IMPLEMENTASI KURIKULUM TEMATIK TERPADU PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK DI SD NEGERI 016 BENGKULU UTARA

Nefi Aprianti

Abstract


Diantara sekolah yang menjadi model implementasi kurikulum tematik terpadu adalah SD Negeri 016 Bengkulu Utara yang dijadikan sebagai pilot project implementasi kurikulum tematik terpadu yang implementasinya diberlakukan mulai tahun pelajaran 2013/2014 sampai pada tahun ajaran sekarang 2016/2017 masih deiberlakukannya implementasi kurikulum tematik terpadu. Perbedaan yang menonjol antara kurikulum-kurikulum sebelumnya dengan kurikulum tematik terpadu atau kurikulum 2013 yaitu terletak pada pendekatan yang digunakan yakni dalam kurikulm tematik terpadu pendekatan pembelajaran yang digunakan adalah pendekatan ilmiah atau sering disebut dengan pendekatan saintifik. Pendekatan saintifik yaitu kegiatan pembelajaran yang meliputi lima kegiatan atau sering disebut dengan kegiatan 5M yaitu kegiatan mengamati, menanya, mencoba, menalar atau mengasosiasi dan mampu mengkomunikasikan. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, penilaian dan faktor yang mempengaruhi implementasi kurikulum tematik terpadu pada mata pelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti di SDN 016 Bengkulu Utara.

Full Text:

PDF

References


Abdullah Idi, Pengembangan Kurikulum, Jakarta: Raja Wali Pers, 2016

Ali Mohammad, Ilmu dan Aplikasi pendidikan,Bg.1, Jakarta: Bhakti Utama, 2007

Anonimus. 2007. Permendiknas RI No. 20 Tahun 2007 tentang Standar Penilaian

Pendidikan. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional

Arikunto,Suharsimi,dkk, Model Pembelajaran Aktif dan Menyenangkan, Jakarta: Bumi Aksara,2013

Asrori Muhammad, Psikologi Pembelajaran, Bandung, Wacana Prima, 2009

Creswell John w, research design,T.Tp, Pustaka Belajar, 2007

Daryanto, Belajar dan Mengajar, Bandung: Yrama Widya, 2010

Hakim Lukman, Perencanaan Pembelajaran, Bandung: Waca Prima, 2009

Hamzah dan Nurdin Mohammad, Belajar dengan Pendekatan PAIKEM, Jakarta: Bumi Aksara, 2014

Ismail, SM. 2011. Strategi Pembelajaran Berbasis Paikem, Semarang: Rasail,

cet. Ke-16.

Johnson Louannce, Pengajaran Yang Kreatif Dan Menarik,T.Tp: penerbit PT Indeks,2005Jalaluddin, Psikologi Agama, Jakarta: Grafindo Persada, 2010

Joyce Bruce, Marsha Weil, Calhoun Emily. 2009. Models of Teaching, Model-model Pembelajaran Edisi kedelapan, Terjemahan. Ahmad Fawaid dan Mirza Ateilla, Jogjakarta: Pustaka Pelajar, 2010

Kurniasih Imas dan Sani Berlin, Model Pembelajaran Berkarakter, T.Tp, Penerbit Kata Pena, 2016Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Gerakan Penumbuhan Budi Pekerti, Jakarta:T.Pn,2016

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Dinamika Kurikulum, Perubahan Kompetensi Inti (KI ) dan Kompetensi Dasar (KD) Jakarta: T.Pn, 2016

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Panduan Teknis Pembelajaran dan Penilaian, Jakarta,T.Pn, 2016

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Panduan Gerakan Literasi Sekolah, Jakarta: T.Pn, 2016

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, kriteria ketuntasan minimal PAI, Jakarta :T.Tp, 2016

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2012. Pengembangan Kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Materi Umum dan Materi Pokok Kurikulum Tematik Terpadu, 2013, Jakarta: T,Tp, 2016

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Materi Umum dan Materi Pokok Kurikulum Tematik Terpadu, 2013, Jakarta: T,Tp, 2016

Kurniasih Imas dan Sani Berlin, Model Pembelajaran Berkarakter, T.Tp, Penerbit Kata Pena, 2016Ma’mur Jamal, Tips Menjadi GuruProfesional, Yogyakarta: Diva Press, 2010

Majid Abdul, Perencanaan Pembelajaran, Bandung: Rosda Karya, 2009

Mulyassa, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Bandung, Rosda karya, 2010

Muhaimin, Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Grafindo Persada, 2012

Mulyasa, Menjadi Kepala Sekolah Profesional, Bandung: Rosda Karya, 2009

Modul pelatihan dan pendampingan kurikulum 2013 tematik terpadu, Kemdikbud, Jakarta: Pustaka Belajar, 2013




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/nz.v3i2.3151

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Annizom



 

View My Stats