus adalah 51,97 pada siklus 1 meningkat menjadi 73,23 dan  meningkat lagi menjadi rata-rata nilai 85,25 pada postes di siklus II.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Supardi Suhardjono, 2011. Strategi Menyusun Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta:

Penerbit Andi.

Supardi Suhardjono, 2011. Publikasi Ilmiah Non Penelitian, Dalam Pengembangan

Keprofesian Berkelanjutan Bagi Guru. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Dr. Sulipan, M. Pd, 2010. Teknik Mudah Menyusun Karya Tulis Ilmiah. Bandung:

Penerbit Eksismedia.

Moh.Ujer Usman, 1992. Menjadi Guru Profesional. Bandung : Remaja Rosda Karya.

Jamaludin, M. Ed, 2003. Pembelajaran Yang Efektif (Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Siswa). Jakarta: CV. Mekar Jaya.

MGMP IPA Jakarta Timur, 2010. Jurnal Pendidikan Edisi I Volume 3-R 2010. Jakarta:

MGMP IPA. UHAMKA 2009. Peningkatan Profesi Guru Melalui Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif,dan Menyenangkan (PAKEM). Jakarta: Rayon 37 UHAMKA.

Mendiknas, 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan ( KTSP ), Jakarta: Pusat Kurikulum Balitbang Depdiknasbui

Drs. Wasty Soemanto, M.Pd, 2006. Psikologi Pendidikan (Landasan Kerja Pemimpin Pendidikan). Jakarta: Rineka Cipta.

Ario Kartono, dkk 2007. Kreasi Seni Budaya Untuk SMA, Jakarta: Ganeca.

Abubakar Baraja 2008. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Studio Press

Dr. Abdul Hadis, M. Pd. 2008, Psikologi Dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Slameto 1988. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Bina Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/nz.v0i0.3034

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

       

Index By:

Indonesia One Search

 

View My Stats