PENDEKATAN SISTEM DALAM PENGEMBANGAN KOMPONEN KURIKULUM MATA PELAJARAN PAI DI SMA 01 TAPA, KABUPATEN BONE BOLANGO

Aluiya Is Kiman, Zohra Yasin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaplikasian pendekatan sistem dalam pengembangan komponen kurikulum pada mata pelajaran Pendidikan agama islam di SMA N 01 Tapa, Kabupaten Bone Bolango. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif/non statistika atau deskriptif-kualitatif. subyek peneliatian yaitu tenaga pendidik/guru mata pelajaran pendidikan agama islam di SMA N 01 Tapa. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisa data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi.

Hasil penelitian yakni: (1).Menentukan komponen tujuan yaitu meningkatkan keimanan, pemahaman dana pengamalan siswa tentang ajaran islam yang telah diajarkan di sekolah. (2) Bahan ajar untuk mata pelajaran PAI yaitu terdiri dari al-Qur’an dan hadis, akhlaq, muammlah, sejarah kebudayaan islam, syariah, ibadah, dan keimanan.(3).Metode yang digunakan dalam pembelajaran PAI yaitu menggunakan metode diskusi, untuk merangsang pendalaman materi pada siswa denga tujuan agar supaya dalam proses belajar mengajar siswa lebih berperan aktiv dalam mengembangkan materi. (4).Menetapkan teknik evaluasi dengan melihat standar keberhasilan yang diperoleh para peserta didik. 

Full Text:

PDF

References


Deden Cahaya Kusuma, Analisis Komponen-Komponen Pengembangan Kurikulum 2013 Pada Bahan Uji Publik Kurikulum 2013 Jurnal Analisis Komponen-Komponen Pengembangan Kurikulum 2013

Firman Sidik, Konsep Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam, Journal Irfani Issn 1907-0969 E Issn 2442-8272, Volume 12 Nomor 1 Juni 2016 Miles dan Huberman, Metode penelitian kualitatif, Bandung: Tarsito, 1996

Nur Halimah Telaah Komponen Dan Pendekatan Pengembangan Kurikulum.

Nurul Fithri Almaududi Siregar1, Abd. Mukti2, Edi Sahputra, Penerapan Sistem Pendidikan Pada Pembelajaran Pai Di Sekolah Luar Biasa Abc Taman Pendidikan Islam Medan, At-Tazakki: Vol. 3 No. 1 Januari - Juni 2019

Oemar Hamalik, Pengembangan Kurikulum Dasar-Dasar Dan Pengembangannya, Bandung:Mandar Maju, 1990

Suharsimi Arikunto,Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktis, Jakarta: Rineka cipta, 1991.

Tb. Asep Subhi, Konsep Dasar, Komponen Dan Filosofi Kurikulum PAI Jurnal Qathrunâ Vol. 3 No. 1 (Januari-Juni 2016)

Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional, Yogyakarta: Pustaka Belajar

https://nurfitriyanielfima.wordpress.com/2013/10/09/pendekatan-sistem-dalam-pembelajaran-pai/




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/nz.v6i1.3922

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Annizom



 

View My Stats