ETOS KERJA GURU PAI PASCA SERTIFIKASI DALAM PENGEMBANGAN KEMAMPUAN PROFESIONAL GURU PAI SMAN SE-KOTA BENGKULU
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan etos kerja guru PAI pasca tunjangan sertifikasi dan faktor pendukung serta penghambat guru melaksanakan tugas sebagai guru sertifikasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Lokasi penelitian adalah Sekolah Menegah Atas Negeri Se-Kota Bengkulu. Diantaranya: SMAN 1, SMAN 2, SMAN 3, SMAN 4, SMAN 6, SMAN 7 dan SMAN 8. Teknik pengumpulan data dengan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Informan primer adalah guru PAI tersertifikasi dan informan sekunder adalah kepala sekolah. Hasil Penelitian dalam tesis ini adalah etos kerja guru sudah baik, terlihat dari 3 unsur (1) disiplin kerja (2) sikap terhadap pekerjaan (3) kebiasaan- kebiasaan baik dalam bekerja. Sedangkan faktor pendukung (1) fasilitas yang memadai (2) guru yang komunikatif (3) kepala sekolah yang mendukung peningkatan SDM guru. Sedangkan faktor penghambat (1) pemahaman guru yang belum maksimal (2) tidak meratanya jumlah guru Agama Islam (3) karakter siswa yang beragam (4) pemahaman tentang IT yang masih rendah.
Full Text:
PDFReferences
Dharma, Surya., 2005. Manajemen Kinerja, cetakan Pertama, Yogyakarta,Pustaka Pelajar.
Ginting, Desmon.,2016. Etos Kerja Panduan Menjadi Karyawan Cerdas , Jakarta, PT. Alex Media Komputindo.
Hasanah, Nur. 2011. Salatiga. Sertiifkasi sebagai Upaya Peningkatan Profesionalisme. Guru Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri
(STAIN Salatiga).
Kunandar.2007. Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Persiapan Menghadapi Sertifikasi Guru, Jakarta: PT
Raja Grafindo Persada
Lestari,Sri. 2011. Yogyakarta. Pengaruh Sertifikasi Guru terhadap Kinerja Guru MTs N Mlinjo Filial Trucuk Klaten. Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tharbiyah,Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Yogyakarta.
Mangkunegara, A.A. Anwar Prabu. 2000. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT. Remaja Resdakarya.
Miles, Matthew B dan A. Michael Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif. Terjemahan Tjetjep Rohendi Rohidi. Jakarta : UI Press.
Moleong, Lexy J. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Mulyasa. 2008.Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Nugroho, Bambang. 2006. Reward dan Punishment. Bulletin cipta karya, departemen pekerjaan umum.
Poloma, Margareth. 2004. Sosiologi Kontemporer. PT.Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Rusdiana.A, Yeti Heryati.2015. Profesi Keguruan.Bandung:CV.Pustaka Setia. Soekanto,Soerjono.2001. Sosiologi ssuatu pengantar. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada.
Sondang P, Siagian. 2009. Kiat Meningkatkan Produktivitas Kerja. Jakarta: Rineka cipta.
Sudarma,Momon. 2013. Profesi Guru.Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada Suyanto, Asep Dihad. 2013. Calon Guru dan Guru Profesional Yogyakarta: Multi Presindo.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan.Bandung : Alfabeta. Suparno. 1997. Filsafat Konstruktivisme dalam Pendidikan Yogyakarta: Kanisius.
Tilaar. 2002. Membenahi Pendidikan Nasional, Jakarta: PT. Rineka Cipta, Undang – Undang Republik Indonesia No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Jakarta : Sinar Grafika.
Usman, M. Uzer. 2006. Menjadi Guru Profesional, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Wibowo ,2007, Manajemen Kinerja Devisi buku Perguruan Tinggi, Jakarta :PT Jasa Grafindo Persada.
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/nz.v3i2.3152
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Annizom
View My Stats