PELAKSANAAN TUGAS POKOK PENGAWAS MANAJERIAL DAN AKADEMIK DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DI MAN 2. KOTA BENGKULU

MINARNI MINARNI

Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan: 1) Perencaan supervisi akademik dan manajerial; 2) Pelaksanaan supervisi akademik dan manajerial; 3) Pengaruh supervisi akademik dan manajerial terhadap peningkatan kinerja guru. Penelitian dilakukan pada MAN 2 KOTA Bengkulu. Metode penelitian menggunakan kualitatif studi kasus. Instrumen penelitian menggunakan wawancara. Responden penelitian pengawas, kepala madrasah dan guru. Teknik analisis data meliputi: pengumpulan data, reduksi data, display data, dan verfikasi data. Hasil penelitian: 1) Perencanaan supervisi akademik dan manajerial pengawas dimulai dengan pembuatan program tahunan dan program semester pengawasan. Membuat instrumen observasi administrasi proses pembelajaran, instrumen observasi rencana pelaksanaan pembelajaran serta instrumen pelaksanaan pembelajaran di kelas. 2) Pelaksanaan supervisi dilakukan melalui kunjungan kelas, penyampaian hasil supervisi, dan program tindak lanjut supervisi. 3) Supervisi akademik dan manajerial berpengaruh terhadap peningkatan kinerja guru dalam membuat rencana pelaksanaan pembelajaran. Optomimalisasi dan maksimalisasi proses pembelajaran guru. Keberhasilan supervisi manajerial dan akademik menciptakan iklim pembelajaran yang kondusif.


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Balitbang Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, 2011.

Dessler, Garry, Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta : PT. Prenhallindo, 1997.

Direktorat Tenaga Kependidikan, 2009, h.20. Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan dan. Jenderal Pendidikan Tinggi ... Rambu-RambuKKG-DAN-MGMP-Buku-1 diakses 12 Juli 2012, 11:59. WIB.

Fazis, Muhammad, “Konstribusi Motivasi Berprestasi terhadap Kinerja Pengawas Pendidikan Agama Islam”, Stutdia Akademika, (Vol. VII, No. 1, Juni/2009), h. 18.

Imran, Ali, Pembinaan Guru di Indonesia. Jakarta: Pustaka Jaya 1995.

Kusmianto, Panduan Penilaian Kinerja Guru oleh Pengawas, Jakarta:Litbang, 1997.

Pidarta, Made, Pemikiran Tentang Supervisi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 1992.

Pidarta, made Supervisi Pendidikan Kontekstual, Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2009.

Pidarta, made Supervisi Pendidikan Kontekstual, Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2009.

Ruswenda, Uus. “Berbagai Faktor Dalam Supervisi Akademik pengawas Madrasah Menengah Kejuruan (SMK) di Kabupaten Kuningan”, Tesis, (Jakarta: Program Pascasarjana UI, 2011), h. 6.

Saebani, Bani ahmad, Metode Penelitian, Bandung : CV. Pustaka Setia, 2008.

Sagala, Syaeful, Supervisi Pengajaran; dalam profesi pendidikan, Bandung: Alvabeta, 2010

Sahertian, Piet A. Konsep Dasar & Teknik Supervisi Pendidikan,

Sudiyono, Lantip Diat Prasojo Supervisi Pendidikan, Yogyakarta: Gava Media, 2011.

Sugiyono, Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung: CV. Alfabeta, 2008.

Sukmandinata, Nana Syaodih, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2010.

Supriadi, Mengangkat Citra dan Martabat Guru, Yogyakarta : Adicita Karya Nusa 1998.

Yani, Siti Mulyati dan Aan Komariah, Aaan, Manajemen Madrasah dalam buku Tim Dosen Administrasi Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia, Manajemen Pendidikan, Bandung: Alfabeta, 2008. Wawancara dengan kepala MIN Cibeurem tanggal 23 Oktober 2015

Wawancara dengan guru PPKn pada tanggal 22 Maret.2021

Wawancara dengan Kepala MAN.2 pada tanggal 5 April 2021




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/nz.v6i1.4350

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Annizom



 

View My Stats